Rekomendasi Destinasi 'Adventure Touring', Wajib Dicoba Pengendara Honda CRF150L

Motorcyclist on mountainous highway, cold overcast weather, Europe, Austria, Alps, extreme sport, active lifestyle, adventure touring concept

Bagi penggila motor trail pasti tak asing lagi dengan All New Honda CRF150L. Motor trail keluaran terbaru dari Honda cukup memancing rasa penasaran para pencinta motor.

Muncul dengan konsep “Take You to Off Fun Ride”, Honda CRF150L ini digadang-gadang menjadi motor on-off road yang mampu memberikan pengalaman menyenangkan dalam perjalanan.

Sebelum kami ulas destinasi mana saja yang sebaiknya dicoba untuk menjajal performa All New Honda CRF150L ini, mari kita lihat spesifikasi-nya terlebih dahulu.

Baca juga: Menurut Penelitian Ilmiah, Orang yang Hobi Traveling Lebih Bahagia

Mesin

honda crf 150l

Mesin Honda CRF150L bisa diandalkan oleh para penggila motor trail.

Untuk sektor mesin, All New Honda CRF150L dibekali mesin 150cc, SOHC, berpendingin udara, berkapasitas 149,15 cc, serta yang cukup penting adalah penggunaan sistem pembakaran injeksi PGM-FI sehingga motor dapat diandalkan ketika dibawa ke dataran tinggi dengan tekanan udara yang besar (jauh di atas motor trail kebanyakan yang masih menggunakan karburator).

Panel instrumen ini sudah mengaplikasikan model panel indikator digital, tentu ini menjadi poin penting untuk menentukan pilihan motor trail yang garang dan tapi juga modern.

Soal tenaga dan torsi, Honda CRF150L ini dapat menghasilkan tenaga 12,91 PS pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi hingga 12,43 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Dimensi dan Rangka

honda crf150l

Dimensi dan rangka Honda CRF150L sangat cocok untuk petualangan tanpa batas.

Bicara tentang dimensi, Honda CRF150L memiliki panjang 2,119 mm, lebar 793 mm, dan tinggi 1.153 mm serta berat kosong 122 kg. Ukurannya tak jauh beda dengan motor trail kebanyakan sehingga penggila motor trail tak akan kikuk saat menaikinya. Namun karena tingginya mencapai 1.153 mm pengendara tetap mampu melakukan maneuver yang sangat baik dan siap menerabas setiap medan.

Yang lebih penting lagi, kapasitas bahan bakar yang dimiliki oleh Honda CRF150L ini ternyata mencapai 7,2 liter, sehingga pengendara tak perlu takut kehabisan bahan bakar di tengah medan.

Walau diklaim ‘galak’, Honda tetap memperhatikan efisiensi bahan bakar yaitu mampu mencapai jarak 39,3 km untuk bahan bakar 1 liter.

All New Honda CRF150L mudah diajak bermanuver karena dibekali dengan suspensi depan Show a Long Travel Inverted Front Fork dengan diameter pipa 37 mm, suspensi belakang dengan sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (travel axle) 210mm, serta ban & velg besar, 21” front tire dan 18” rear tire​.

Sedangkan untuk pengereman, Honda CRF150L menggunakan cakram wavy 240 mm di depan dan 220 mm di belakang yang membuat pengendara mampu mengendalikan laju motor di segala medan.

Untuk melihat spesifikasi lengkap Honda CRF150L dan kelebihannya klik di sini. Lihat juga produk terbaru Honda di sini.

Medan yang mampu diterabas Honda CRF150L

Setelah memahami spesifikasi garang All New Honda CRF150L, kita coba lihat destinasi-destinasi menantang di berbagai spot di Indonesia yang wajib dicoba ‘diterabas’ motor ini.

Berikut ini beberapa destinasi menantang yang kami rekomendasikan:

1. Mulai dari destinasi menantang di Kaliurang, Sleman

honda crf 150l

Inilah Jalur menantang yang bisa dicoba para penggila motor trail.

Kaliurang, Yogyakarta telah lama dikenal sebagai favorit wisatawan. Di sini, wisatawan dapat melihat ekosistem alam yang masih asri. Selain itu, bekas letusan Gunung Merapi yang meninggalkan jejak di sini sekarang menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Tak hanya indah, alamnya juga menyenangkan untuk dijelajahi pengendara All New Honda CRF150L.

Di Kaliurang terdapat dua jalur motor trail yang patut untuk ‘dicicipi’, yaitu Jalur Pendek dan Jalur Panjang.

Karakter kedua jalur ini sama-sama berpasir, bedanya hanya pada rute yang dilewati.

Jalur pendek melewati Bukit Gandok, Kali Boyong, Kali Kuning, dan Kali Opak. Sedangkan Jalur Panjang melewati rute yang sama ditambah rute menuju Dusun Srunen yang menjadi lokasi pemakaman Mbah Maridjan, mantan juru kunci Gunung Merapi yang melegenda.

2. Menikmati cantiknya Jalur Logawa Pangalengan, Bandung

honda crf150l

Inilah destinasi yang bisa dicoba para penggila motor trail.

Tempat yang bisa dicicipi oleh pengguna CRF150L selanjutnya adalah Pangalengan, Bandung. Letaknya cukup jauh dari pusat Kota Bandung, sekitar 40 KM ke arah Selatan.

Bagi para penggiat olahraga motor trail, pasti sudah tidak asing lagi dengan medan satu ini. Medannya memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit, suasana alamnya masih asri dan cocok sekali untuk melepaskan penat.

Jalur yang dilewati cukup banyak tanjakan dan turunan dengan batu-batu kecil melewati hutan pinus, kebun warga, dan perkebunan teh nan cantik.

Jalur ini punya tantangan tersendiri ketika basah, namun masih tergolong wajar dan tidak terlalu melelahkan.

 

3. Melewati tantangan di atas lautan pasir Bromo

honda crf150l

Pasir yang bisa diterjang saat di Bromo.

Bromo terkenal dengan lautan pasirnya yang memesona. Trek pasir ini sering menjadi pilihan menarik bagi pecinta motor trail untuk menguji kemampuan.

Pasir Berbisik adalah spot pertama yang wajib dicicipi para penggiat motor trail. Meskipun treknya biasa namun penggiat motor trail bisa merasakan tantangan tersendiri saat melewati lautan pasir berbisik ini.

Agar petualangan makin menantang, trek menuju puncak adalah pilihan yang wajib dicoba. Tantangan sesungguhnya bisa dirasakan di sini karena penggiat motor trail akan ditantang melewati lautan pasir yang menanjak. Jalur ini bak surga bagi pengendara All New Honda CRF150L apalagi saat menuruni jalur berpasir Bromo.

Baca juga: Tips saat liburan ke Bromo.

4. Menaklukkan Gunung Batur di Bali, geopark dunia pertama di Indonesia

honda crf150l

Gunung Batur di Bali.

Gunung Batur di Bali merupakan geopark dunia pertama di Indonesia. Kawasan ini bukan semata ‘tempat bermain’ bagi para geolog dan pendaki. Para penggiat motor trail juga bisa menjelajah di sini.

Di tepi Danau Batur terdapat rute tersembunyi yang ideal untuk menjadi spot bagi pencinta off-road. Lintasannya mengarah ke kaki Gunung Batur dengan trek pasir vulkanis dan jalan berbatu.

Selain menantang, di beberapa titik para pencinta off-road juga bisa menyaksikan panorama alam yang memukau. Karena masih cukup tersembunyi, jalur ini masih relatif sepi.

5. Jalur menuju Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi

honda crf 150l

Kasepuhan Ciptagelar.

Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa tradisional di Sukabumi, Jawa Barat, yang masih menanamkan dan mengamalkan adat leluhur dalam kehidupan sehari-hari.

Kasepuhan Ciptagelar akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penggaruk tanah roda dua.

Pengendara pertama harus menuju daerah perkebunan Cianten, Bogor areal perhutanan di sekitar Desa Pameumpeuk. Jalur berikutnya terbilang sulit dengan karakteristik tanah liat merah yang ketika terkena air hujan akan menjadi arena seluncur bebas.

Karena berada jauh di dalam hutan, kita juga bisa mengintip satwa lokal di sini dan menikmati suasana yang masih alami.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Adventure dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran