14 Benda Ini Sebenarnya Tidak Boleh Dibawa Pulang dari Hotel, Mana yang Pernah Kamu Bawa?

gambar diambil dari sini

Sebagian orang merasa lumrah ketika membawa pulang barang-barang hotel tempatnya menginap. Pada dasarnya, hotel memang memberikan beberapa fasilitas untuk tamunya sudah termasuk dengan harga kamar yang dibayarkan. Fasilitas tersebut bebas digunakan oleh tamu dan boleh dibawa pulang, seperti sandal hotel, pasta gigi, shampo dan sabun dalam bentuk sachet, sikat gigi, teh dan kopi sachet, maupun pulpen dan notes.

Jika kamu ingin membawa pulang barang-barang yang ada di kamar hotel, kamu bisa mengecek ke petugas hotel apakah barang-barang tersebut dijual di butik hotel dan bisa membawanya pulang dengan legal. Namun sayangnya, banyak traveler yang ‘gatel’ mengambil fasilitas hotel yang sebenarnya tidak diperkenankan dibawa pulang.

Meski kamu berhasil membawa barang curianmu keluar hotel, pihak hotel akan tetap mengetahuinya dari data diri yang dicocokan dengan data inventaris kamar setelah kamu pakai. Jika pihak hotel memang ketat, mereka akan menghubungimu, menuntut barang untuk dikembalikan atau malah ganti rugi.

Apa aja sih barang-barang itu? Ini nih 14 diantaranya:

1. Bantal

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Meski terlihat akan menggembung ketika dimasukan ke dalam tas, nyatanya bantal di kamar hotel menadi salah satu item yang paling banyak lenyap dari kamar hotel. Entah mengapa masih banyak turis yang berpikiran mencuri benda inventaris hotel ini.

2. Selimut dan sprei

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Kalau benda yang ini lebih mudah disembunyikan, karena bisa dilipat. Rasanya sangat jarang sekali atau bahkan tidak ada hotel di dunia ini yang menjadikan sprei maupun selimut hotel sebagai barang yang bisa dibawa pulang.

3. Handuk

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Masing-masing hotel biasanya menandai handuk maupun jubah mandinya dengan logo hotelnya. Beberapa turis menganggapnya sebagai barang koleksi, sehingga ingin membawanya pulang. Padahal handuk maupun jubah mandi bukan termasuk barang yang diperkenankan untuk dibawa pulang. Beberapa hotel di dunia bahkan memasangkan chip pada handuk-handuk di kamar hotelnya untuk mengurangi praktik curang ini.

4. Pengering rambut

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Benda elektronik yang biasanya ada di kamar mandi hotel ini juga tak jarang lenyap setelah dipakai oleh tamu hotel. Jangan sekalipun berpikir kamu bisa membawa pulang benda ini.

5. Gelas dan piring

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Gelas-gelas kaca maupun keramik yang ada di meja kamar hotel juga biasanya menjadi incaran tamu hotel. Sama seperti handuk, gelas juga biasanya punya logo tersendiri. Ingatlah, kamu akan malu sendiri jika ketahuan memasukan gelas ke dalam kopermu.

6. Lampu Kamar Hotel

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Yang ini mungkin cukup ekstrim, namun nyatanya juga pernah terjadi. Lagian, apa untunya mengambil lampu kamar hotel yang sudah lama dipakai? Apakah kamu dendam dengan pihak hotel karena mendapat harga kamar yang mahal?

7. Asbak

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Benda ini kecil dan mudah dibawa kemana-mana, apalagi jika tamu hotel merokok. Banyak tamu hotel yang juga ‘tak sengaja’ memasukan benda ini ke dalam tas mereka saat mereka check out.

8. Keset

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Yang ini biasanya lebih tipis daripada handuk, sehingga kemungkinan untuk diambil lebih besar. Barang ini juga termasuk dalam daftar yang tidak diperkenankan untuk dibawa pulang

9. Perlengkapan Ibadah

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Pihak hotel biasanya menyediakan perlengkapan ibadah bagi para tamu sebagai salah satu kelengkapan fasilitas hotel, antara lain Alquran, sajadah, tasbih, Alkitab, dan sebagainya. Jika memang tidakada label boleh untuk dibawa pulang, jangan coba-coba memasukannya ke dalam kopermu.

10. Sendok dan Garpu

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Barang-barang stainless steel ini juga kerap lenyap dari kamar hotel. Jangan mentang-mentang disediakan di meja hotel, lengkap dengan perlengkapan set membuat teh, kamu bisa mengklaim barang-barang tersebut menjadi milikmu.

11. Vas Bunga

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Mungkin karena kamu kepincut dengan bentuknya yang lucu dan jarang kamu temui, maka kamu berpikiran untuk membawanya pulang. Vas bunga dan hiasan di meja hotel lainnya bukan barang yang bisa kamu bawa pulang.

12. Makanan dan minuman di minibar

fasilitas hotel

gambar diambil di sini

Setelah kamu minum atau makan snack yang ada di minibar kamarmu, kamu akan ditanyai ketika akan check out. Sayangnya, banyak yang tidak melaporkan apa saja yang sudah ia makan, atau malah menukarnya dengan snack atau minuman lain yang harganya lebih murah.

13. Hiasan kamar

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Mulai dari jam dinding, lukisan, maupun tempelan di dinding lainnya, kadang juga hilang setelah kamar tersebut diapakan oleh turis yang cenderung ‘klepto’.

14. Gantungan Baju

fasilitas hotel

gambar diambil dari sini

Gantungan baju di lemari hotel biasanya mempunyai bentuk yang unik dan lucu. Maka tak heran benda ini juga sering lenyap oleh turis yang tidak bertanggung jawab. Kamu bukan salah satunya, kan?

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Desti Artanti

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar