Gunung Merapi Siaga, 5 Destinasi Wisata di Zona Rawan Tetap Buka

Masih ada destinasi wisata yang tetap membuka aktivitas wisata di zona rawan Gunung Merapi. Berikut destinasi wisata yang buka meski Gunung Merapi Siaga.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak 5 November 2020, status vulkanik Gunung Merapi telah ditingkatkan ke Siaga (Level III). Pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pun merekomendasikan agar para pelaku pariwisata tidak melakukan kegiatan di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi. Sejumlah destinasi wisata di sekitar Gunung Merapi telah ditutup oleh Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Meskipun demikian, masih ada saja pengelola destinasi wisata yang bandel dan tetap membuka aktivitas wisata di zona rawan Gunung Merapi. Berikut ini destinasi wisata yang tetap buka meskipun status Gunung Merapi Siaga.

1. The Lost World Castle

(travel.tribunnews.com)

Destinasi wisata di Jalan Kaliurang KM 22,5, Kabupaten Sleman ini masih tetap dibuka karena tidak terletak di wilayah KRB III Gunung Merapi. The Lost World Castle memang berada di zona rawan, namun tidak di zona merah yang wajib tutup. Terdapat tiga tingkatan zonasi, yakni KRB I, KRB II, dan KRB III. Kawasan terakhir menjadi yang paling berbahaya karena berjarak 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

2. Merapi Park

(travel.kompas.com)

Merapi Park berada tidak jauh dari The Lost World Castle, terletak di Jalan Kaliurang KM 22,5. Destinasi wisata ini berlokasi pada radius 12 kilometer dari puncak Gunung Merapi, sehingga tak berada di zona merah (KRB III). Taman wisata ini buka seperti biasa melayani para wisatawan. Sama sekali tidak ada pembatasan kegiatan meskipun Merapi Park dibuka terbatas.

3. Bukit Sanjaya

(travel.kompas.com)

Kawasan wisata Bukit Sanjaya di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali tetap dibuka karena tidak berada di wilayah KRB III Gunung Merapi. Hanya destinasi wisata yang berada di KRB III dengan jarak radius lima kilometer dari puncak Gunung Merapi yang wajib ditutup. Selain itu, biasanya ketika Gunung Merapi erupsi, luncuran awan panas dan lahar dingin mengalir ke arah Magelang di sisi berlawanan dengan Selo.

4. Jeep Lava Tour

(bob.kemenpar.go.id)

Jeep Lava Tour merupakan aktivitas berkeliling menikmati alam dan sisa-sisa erupsi Gunung Merapi di masa lalu dengan menggunakan mobil Jeep. Meskipun saat ini status Gunung Merapi Siaga, Jeep Lava Tour masih tetap beroperasi seperti biasa dengan revisi rute menjauhi KRB III dalam radius lima kilometer dari puncak. Pihak pengelola akan terus mengoperasikan Jeep Lava Tour sampai ada himbauan penutupan lebih lanjut.

5. New Selo, Boyolali

(hipwee.com)

New Selo, destinasi wisata di lereng Gunung Merapi yang berada di Boyolali tetap buka meskipun Gunung Merapi sedang dalam status Siaga. New Selo tidak terletak dalam wilayah KRB III, sehingga relatif lebih aman. Dari pola erupsi Gunung Merapi sebelumnya, Selo juga bukanlah rute luncuran awan panas maupun lahar dingin Gunung Merapi, namun Kabupaten Magelang.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU