facebook pixel

JOGJA! Kota angkringan yang selalu bikin kangen

Jalan-jalan di Jogja itu asyik! Selain transportasinya yang gampang, ada banyak pilihan destinasi yang bisa Kamu jajal. Bahkan kalau Kamu cuma pengen city tour juga makin gampang, soalnya ada fasilitas TransJogja yang murah dan bisa ajak Kamu keliling destinasi di seputar Kota Jogja.

Penasaran pengen nyoba keliling Jogja naik TransJogja? Ini dia destinasi yang bisa Kamu kunjungi lengkap dengan jalur transJogja! Kuy cek satu-satu.

1. Setibanya di Stasiun Tugu, Kamu bisa naik transJogja rute 1A untuk jalan-jalan ke Candi Prambanan atau Ratu Boko 

city tour dengan trans jogja

Cantiknya Candi Ratu Boko. Sumber foto

Kalau perjalananmu dimulai dari Stasiun Tugu, Kamu bisa wisata sejarah di dua candi keren di Jogja, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Caranya juga gampang! Kamu cukup naik trans sekali dan nggak perlu transit.

Naiklah transJogja jalur 1A (rute Prambanan). Kamu bisa tanya petugas yang berjaga, atau melihat di bagian depan bus. Biasanya udah terpasangan keterangan jalurnya kok. 

2. Memulai perjalanan dari Bandara Adisucipto, Kamu bisa bertegur sapa dengan koleksi hewan di Kebun Binatang Gembira Loka

city tour dengan trans jogja

Liburan santai di kebun binatang Gembira Loka. Sumber foto

Dari Bandara Adisucipto, Kamu langsung bisa naik transJogja dengan rute 1B. Halte Adisucipto ini adalah halte pemberangkatan pertama untuk jalur 1B, jadi lebih gampang. Untuk sampai ke Gembira Loka nggak perlu transit kok, cukup sekali naik aja. 

3. Dari Terminal Jombor Kamu bisa langsung menuju ke Malioboro atau wisata kuliner di Codong Catur

city tour dengan trans jogja

Titik 0 Km Jogja dan pusat belanja. Sumber foto

Kalau Kamu kebetulan sedang berada di Terminal Jombor dan pengen jalan-jalan ke Malioboro, nggak perlu bingung. Karena udah ada transJogja rute 2A yang langsung berangkat dari terminal Jombor ini. Salah satu destinasi tujuannya adalah Malioboro dan wisata kuliner Condong Catur. 

4. Rute 2B dari Terminal Jombor bisa mengantarmu buat hunting foto di Taman Pelangi atau Monjali 

city tour dengan trans jogja

Hunting foto di Taman Pelangi. Sumber foto

Rute 2B sebetulnya nggak beda jauh dari rute 2A. Destinasi wisata yang dituju juga mayoritas sama. Jadi kalau Kamu pengen jalan-jalan ke Monjali dan Taman Pelangi berangkat dari Jombor, bisa kok pakai trans rute 2B ini. 

5. Kamu memulai perjalanan dari Terminal Giwangan? Mending jalan-jalan ke Tugu Jogja atau Plengkung Gading skalian hunting spot fotogenik di Jogja

city tour dengan trans jogja

Foto-foto di Tugu Jogja, salah satu ikon paling terkenal. Sumber foto

City tour di Jogja emang seru banget, soalnya dari semua terminal, stasiun dan bandara udah ada transJogjanya. Jadi nggak perlu ribet-ribet. Kalau dari Terminal Giwangan Kamu pengen jalan ke Tugu Jogja atau Plengkung Gading, pilih aja trans rute 3A. 

6. Dari Terminal Giwangan Kamu juga bisa menuju ke Candi Prambanan

city tour dengan trans jogja

Prambanan saat senja. Sumber foto

Sebetulnya dari Giwangan sendiri ada rute 3A dan 3B.  Destinasi wisata yang dilewati kedua rute ini nggak jauh beda. Cuma rute 3B nggak lewat di Malioboro dan Stadion Kridosono.

7. Dengan rute 4A dari Giwangan, Kamu bisa eksplore Museum De’ Mata dan Jokteng Wetan 

city tour dengan trans jogja

Seru-seruan di Museum De’ Mata. Sumber foto

Museum De’ Mata jadi salah satu favorit wisatawan, karena di sini Kamu bisa hunting foto 3D sepuasnya. Sedangkan di Jokteng Wetan Kamu juga bisa hunting foto di area benteng pertahanan peninggalan Belanda.

8. Mengintip kehidupan Keraton Pakualaman, ada banyak pilihan rute yang bisa Kamu gunakan

city tour dengan trans jogja

Keraton Pakualaman Jogja. Sumber foto

Kapan lagi bisa melihat lebih dekat kehidupan Kerajaan Pakualaman Jogja. Kamu bisa memilih beberapa rute sesuai titik start keberangkatanmu. 

9. Untuk sampai di Alun-alun Kidul dan Taman Sari Jogja, Kamu bisa pilih rute-rute ini

city tour dengan trans jogja

Taman Sari di kawasan alkid Jogja. Sumber foto

Karena letak Alun-alun Kidul dan Taman Sari di luar jalur transJogja, Kamu harus sedikit berjalan kaki atau naik becak untuk mencapai tempat ini. Dari Malioboro Kamu bisa menggunakan rute 1A dan turun di area halte Jl. Wakhid Hasyim atau Mt. Haryono di lanjut berjalan kaki menuju alun-alun.

Kalau memulai perjalanan dari Jombor, Kamu bisa menggunakan trans rute 2A dan turun di halte Purawisata kawaan Jalan Brigjen Katamso lalu dilanjutkan jalan kaki. Sedangkan dari Terminal Condong Catur Kamu bisa mengambil rute 2B dan turun di halte yang sama dengan rute 2A. 

***

Nah itu tadi beberapa rute yang ada di Jogja dan bisa mengantarmu berkeliling Jogja. Biaya untuk menggunakan transJogja cukup terjangkau yaitu Rp3.000, dan kalau melakukan transit nggak perlu bayar lagi selagi belum keluar dari area halte. 

Untuk keterangan lebih lengkap tentang jalur transJogja, Kamu bisa lihat di sini ya gais. Semoga liburanmu di Jogja makin asyik dan seru!

PS :

** TransJogja ini beroperasi dari pukul 05.30 – 21.30

** Harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu

Baca juga:

banner experience