7 Festival Bulan Desember untuk Menutup Akhir Tahun

Foto/Prasmul Tourism

Menuju ke penghujung tahun 2018 alangkah menyenangkannya jika Kamu datang ke beberapa festival bulan Desember untuk menutup akhir tahun 2018.

Selain bisa merangsang semangatmu menyongsong tahun baru 2019, tentu saja kehadiranmu ke festival akan menjadi momen berharga selama tahun 2018.

Baca juga: Meriahnya Gelaran Pandanaran Art Festival 2018 di Semarang

Selama bulan Desember 2018 sediri terdapat setidaknya 7 pilihan festival, mulai dari festival budaya, hingga film yang bisa Kamu kunjungi. Berikut ini adalah listnya untukmu:

27 November – 4 Desember 2018: Jogja Netpac Asia Film Festival (JAFF)

festival bulan desember

Suasana Opening Jogja Netpac Asia Film Festival 11. Foto/Pamityang2an

Festival satu ini merupakan festival tahunan yang selalu digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan sinema Asia ke khalayak luas. Ini adalah kolaborasi JAFF dengan Network for the Promotion of Asia Pasific Cinema (NETPAC) di man menjadi jembatan bagi sektor budaya dan pariwisata.

Nantinya acara akan diselenggarakan di 3 lokasi, yakni Jogja National Museum, Empire XXI Yogyakarta, dan Cinemaxx Lippo Plaza.

Untuk bisa menyaksikan festival ini bisa membeli tiket di situs resmi JAFF hingga 26 November.

26 November – 1 Desember 2018: Festival Wonderful Halmahera Utara

Festival ini akan berpusat di Tanjung Bongo. Nantinya Dinas Kabupaten Halmahera Utara telah mengagendakan rekor MURI Goyang Tobelo terpanjang dunia.

Selain tarian, akan ada event lain yang menarik yakni lari marato 10 Kilometer, lomba seni budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

28 November-2 Desember 2018: Festival Pesona Budaya Minangkabau

festival bulan desember

Tudung saji dalam festival tahun 2017. Foto/ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/

Festival satu ini diselenggarakan di Kabupaten Tanah Datar. Melalui festival ini kita bisa melihat Pesona Kebudayaan Minangkabau. Mulai dari tarian, pawai budaya hingga banyak lagi kegiatan menarik yang diselenggarakan hingga 5 hari.

Rencananya, festival ini akan dilangsungkan di tiga lokasi yakni Istano Basa Pangaruyuang, Lapangan Cindua Mato serta Gedung Nasional.

5 – 8 Desember 2018: Festival Danau Toba

festival bulan desember

Foto/@hello.didit

Ini adalah festival yang telah diselenggarakan sejak tahun 1980 an. Tahun ini festival ini akan diselenggarakan di sepanjang Pantai Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan. Pusat kegiatannya ada di area Tugu dan Makam Raja Silahisabungan atau di lapangan Desa Silalahi II.

Kegiatannya berupa pertunjukkan seni dna budaya, seminar wisata, pameran ukm, kompetisi olahraga tradisional dan masih banyak lagi yang lainnya.

8 – 9 Desember 2018: Batam International Culture Carnival

festival bulan desember

Foto/SindoNews/Teguh Prihatna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini adalah festival yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Batam. Akan ada agenda seru yang bisa diikuti selain menyaksikan kemeriahan pertunjukan seni, adapula wisata kuliner nusantara, parade karnaval, hingga pawai karnaval juga bisa Kamu nikmati dalam festival ini.

Rencananya festival akan diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya.

23 Desember: Toraja Trail

Setiap akhir tahun, festival Lovely Toraja selalu dinanti para wisatawan. Sayangnya, tahun ini event nasional tersebut tak jadi diselenggarakan dan akan diganti dengn Toraja Trail 2018.

Alasannya ditunda, karena Pemprov Sulsel ingin membenahi sejumlah infrastruktur, terutama jalan di sejumlah daerah di Tana Toraja. Diantaranya di Rantepao, dan Makale.

Dilansir dari news.rakyatku, Toraja Trail akan diikuti 2500 raider nasional dari seluruh penjuru Indonesia. Selain atraksi trail, pengunjung akan disuguhi penampilan ragam seni budaya khas Toraja.

Baca juga: Kololi Kie, Tradisi Sakral Masyarakat Ternate untuk Berdamai dengan Alam

Akhir tahun: Festival Kora-Kora Ternate

festival bulan desember

Foto/Prasmul Tourism

Festival budaya ini diadakan setiap tahun di akhir Desember. Ini adalah festival budaya yang menampilkan Kora-kora, kapal khas Kesultanan Ternate yang digunakan sebagai armada berperang pada zaman dahulu.

Yang menjadi highlight adalah lomba dayung perahu tradisional, parade perahu kora-kora dan pertunjukan seni budaya tradisional Ternate.

***

*** Sebagi catatan, artikel ini telah mengalami perubahan per 27 November 2018. Sebelumnya, disebutkan bahwa Lovely Toraja akan diselenggarakan pada akhir Desember ini. Namun, berdasarkan berita yang kami terima, Festival Lovely Toraja tak jadi digelar dan diganti dengan event lain yaitu Toraja Trail 2018.

Dapatkan ulasan menarik tentang Festival dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran