GeorgeTown Penang, Rekomendasi Destinasi Wisata Malaysia Untuk Berakhir Pekan

Berfoto di salah satu lukisan dinding di George town. Foto dari candidcarry.wordpress.com

Sebutan sebagai kota the Pearl of Orient sudah selayaknya disandang oleh Penang, Malaysia. Bagaimana tidak, Penang terlihat berkilau dengan berbagai kebudayaan yang tersimpan didalamnya. Penang memiliki George Town. Kota yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia sejak tahun 2008. Penang semakin terlihat gemerlap setelah dinobatkan sebagai kota yang memiliki street food terbaik versi majalah Time.

Kota ini bukan hanya diperuntukkan bagi Anda pecinta makanan dan bangunan tua. Anda yang mneyukai wisata religi, bisa melakukan Temple Hoping atau mengunjungi beberapa kuil dan masjid disana. Namun, sebelum Anda menikmati hal-hal tersebut, sebaiknya membaca hal-hal berikut.

 

1. Apa yang akan kita lakukan setibanya di Bandara Penang?

Setibanya di Bandara Bayan Penang International Airport tentu Anda harus mencari kendaraan atau transportasi yang akan mengantar Anda ke hotel atau tempat menginap. George Town merupakan daerah terbaik untuk menginap. Karena di sanalah pusat kehidupan kota Penang.

Beberapa pilihan trasnportasi yang bisa digunakan setibanya di Penang:

Taxi

Taxi merupakan transportasi yang paling mudah dijumpai setibanya di airport. Banyak orang yang memilih taxi karena kenyamanan yang ditawarkan dan tidak ribet. Banyak taxi yang memasang tarif tanpa argo. Dalam hal ini Anda harus menawar ongkos taxi agar mendapatkan harga yang murah. Sebagai bahan pertimbangan, tarif dari bandara menuju kota George Town sekitar 50 RM atau kurang lebih 175.000.

Bus Rapid Penang

Peta Bus Rapid Penang. Foto peta ini berasal dari penang-discovery.

Peta Bus Rapid Penang. Foto peta ini berasal dari penang-discovery.

Jika Anda sedang berjalan-jalan dengan budget minim, lebih baik Anda menggunakan bus rapid penang. Bus Rapid Penang memiliki beberapa pemberhentian. Untuk menuju Goerge Town, Anda harus mengambil Bus Rapid Penang dengan rute nomor #401 menuju ke Komtar (Pusat interchange bus di George Town). Tarif kurang lebih 2,7 RM untuk 1 satu kali perjalanan yang memakan waktu 1 jam. Jangan lupa membawa Peta rute bus.

Sewa Mobil

Alternatif sewa mobil sepatutnya menjadi pertimbangan jika Anda berlibur ke Penang dengan anggota yang cukup banyak. Anda bisa menyewa mobil di Big Thumb Rent Car dengan harga sewa 90 – 100 RM per hari. Penjemputan di bandara akan dikenakan biaya tambahan.

2. Perlukah Mengganti Sim Card?

Sim Card Celcom Malaysia. Foto berasal dari photobucket.

Sim Card Celcom Malaysia. Foto berasal dari photobucket.

Karena lokasi Penang, Malaysia yang tidak begitu jauh dari Indonesia, Sim Card Indonesia masih bisa digunakan di sana. Namun, lebih baik mengganti sim card Anda dengan Sim Card lokal yang bisa dibeli di sekitar bandara. Selain lebih hemat, sinyalnya juga lebih kuat. Sim Card Celcom atau Maxim bisa menjadi rekomendasi.

 

3. Dimana Harus Menginap?

Foto berasal dari www.sini.com

Anda juga bisa menyewa sepeda di Wassup Hostel. Foto berasal dari sini

Pilihlah tempat menginap yang strategis. Tempat penginapan paling strategis di Penang berada di sekitar kota George Town. Jika Anda belum menentukan akan menginap di mana, berikut beberapa penginapan yang bisa dijadikan referensi.

Chulia De Motel

Lokasi di Lebuh Chulia No. 49, harga sekitar 82 RM

Ymca International Hostel Penang

Lokasi di Macalister Street No.211

Hotel Heliconia Penang

Lokasi di lorong Kinta, 18, George Town, Penang. Harga sekitar 300.000 per malam.

Wassup Youth Hostel

Lokasi di Jalan Penang No. 495, harga mulai dari 45 RM.

 

4. Apa yang bisa dilakukan di Penang?

Banyak hal yang bisa dilakukan di Penang. Sesuaikan dengan minat Anda. Berikut adalah hal yang bisa  menjadi pilihan selama Anda di Penang;

Wisata Sejarah Peninggalan Kerajaan Inggris

fortcornwallis

Pintu masuk Fort Cornwallis. Foto berasal dari thelongestwayhome.

Malaysia merupakan negara bekas jajahan Inggris. Bangunan-bangunan tua bekas penginggalan pemerintahan Inggris yang masih tersisa merupakan bukti pendudukan Inggris di Malaysia. Beberapa bangunan warisan pemerintahan kolonial Inggris seperti Fort Cornwallis dan Queen Victoria Memorial Clock Tower masih dipertahankan dan sangat terawat di Penang. Jika Anda ingin melihat bagaimana wujud dua bangunan peninggalan Inggris tersebut kunjungilah George Town.

Temple Hoping

Kek Lok Si pada malam hari. Sumber foto dari www.rent.yoponi.com

Kek Lok Si pada malam hari. Sumber foto dari www.rent.yoponi.com

Jika Anda belum puas menikmati bangunan bersejarah peninggalan pemerintah Inggris, Anda bisa mencoba Temple Hoping. Seperti namanya, Anda bisa mengunjungi satu kuil ke kuil yang lain di Penang. Anda bisa mengunjungi kuil Hindu Sri Maha Mariamman Temple. Jangan lupa datang ke Kuil Kek Lok Si yang merupakan kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Lokasinya bukan terletak di George Town, tapi dekat bandara Internasional Penang.

Tidak hanya kuil, Anda bisa juga melihat-lihat keindahan Masjid. Masjid Melayu Lebuh Acheh, atau Masjid Jamek Lebuh Acheh, merupakan salah satu masjid tertua di kota Georgetown yang sudah berdiri sejak 1801.

Shopping

Suasa Chorasta Bazzar dipagi hari. Foto diambil oleh www.travel2penang.com

Suasa Chorasta Bazzar dipagi hari. Foto diambil oleh www.travel2penang.com

Ingin belanja untuk oleh-oleh? Datanglah ke Chowrasta Bazaar yang terletak di Penang Road. Anda bisa membeli ikan, pakaian berkualitas bagus dengan harga murah, dan buku bekas. Anda pun bisa shopping sambil menikmati pemandangan kehidupan warga India di Little India. Jika terasa haus, nikmati the tarik dari Mamak restaurant.

Beach walk

Salah satu spot di Batu Ferringhi. Foto berasal dari creativelunatics.com

Salah satu spot di Batu Ferringhi. Foto berasal dari creativelunatics.com

Anda penyuka pantai wajib mengunjungi Batu Ferringhi. Lokasi Batu Ferringhi memang cukup terpencil dan jauh dari keramaian George Town. Tidak jauh dari Batu Ferringhi terdapat Tanjung Bungah yang memiliki banyak permainan olahraga air.

Wisata Alam

Foto jalur di Penang National Park. Sumber foto dari cabutlari.wordpress.com

Foto jalur di Penang National Park. Sumber foto dari sini

Jika Anda bosan dengan wisata kota tua, namun tidak menyukai wisata pantai, kunjungi wisata alam di Penang National Park, Penang, Bird Park, atau Penang Botanic Gardens.

Berburu Karya Seni Jalanan di George Town

Berfoto di salah satu lukisan dinding di George town. Foto dari candidcarry.wordpress.com

Berfoto di salah satu lukisan dinding di George town. Foto diambil dari sini

Tinggal di George Town selama liburan di Penang merupakan pilihan terbaik. Anda bisa menikmati keindahan lukisan (mural) dinding di sekitar Lebuh Armenia Street dan Lebuh Ah-Quee. Siapkan kamera dan gaya terbaik Anda. Karena Anda akan sangat menyesal jika harus melewatkan spot foto terbaik di Penang ini. Setiap lokasi lukisan dinding disana memang jaraknya agak berjauhan, tapi masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Jika ingin lebih cepat, bisa sewa sepeda.

Festival di Penang

Beberapa festival diselenggarakan di Penang untuk menarik wisatawan datang kesana. Di setiap bulan Juni diselenggarakan The Penang International Dragon Boat festival di Teluk Bahang Dam. Festival ini menggabungkan berbagai macam olahraga dengan menambahkan sisi kebudayaan China didalamnya. Salah satu contohnya adalah Dragon Boat Racing.

Namun, jika Anda berencana mengunjungi Penang sekitar tanggal 1 Agustus – 31 Agustus, tinggallah di George Town. Karena pada tanggal tersebut Anda bisa menikmati Festival Street Food di George Town.  Anda bisa menikmati jajaran street food di Lebeuh Chulia pada malam hari.

 

5. Tempat Makan

Plaza Gurney tampak depan. Foto dari www.malaysia-asia.com

Plaza Gurney tampak depan. Foto dari www.malaysia-asia.com

Untuk masalah makanan, Penang adalah juaranya. Banyak makanan enak dijajakan di sana. Agar lebih mudah, datanglah ke Pesiaran Gurney yang terletak di samping Plaza Gurney. Terdapat puluhan warung makanan disana. Buka dari sore hingga malam. Selain plaza Gurney, cobalah streetfood yang banyak di jumpai di Penang.

Beberapa makanan yang wajib coba :

Cendhul

Salah satu cendul paling laris. Foto berasal dari indistay.com

Salah satu cendul paling laris. Foto berasal dari www.indistay.com

Cendhul atau es cendol merupakan salah satu minuman yang wajib dicoba di Penang. Cendhul yang paling terkenal berada di Penang Road, di dalam gang, tapi antriannya bisa meluber sampai jalan.

Asam Laksa Air Itam

Kedai Asam Laksa Itam. Foto berasal dari johorkaki.blogspot.com

Kedai Asam Laksa Itam. Foto berasal dari johorkaki.blogspot.com

Asam laksa Air Itam terdiri dari mie putih dan kuah laksa disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi dengan potongan bawang merah mentah, daun mint, dan tak ketinggalan potongan cabai. Kuah laksa diramu dari kaldu udang dan ikan kembung dicampur berbagai bumbu di antaranya adalah asam.

Penang Char Kwayteow

Penang Char Kwayteow. Sumber foto berasal dari www.says.com

Penang Char Kwayteow. Sumber foto berasal dari www.says.com

Banyak dijumpai di berbagai stall. Bagi Anda yang muslim harus lebih teliti, karena makanan ini ada yang tak halal. Salah satu Penang Char Kwayteow yang halal adalah buatan Aunty Gemuk, Kelana Jaya.

 

6. Rumah Sakit di Penang

Tidak ada yang ingin sakit ketika liburan. Namun, jika itu tiba-tiba terjadi pada Anda, berobatlah di beberapa rumah sakit berikut;

Island Hospital (Lokasi di Jalan Macalister)

Pantai Hospital Penang

Gleneagles Hospital

 

7. Money Changer

Sesampainya di bandara, Anda bisa langsung menukarkan uang di money changer sekitar bandara. Namun, akan lebih baik jika Anda menukar uang di Indonesia. Karena, ketika Anda menukar rupiah di money changer setempat, nilai tukar rupiah dihargai lebih murah.

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran