Cara Menyewa Mobil di Selandia Baru yang Perlu Anda Catat

Menyewa mobil memberikan kebebasan lebih bagi Anda untuk menikmati liburan. Foto dari newzealand.com

Selandia Baru adalah salah satu negara yang keindahan alamnya sudah terkenal dikalangan para traveler. Gunung, bebatuan, pantai, dan laut yang indah banyak tersebar di negara yang terbagi atas dua pulau besar ini. Salah satu cara terbaik untuk mengeksplor alam Selandia Baru adalah dengan melakukan road trip keliling Pulau Selatan (South Island) dan Pulau Utara (North Island).

Untuk melakukannya, para traveler biasa menyewa mobil atau camper van. Dengan membawa kendaraan sendiri, Anda dapat lebih bebas mengeksplor dan menikmati keindahan alam Selandia Baru. Sebelum berkunjung ke Selandia Baru, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menyewa mobil di Selandia Baru dan apa saja yang perlu diperhatikan saat menyewa.

Baca juga: Pengalaman Menakjubkan Road-Trip Sembari Mencicipi Wine Khas Selandia Baru 

Dua benda yang Anda butuhkan

Cek Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Sewa Mobil di Selandia Baru!

Hanya SIM dan kartu kredit yang anda perlukan untuk menyewa mobil. Foto dari acko.com

Benda pertama yang Anda butuhkan untuk menyewa mobil di Selandia baru adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika SIM tidak dalam bahasa inggris, harus didampingi dengan SIM Internasional atau diterjemahkan dan disahkan oleh New Zealand Transport Agency. Selanjutnya yang dibutuhkan adalah Kartu Kredit.

Memilih agen rental mobil dengan tepat

Cek Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Sewa Mobil di Selandia Baru!

Pilih rental mobil berdasarka pelayanan yang diberikan, bukan harga yang ditawarkan. Foto dari campinglosgallardos.com

Pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyewa mobil adalah memilih agen rental mobil. Ada cukup banyak agen rental mobil besar yang dapat Anda temui di Bandara. Beberapa diantaranya adalah Apex, Avis, Budget, Thrifty dan Eroupcar.

Untuk mempermudah perjalanan, Anda dapat memesan dulu mobil yang Anda inginkan di website mereka. Sedikit tips, perhatikan lokasi pengambilan dan pengembalian mobil, apa saja yang perlu disertakan untuk  asuransi, serta biaya tambahan.

Biasanya ada tambahan biaya untuk pengemudi dibawah 25 tahun, one way fee (biaya tambahan untuk mengembalikan mobil di tempat berbeda dengan anda mengambil mobil), premium location (biaya tambahan untuk mengambil mobil di Bandara), credit card fee, biaya persewaan barang dan premium insurance. Lihat juga review yang diberikan oleh pelanggan –pelanggan sebelumnya.

Tentukan jenis mobil

Cek Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Sewa Mobil di Selandia Baru!

Ada berbagai jenis mobil tersedia sesuai dengan kebutuhan travelling Anda. Foto dari luxurycarrentalsnewzealand.co.nz

Setelah menentukan Agen, pilih jenis mobil sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sesuaikan dengan jumlah orang yang ikut dan biaya tambahan yang mungkin nantinya akan dikeluarkan. Seperti biaya tambahan untuk parkir campervan dan mengendarai mobil diesel.

Saat memilih mobil, perhatikan isi tanki bensin dan goresan atau kerusakan pada mobil. Kerusakan di mobil harus sama dengan apa yang tertulis di laporan.

Baca juga: Fakta yang Akan Membuat Anda Ingin Segera Pergi ke Selandia Baru 

Akhir dari perjalanan, pengembalian mobil

Cek Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Sewa Mobil di Selandia Baru!

Kembalikan mobil saat jam buka akan lebih menguntungkan bagi anda. Foto dari Thenewdaily.com.au

Saat mengembalikan mobil, jangan lupa untuk mengisi penuh tanki seperti saat Anda membawa mobilnya pertama kali. Cek juga goresan atau kerusakan bersama dengan agen, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Katakan juga kepada agen denda apa saja yang Anda terima selama menggunakan mobil tersebut. Jika tidak, agen akan memberikan denda ekstra kepada Anda.

Setelah tahu apa saja yang perlu disipakan untuk akomodasi perjalanan Anda, sekarang Anda sudah siap untuk menjelajah alam Selandia Baru yang menawan.

Dapatkan ulasan menarik tentang Selandia Baru dan tulisan Lain dari Ayu Rafika

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar