Danau Merah Muda Lake Hillier di Australia yang Unik

Danau Hillier di Australia yang berwarna merah muda tampak sangat indah dari ketinggian (Instagram/@laeradd).

Lake Hillier merupakan sebuah danau salin yang terletak di Kepulauan Recherche di wilayah Goldfields-Esperance, tepatnya di Middle Island, Australia. Panjang Danau Hillier mencapai 600 meter dengan lebar 250 meter. Danau Hillier dikelilingi oleh tepi pasir dan hutan hijau yang didominasi oleh spesies paperbark serta eukaliptus yang lebat.

Keunikan Danau Hillier yang paling mencuri perhatian adalah warna airnya yang merah muda. Warna ini awalnya diduga berasal dari alga, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut diketahui bahwa warnanya berasal dari mikroba Extremophile. Mikroba ini dianggap sebagai organisme teraneh di bumi karena dapat hidup di kondisi yang sangat ekstrem sekalipun.

Danau Hillier bukanlah danau buatan, dan warna airnya juga bukan merupakan pantulan. Hal ini dapat dibuktikan saat air danau ditempatkan di wadah lain akan tetap berwarna merah muda. Danau ini juga memiliki salinitas yang sangat tinggi bahkan dianggap sebanding dengan Laut Mati. Tak ada kehidupan yang mampu bertahan, satu-satunya makhluk hidup yang mendiami Danau Hillier adalah beberapa mikroorganisme seperti alga dan bakteri halofilik.

Sejarah Penemuan Danau Hillier

Seorang navigator dan hidrogafer berkabangsaan Inggris bernama Matthew Finders pada 15 Januari 1802. Awalnya Finders menemukan danau unik berwarna merah muda setelah melakukan pendakian di puncak tertinggi Middle Island yang kini dikenal dengan Puncak Finders.

Tahun 1803, Finders kembali mengunjungi Danau Hillier untuk mengambil beberapa tong garam. Penamaan danau Hillier diambil dari nama kru investigator Finders yang meninggal akibat disentri pada 20 Mei 1803 sebelum keberangkatan. Upaya penambangan garam dari Danau Hillier sempat dilakukan pada abad ke-19, namun gagal karena terjadi keracunan garam yang dikonsumsi dari Danau Hillier.

Wisata Populer di Australia

Kini Danau Hillier selalu ramai dipadati oleh wisatawan yang berkunjung melalui Perth. Menuju Danau Hillier hanya bisa ditempuh dengan jalur udara atau berlayar dari Esperance yang berjarah 720 kilometer di tenggara Perth. Setelah sampai di Middle Island, wisatawan masih harus berjalan kaki sejau 600 meter untu sampai di tepi Danau Hillier. Pemandangan pepohonan hijau dan berbagai satwa liar yang mendiami Middle Island akan memberikan nuansa yang berbeda dan membuat perjalanan terasa tidak membosankan.

Dapatkan ulasan menarik tentang australia dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar