Berencana Liburan ke Bromo? Ketahui 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Kapan waktu terbaik ke Bromo? Berapa bujet yang dibutuhkan untuk liburan di sana? Apakah di Bromo harus menyewa jeep? Artikel ini akan menjawab pertanyaanmu

Ditulis Oleh Echi

Foto oleh echigo

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

1. Waktu terbaik untuk berkunjung

Berencana liburan ke Bromo dalam waktu dekat? Pertimbangkan kembali rencana kamu. Karena waktu terbaik berkunjung ke Bromo adalah saat musim kemarau.

Seharusnya, bulan ini sudah memasuki musim kemarau, namun karena pengaruh pemanasan global. perubahan cuaca menjadi tidak pasti. Pagi terang benderang, siang hari hujan turun begitu deras. Jadi, bisa dibilang, tidak ada patokan bulan yang pasti.

Ketika saya jalan-jalan ke Bromo bulan Mei lalu, saya sedikit kecewa. Meskipun curah hujan tidak begitu tinggi, namun cuaca kurang bersahabat. Golden sunrise di penanjakkan memang terlihat indah, tapi sayangnya bukan sunrise Bromo yang terindah. Karena waktu itu, langit yang mendung sedikit menutupi sinar matahari.

Maka, mengunjungi Bromo pada musim kemarau dianggap waktu paling tepat karena pada waktu tersebut cuaca sangat cerah, tidak mendung. Sunrise pun terlihat dengan sangat jelas. Bukankah sunrise menjadi tujuan utama ke Bromo? Sangat disayangkan jika kita melewatkan golden sunrise Bromo.

2. Jalan-jalan ke Bromo sewa jeep nggak ya?

jalan-jalan ke bromo

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Sebelum memutuskan untuk menyewa Jeep, darimanakah kamu akan mulai perjalanan? Karena harga sewa jeep menyesuaikan tempat keberangkatan. Sewa jeep dari Wonokirti Pasuruan dan Cemoro Lawang Probolinggo jauh lebih murah daripada kamu menyewanya dari Malang atau Surabaya. Oke, kita anggap kamu memulai perjalanan dari Malang.

Nah, keputusan untuk menyewa jeep atau enggak, semua tergantung kamu. Kalau kamu traveling rame-rame (lebih dari 4 orang), lebih murah kalau sewa jeep. Paket sewa jeep dengan tujuan Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Padang Savana dari Malang dibanderol dengan harga sekitar 1.250.000 Rupiah.

Namun, jika kamu traveling hanya berdua, sewa motor lebih hemat. Banyak persewaan motor di kota Malang. Sewalah motor jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Malang. Jadi, ketika kamu sampai, motor telah siap. Biaya sewa motor per hari sekitar 80.000 Rupiah. Itu masih belum termasuk bensin.

3. Penginapan selama di Malang

Jika kamu berangkat ke Bromo dari Malang dan memutuskan untuk menyewa jeep, lebih baik kamu menginap di Malang. Meski nggak banyak pilihan penginapan murah selayaknya di Jogja, tapi ada beberapa hotel yang cukup nyaman.

Dengan uang sebesar 49.587 rupiah, kamu bisa menginap ala-ala hostel di Tya Backpackers Malang. Penginapan ini terletak di pusat kota Malang, jadi cukup mempermudah akses kamu untuk berpergian.

Rekomendasi penginapan murah lain adalah di Kavie Hostel Malang. Sama halnya dengan Tya Backpackers, penginapan ini memang dikhususkan buat kamu yang sedang backpacking atau berpergian dengan bujet minim. Biaya sewa per malam sebesar 74.380 rupiah.

Satu lagi, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 100.000 rupiah untuk menginap di Hotel Malang. Fasilitasnya lumayan lah. Hotel ini berada sekitar 10 menit dari Alun-alun Tugu Malang.

4. Malang ke Bromo

Perjalanan ke Bromo memang lebih mudah jika kamu menyewa jeep. Kamu hanya perlu menunggu di penginapan, lalu jeep menjemput dan membawamu ke Gunung Bromo. Biasanya, bapak supir jeep akan menjemput kamu pada tengah malam. Jadi, kamu nggak akan kelewatan menyaksikan sunrise.

Selama seharian penuh, bapak sopir jeep akan mengajakmu berkeliling Bromo. Mulai dari menyaksikan sunrise di penanjakan, bermain-main di pasir berbisik, ke kawah Bromo, dan jangan lupa foto-foto cantik di padang Savana. Setelah kamu puas, si bapak supir Jeep mengantar kamu kembali di penginapan Malang.

Sedangkan bagi kamu yang memutuskan untuk menyewa motor, perjalanan ke Bromo kamu sedikit lebih panjang dan menantang. Tapi, saya jamin, kamu akan memperoleh pengalaman traveling yang tak kalah seru.

Perjalanan dari Malang ke Bromo dengan motor memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Jalur yang kamu tempuh cukup panjang dan berliku. Pemandangan pedesaan, sawah, dan hutan-hutan akan menemani perjalananmu.

Karena tujuan wisata Bromo kamu adalah sunrise, lebih baik kamu mencari penginapan di sekitar Bromo, bukan di Malang. Pagi dini hari, kamu bisa melanjutkan perjalanan dari penginapan ke penanjakan Bromo. Sangat riskan jika naik sepeda motor dini hari demi mengejar sunrise.

Sewa Homestay di sekitar Bromo sama murahnya seperti di Malang. Rata-rata homestay disewakan 125.000 per malam. Rata-rata tidak menyediakan sarapan.

Dari homestay menuju penanjakan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan sepeda motor. Jika macet karena banyaknya antrean jeep, perjalanan memakan waktu lebih panjang.

5. Bujet yang harus kamu keluarkan

Jalan-jalan ke Bromo ber-6

Tiket Kereta Api Semarang – Malang PP      : 218.000

Jeep                                                                      : 1.250.000 / 6 =210.000

Biaya penginapan 2 malam                              : 150.000

Makan 5 x                                                             : 125.000

Total                                                                       : 703.000

 

Jalan-jalan ke Bromo berdua

Tiket Kereta Api Semarang – Malang PP      :  218.000 **

Sewa motor  2 hari                                             : 160.000 / 2 = 80.000

Bensin                                                                   : 100.000 / 2 = 50.000

Biaya penginapan 1 malam                               : 125.000 / 2 = 75.000

Makan 5 x                                                              : 100.000 *

Total                                                                        : 523.000

* biaya menyesuaikan selera masing-masing

** menyesuaikan kota asal dan bisa berubah sewaktu-waktu

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BROMO, tulisan lain Echi

Kontes menulis berhadiah voucher hotel dari Phinemo. Ikuti sekarang

Tag : , , , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post