Sidebar

Gunung Ararat Turki, Melacak Keberadaan Bahtera Kapal Nabi Nuh AS

Gunung Ararat merupakan puncak tertinggi yang berada di Negara Turki, ialah sebuah gunung berapi yang terletak 16 km di sebelah barat Iran.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Gunung Ararat merupakan puncak tertinggi yang berada di Negara Turki, ialah sebuah gunung berapi yang terletak 16 km di sebelah barat Iran dan 32 km selatan Armenia. Dalam cerita Israiliyat, Gunung Ararat menjadi tempat berlabuhnya bahtera kapal Nabi Nuh setelah berbulan-bulan terombang-ambing ditengah banjir bah terbesar sepanjang sejarah.

Gunung Ararat memiliki ketinggian 5165 mdpl, dan masuk dalam bagian Pegunungan Kaukasus yang membentang di daratan Turki. Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Ararat masih sering menunjukkan tanda-tanda aktivitas vulkanik berupa gempa hingga awan panas. Erupsi terakhir Gunung Ararat tercatat terjadi pada Juli 1957.

Kapal Nabi Nuh AS

(express.co.uk)

Dalam kepercayaan Agama Abrahamik, Nabi Nuh AS diutus oleh Allah SWT membangun sebuah bahtera kapal untuk menyelamatkan kaumnya yang beriman dan binatang-binatang dari bencana banjir bah. Kisah perjuangan Nabi Nuh ini tercatat dalam Kitab Kejadian dalam Alkitab Ibrani, Perjanjian di Alkitab Kristen, dan Al-Qur’an.

Dalam kepercayaan Islam, Nabi Nuh merupakan salah satu nabi ulul azmi yang diberikan tugas untuk mengingatkan kaumnya agar meninggalkan paganisme dan kembali menyembah Allah SWT. Sekitar 950 tahun lebih, Nabi Nuh diperintah berdakwah, namun yang terjadi hanya penolakan kasar dari kaumnya yang durhaka.

Allah SWT kemudian murka lalu mengirimkan azab berupa banjir bah yang akan membinasakan umat manusia yang kafir. Sebelumnya, Nabi Nuh telah diperintahkan untuk membuat sebuah bahtera raksasa untuk menampung umatnya yang beriman dan sepasang binatang dari setiap spesies di bumi agar tidak punah.

(dailymail.co.uk)

Sekitar lima sampai enam bulan bahtera Nabi Nuh terombang-ambing di tengah banjir bah. Selama itu, berlayar dari Kuffah, Irak hingga Mekkah, Saudi Arabia. Selama beberapa waktu, bahtera Nabi Nuh mengitari Kakbah sebelum akhirnya mendarat di Bukit Judi, Turki. Awalnya bahtera Nabi Nuh mendarat di Gunung Ararat, namun ketika air mulai menyurut menyebabkan bahtera terbawa air dan terdampar di Bukit Judi.

Jelajahi eksotisme Turki yang mengagumkan tanpa ribet bersama Phinemo Marketplace. Ratusan produk wisata dari tour operator kenamaan Indonesia tersedia di Phinemo Marketplace. Transaksi aman tanpa perantara dengan fitur Rekening Bersama. Pelajari selengkapnya di Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Konflik Turki-Yunani, Genosida Kristen oleh Kesultanan Utsmaniyah

Hagia Sophia Turki, Siapa yang Paling Berhak, Islam atau Kristen?

Hagia Sophia Turki, Keajaiban Dunia yang Akan Dikembalikan Jadi Masjid

7 Destinasi Wisata Alam Aneh dan Ajaib yang Ada di Dunia Nyata

Masjid Sultan Ahmed Turki, Saksi Keruntuhan Kekhalifahan Islam Terakhir

4 Kuliner Khas Ramadhan di Turki yang Wajib Dicoba

FALLBACK
The END