Sidebar

Kembali Meletus, Ternyata Ini Fakta Gunung Agung yang Jarang Diketahui Orang

Kembali Meletus, Ternyata Ini Fakta Gunung Agung yang Jarang Diketahui Orang

Ada 8 fakta Gunung Agung yang masih belum banyak diketahui orang. Berikut ini daftarnya untuk Anda yang penasaran dengan gunung berapi tertinggi di Bali ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Saat ini Gunung Agung berstatus level III. Dalam laporan PVMBG Kementerian ESDM, Senin (2/7/2018) Gunung Agung mengalami erupsi sekitar pukul 21.04 Wita. Sebelum meletus, ternyata Gunung Agung menyimpan berbagai fakta yang mencengangkan.

Berikut ini fakta Gunung Agung yang jarang orang tahu:

Foto dari akun instagram @thetravellingnomads

#1. Gunung Agung berada di Pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Merupakan gunung api tertinggi di Bali dengan ketinggian 3142 mdpl dan bertipe stratovolcano (mengerucut).

#2. Gunung Agung mempunyai nama lain yaitu Piek Van Bali dan juga mempunyai kawah yang sangat dalam di tengah puncaknya, dan kawah tersebut kadang mengeluarkan uap air dan asap. Jika dilihat dari Pura Besakih, Gunung Agung nampak berbentuk kerucut, padahal bentuk puncak aslinya adalah melebar.

Baca juga: Gunung Agung Meletus, Ini Kumpulan Fotonya dari Berbagai Sudut

#3. Gunung Agung merupakan gunung yang bisa didaki. Mempunyai dua jalur pendakian yaitu melalui Pura Besakih dan Pura Pasir Agung. Jika Anda mendaki Gunung Agung dan sampai di puncaknya, Anda akan menemukan kabut tebal yang mengelilingi puncaknya. Namun meski dikelilingi kabut tebal, Anda masih bisa melihat pemandangan Pulau Bali dan Gunung Rinjani dari atas puncak.

#4. Gunung Agung juga menjadi gunung yang disakralkan oleh warga sekitar. Banyak acara dan upacara yang dilakukan untuk menghormati Gunung Agung tersebut, bahkan jika ingin mendaki Anda harus ditemani oleh warga lokal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

#5. Seperti yang banyak diketahui, di gunung Agung terdapat pura Besakih. Pura Besakih sendiri merupakan pura tertinggi di Bali. Karenanya, saat ada upaca keagamaan gunung Agung ditutup untuk pendakian. Aturan setempat menyebutkan bahwa tidak boleh ada yang lebih tinggi dari pura Besakih.

#6. Dalam kepercayaan masyarakat Bali, jiwa yang terlepas dari jasmani akan menuju tempat suci, yakni tempat yang lebih tinggi. Di tempat yang lebih tinggi inilah ia bereinkarnasi menjadi orang yang kemampuan dan kedudukannya lebih baik lagi. Gunung Agung adalah gunung tertinggi di Bali sehingga dianggap sebagai gunung yang paling suci.

Baca juga: Bila Gunung Agung Meletus, Ini Skema yang Disiapkan Menpar Untuk Evakuasi Turis

#7. Gunung Agung yang merupakan gunung api aktif sudah pernah meletus sebelumnya pada tahun 1808, 1821, 1843, dan yang paling dahsyat pada tahun 1963.  Korban pada erupsi ini mencapai 1.444 orang, 1.148 meninggal dunia dan 296 orang sisanya mengalami luka-luka.

#8. Erupsi hebat Gunung Agung pada 17 Maret dan 16 Mei 1963 membawa serta lava pijar dan kolom api berbentuk cendawan yang mencapai ketinggian 10 kilometer di atas kawah. Abu letusan bahkan tersebar ke arah barat hingga menutupi bandara Surabaya di Jawa Timur, sementara hujan abu halus mencapai Jakarta yang berjarak 1.000 km dan konon menurunkan suhu bumi hingga 0,4 derajat celcius.

SHARE :


Rekomendasi

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

The St Regis Bali Resort, Hotel Megah Tempat Raja Salman Menginap

FALLBACK
The END