Candi Prambanan

Menjadi candi Hindu terbesar di indonesia membuat Candi Prambanan tak pernah sepi pengunjung. Pesan tiketnya dari jauh-jauh hari terlebih dulu.


city tour dengan trans jogja

Prambanan saat senja. Sumber foto.

Ulasan singkat

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia dan memiliki arsitektur bangunan yang menakjubkan. Nama asli Candi Prambanan adalah Siwagrha, yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti Rumah Siwa. Pemberian nama tersebut karena Dewa Siwa begitu istimewa pada pemerintahan Rakai Pikatan. Oleh karena itu Rakai Pikatan mendirikan arca Siwa Mahadewa setinggi 3 meter yang terletak di ruang utama Candi Prambanan.

Tanpa Kamu sadari, bangunan candi ini dirancang menyerupai Puncak Mahameru. Hal tersebut dikarenakan masyarakat zaman dulu percaya bahwa Mahameru adalah rumah para dewa. Dengan kata lain, Candi Prambanan merupakan perlambangan rumah para dewa.

Di Candi Prambanan Kamu dapat melakukan banyak hal. Kamu bisa berfoto-foto bersama candi-candi yang sangat bersejarah. Selain itu Kamu juga dapat mengetahui alur cerita Ramayana karena alur cerita tersebut disampaikan tersirat pada arca-arca yang ada di sana. Kamu harus memulainya dari Pradakshina Candi Siwa, lalu lanjut berkeliling searah jarum jam.

Selain berkeliling, Kamu juga dapat menonton langsung Sendratari Ramayana yang bercerita tentang Ramayana. Untuk melihat Sendratari Ramayana tersebut Kamu harus mengetahui jadwalnya terlebih dahulu, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, dimulai pada pukul 19.30 WIB. Kami sarankan Kamu membeli tiketnya jauh-jauh hari karena pertunjukan ini sangat ramai penonton. Kamu juga bisa memesan tiket secara online melalui [email protected]. Tiket sendratari dijual dengan berbagai macam harga berdasarkan tempat duduk yang akan Kamu tempati.

Kawasan Candi Prambanan saat ini juga sudah digunakan sebagai tempat event-event besar. Yang baru saja dilaksanakan adalah Prambanan Jazz 2017 yang mengundang beberapa artis ibukota untuk memeriahkan acara tersebut.

Cara menuju Prambanan

Candi Prambanan berada di Jl. Raya Solo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke sana sangatlah mudah. Jika Kamu datang dari Bandara Adisucipto, Kamu hanya perlu naik bis Trans Jogja 1A yang berjalan ke arah Prambanan, dan turun di depan candi.

Jika Kamu datang dari arah Terminal Jombor, Kamu perlu naik bis Trans Jogja 2B ke Terminal Cenderung Catur. Setelah sampai di terminal tersebut, Kamu naik bis Trans Jogja 3B ke Arah Adisucipto, kemudian dilanjut menggunakan Trans Jogja 1A.

Jika Kamu ingin mudah, Kamu dapat memesan transportasi online melalui aplikasi. Atau ikuti saja peta online yang ada di smartphone Kamu.


Lihat Juga di Sekitar Candi Prambanan






Upside Down World Jogja. Sumber Kotajogja.com

Upside Down Jogja

jogja bay waterpark

Jogja Bay Waterpark

Taman Pintar Jogja





Rekomendasi Hotel di Yogyakarta






Data tidak tersedia.