Sidebar

4 Kuliner Khas Ramadhan di Turki yang Wajib Dicoba

Berkunjung ke Turki saat Ramadhan seperti sekarang jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner halal khas Ramadhan negara ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Turki merupakan salah satu negara besar yang berdiri diantara Benua Asia dan Eropa. Wilayahnya membentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat dan Daerah Balkan Eropa Tenggara. Turki menganut sistem pemerintahan Republik yang sekuler, demokratis, dan bersatu. Kepala pemerintahan tertinggi dipegang oleh seorang Presiden.

Turki menjadi salah satu bagian besar perkembangan peradaban Islam di Dunia. Beberapa kota di Turki sempat menjadi ibukota dari Kerajaan Islam besar seperti Dinasti Umayah, Dinasti Abbasiyah, dan Dinasti Ayyubiyah. Tak heran jika Turki memiliki begitu banyak bangunan kuno bersejarah. Turki juga terkenal dengan aneka budayanya yang sangat unik. Letaknya yang berada diantara dua benua besar membuat Turki memiliki budaya yang seolah perpaduan antara budaya timur Asia dan budaya barat Eropa.

Berkunjung ke Turki saat Ramadhan seperti sekarang jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner halal khas Ramadhan negara ini. Berikut disajikan empat kuliner khas Ramadhan Turki.

1. Kofte

(Instagram/@kitchenpino2019)

Kofte merupakan makanan khas Turki yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang direbus kemudian dibentuk menjadi bulatan dan disajikan dengan saus rempah. Kofte biasanya dimakan bersama dengan roti lapis, salad, atau yoghurt tawar. Kofte juga sering dijajakan diluar Ramadhan, namun saat Ramadhan Kofte menjadi menu wajib untuk buka puasa.

2. Lahmacun

(Instagram/@_karanfil)

Tampilan lahmacun sekilas hampir menyerupai pizza, begitu pula warga setempat menjulukinya. Lahmacun terbuat dari adonan roti pipih yang diberi topping berupa potongan daging cincang, tomat, bawang bombay, dan petersely. Lahmacun memiliki cita rasa khas Turki yang sangat kuat karena menggunakan bumbu khas Turki seperti perasaan jeruk, yoghurt, dan sari buah bit. Lahmacun biasanya dikonsumsi sebagai kudapan setelah mengerjakan ibadah Tarawih.

3. Baklava

(Instagram/@canbulamtre)

Baklava merupakan kudapan manis yang sangat pas untuk berbuka. Kandungan gula akan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Baklava terbuat dari tumpukan pastry tipis bertumpuk yang diberikan isian kacang seperti walnut dan pistachio. Baklava semakin nikmat saat dimakan hangat dengan siraman sirup atau madu manis diatasnya.

4. Bayildi

(Instagram/@akiz_petetzikis)

Bayildi merupakan makanan khas Turki berupa terong yang dibakar dengan mentega dan disajikan bersama berbagai toping lezat. Bayildi umumnya dimakan sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa. Sekilas tampilan Bayildi mirip dengan pecel terong yang ada di Indonesia.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Konflik Turki-Yunani, Genosida Kristen oleh Kesultanan Utsmaniyah

Hagia Sophia Turki, Siapa yang Paling Berhak, Islam atau Kristen?

Hagia Sophia Turki, Keajaiban Dunia yang Akan Dikembalikan Jadi Masjid

7 Destinasi Wisata Alam Aneh dan Ajaib yang Ada di Dunia Nyata

Masjid Sultan Ahmed Turki, Saksi Keruntuhan Kekhalifahan Islam Terakhir

7 Menu Makanan Khas Korea yang Mudah Dimasak untuk Berbuka Puasa

FALLBACK
The END