Taman Pintar Jogja

Wahana taman pintar yang akan membantu si kecil menyukai dan memahami sains sejak dini. Dibangun sesuai tujuannya yaitu mengenalkan si kecil kepada sains.


taman pintar jogja

Taman Pintar Yogyakarta. Sumber foto.

Ulasan singkat

Merupakan sebuah wahana yang bertujuan untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah Kota Jogjakarta. Menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains.

Dengan Target Pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan sains kepada siswa mulai dari dini, harapan lebih luas adalah mengasah kreatifitas anak didik sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi belaka, tetapi juga berusaha untuk dapat menciptakan teknologi sendiri.

Bangunan Taman Pintar ini dibangun di eks kawasan Shopping Center, dengan pertimbangan tetap adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Relokasi area mulai dilakukan pada tahun 2004, dilanjutkan dengan tahapan pembangunan tahap I adalah Playground dan Gedung PAUD Barat serta PAUD Timur, yang diresmikan dalam Soft Opening I tanggal 20 Mei 2006 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo.

Pembangunan Tahap II adalah Gedung Oval lantai I dan II serta Gedung Kotak lantai I, yang diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas, Bambang Soedibyo, bersama Menristek, Kusmayanto Kadiman, serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Pembangunan Tahap III adalah Gedung Kotak lantai II dan III, Tapak Presiden dan Gedung Memorabilia. Dengan selesainya tahapan pembangunan, Grand Opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jenis-jenis wahana

Di sini Kamu dapat menikmati beberapa wahana yang sudah disediakan, antara lain:

  • Wahana Gedung Kotak
  • Wahana Gedung Oval
  • Wahanda di Gedung Memorabilia

Di tiap-tiap gedung tersebut juga berbeda aktifitas yang bisa dilakukan. Misalnya di Gedung Oval, Kamu akan menemukan zona cuaca iklim & gempa, zona argo, zona kehidupan purba, dan zona nuklir. Berbeda di Gedung Memoribilia yang akan menawarkan wahana untuk mengenal semua sejarah kesultanan, pendidikan, dan kepustakaan kepresidenan.

Taman Pintar Yogyakarta berada di depan Bank Indonesia atau berada kurang lebih 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Alamat lengkapnya adalah Jalan Panembahan Senopati No. 1 -3 Yogyakarta.


Lihat Juga di Sekitar Taman Pintar Jogja






Upside Down World Jogja. Sumber Kotajogja.com

Upside Down Jogja

xt square

XT Square

jogja bay waterpark

Jogja Bay Waterpark

Museum Ullen Sentalu
candi kalasan

Candai Kalasan

Candi Prambanan

Pinus Pengger

bukit panguk kediwung
merapi adventure

Merapi Adventure





Rekomendasi Hotel di Yogyakarta






Data tidak tersedia.