Cara Mengatasi Stres Terbaik: Kembali ke Alam!

Foto diambil dari fox-field

cara-mengatasi-stres

Foto diambil dari fox-field

Di kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan dengan masalah-masalah, baik itu yang bersumber dari keluarga, pekerjaan, maupun dari pasangan. Masalah tersebut menimbulkan tekanan dalam batin dan pikiran kita, yang juga mempengaruhi kondisi tubuh dan psikologis. Jika tidak segera diselesaikan, tekanan batin dan pikiran akan menjadi berlarut-larut hingga menimbulkan stres.

Bicara soal stres, banyak definisi yang muncul di masyarakat mengenai keadaan ini. Umumnya, stres muncul ketika seseorang berada dalam keadaan tertekan, merasa terbebani, atau tidak bisa mengatasi masalah yang datang dalam hidup. Kondisi stres lumrah muncul bagi orang-orang dengan rutinitas yang padat dan mempunyai sedikit waktu untuk rileks.

Pada dasarnya stres bisa terjadi karena otak memberikan tanda kepada tubuh untuk melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu situasi. Tujuan pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk bertindak atau menghadapinya. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari dirinya berada dalam proses stres dan akhirnya meremehkan kondisi ini.

Jika Anda berada dalam kondisi serupa, jangan sekali-kali meremehkan stres. Tubuh dan pikiran kita mempunyai batasan untuk mengatasi dan keluar dari suatu masalah. Sugesti meyakinkan tubuh dan pikiran kalau kita kuat, memang bisa membantu.

Namun jangan salah kaprah, keadaan justru akan berbalik jika sugesti saja tidak cukup digunakan sebagai cara mengatasi stres.

 

Kembali ke Alam

Anda tak harus berekreasi mahal, menghabiskan waktu liburan dengan bermain water sport atau ke tempat wisata mainstream. Saat stres datang, cobalah untuk kembali ke alam dan mendaki. Meraih ketenangan yang sesungguhnya dan bercengkerama dengan alam lebih ampuh untuk mengembalikan suasana hati.

Menurut Ben Michaelis PhD, seorang psikolog klinis evolusioner, untuk memaksimalkan manfaat kesehatan mental, pertimbangkan untuk pergi ke alam dan mendaki gunung, karena alam memiliki efek menenangkan pikiran.

Berada di Sekitar Pohon Untuk Mengurangi Kecemasan

Berada di sekitar tanaman atau pohon terbukti dapat mengurangi kecemasan dan stres. Cara mengatasi stres yang sudah sejak lama dikenal ini, nyatanya masih sering diabaikan dan belum banyak diketahui. Saat ini, banyak rooftop-rooftop perkantoran yang menyediakan taman dan tanaman tanaman, sekedar untuk tempat relaksasi sejenak.

“Ada bukti bahwa berada di sekitar tanaman dan pohon dapat membantu mengurangi kecemasan karena tanaman memancarkan bahan kimia untuk memperlambat proses pembusukan mereka, yang tampaknya memperlambat kita juga.”, Kata Michelis.

Maka tidak salah, jika Anda menyempatkan waktu akhir pekan Anda untuk camping di lereng gunung atau pergi ke kebun buah atau tanaman.

Dalam sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Environmental Health and Preventive Medicine, peneliti Jepang mengirim peserta ke daerah berhutan maupun perkotaan.¬†Mereka menemukan, bahwa peserta yang telah menjalani 20 menit “mandi hutan” (alias berjalan di hutan), memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah ketimbang peserta yang berada di kota.

 

Saatnya Rejuvenasi di Alam Terbuka

Secara harfiah, rejuvenasi berarti peremajaan. Apabila dikaitkan dengan aktivas liburan, rejuvenasi adalah suatu proses untuk melahirkan kembali diri Anda dengan melakukan perubahan yang sangat nyata sehingga dapat mengubah persepsi, citra, maupun penilaian yang jauh lebih positif.

Contohnya, Anda dapat melakukan relaksasi, meditasi atau yoga di tempat liburan Anda. Dengan istirahat total dan memanjakan diri Anda dengan spa misalnya, Anda akan menemukan kembali titik untuk memulai.

Selain tiga hal yang berkaitan dengan bepergian tadi, sebenarnya masih banyak cara mengatasi stres yang juga bisa Anda terapkan sehari, terlebih jika Anda benar-benar tidak sempat untuk berlibur atau mengambil cuti. Cobalah memasang aromaterapi di ruang kerja Anda, konsumsi makanan sehat, berdansa sejenak atau mendengarkan musik, mengkonsumsi makanan sehat, dan yang paling penting, berusahalah untuk tetap berpikir positif.

 

Baca juga:

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Desti Artanti

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran