Sidebar

8 Cara Mengatasi Bosan di Kereta Api Tanpa Gadget

8 Cara Mengatasi Bosan di Kereta Api Tanpa Gadget

Melakukan perjalanan dengan kereta api kerap memicu kebosanan tingkat dewa. Ikuti tips berikut ini bagi Anda yang tidak suka membawa gadget saat bepergian

SHARE :

Ditulis Oleh: Ghozali Qodratullah

Pernahkah Anda menggunakan Kereta Api untuk bepergian dengan waktu tempuh yang membuat Anda merasa mati gaya? Kalau iya, bukan Anda saja di dunia ini  yang merasakannya.

Kereta api dipilih karena salah satunya adalah akurasi waktu tempuh yang tepat. Aktivitas yang paling sering dilakukan saat melakukan perjalanan untuk mengusir bosan adalah bermain gadget atau mendengarkan musik. Hal tersebut seakan membuat Anda terlihat memiliki dunia sendiri.

Bagi Anda yang gemar melakukan perjalanan jauh, dan kebetulan gadget Anda sedang kehabisan baterai, cobalah ikuti tips dan cara mengatasi bosan di kereta api berikut ini :

 

1. Pilihlah Tempat Duduk Dekat Jendela

Dekat dengan jendela akan memberikan Anda banyak manfaat, selain dekat dengan colokan, Anda juga akan mendapatkan layar kaca yang memberikan pemandangan yang membuat Anda ingin turun dari Kereta Api sejenak.

Jendela juga membuat Anda akan bisa maksimal dalam merasakan lamunan dan beragam ide dalam pikiran Anda. Biarkanlah pikiran Anda bergerak bebas mencari sela-sela dalam sudut pandangan Anda.

2. Membaca Buku yang Ringan

contoh buku yang ringan dan direkomendasikan untuk perjalanan jauh Anda. sumber foto

Buku ringan adalah buku yang sesuai dengan apa yang Anda sukai, semisal novel, buku humor atau komik. Pastikan buku yang Anda bawa memiliki huruf yang tidak memiliki sudut tajam, huruf yang tajam membuat Anda cepat lelah dalam membaca. Sebagai referensi, cobalah mencari buku-buku karangan om Pidi Baiq untuk membuat perjalanan Anda penuh tawa dan senyum yang diluar kendali.

3. Menggambar

Menggambar adalah salah satu pembunuh kebosanan yang efektif. sumber foto

Kegiatan ini bisa memakan waktu cukup lama, terutama bagi Anda yang sudah lama tidak menggambar. Cobalah skesta apa yang ada dalam pikiran Anda, juga bisa pemandangan di dalam kereta, atau sebuah foto yang pernah Anda tangkap yang ada di album kamera ponsel Anda. Cukup masukan buku sketsa berukuran A5, tiga buah pensil (2B, 2H, 6B) dan sebuah penghapus.

4. Mengobrol

Cara paling klasik namun paling mujarab bila Anda menemukan lawan obrolan yang seimbang. Untuk memulainya cukuplah tanyakan dari mana dan hendak ke mana, lalu tanyakan apa aktivitas hariannya. Setelah itu cobalah berpura-pura bertanya hal yang klise tentang kegiatan hariannya tersebut. Biasanya akan muncul pertanyaan balik kepada Anda, bila tidak berarti memang lawan bicara Anda sedang tidak ingin mengobrol dengan Anda.

5. Pergi ke Gerbong Makanan

gerbong makan menjadi penyelamat dari kelaparan dan kebosanan. sumber foto

Gerbong makan biasanya terdapat di tengah rangkaian Kereta Api. Gerbong ini biasanya cenderung sepi, karena biasanya penumpang sudah membawa makanan sendiri atau sudah membeli dari pegawai Kereta Api yang berkeliling tiap gerbong. Ketika Anda memesan makanan, dan hendak menyantap di gerbong makanan, duduklah pada meja makan yang memang sudah ada orangnya, setidaknya bisa menjadi teman obrolan Anda. Pastikan meminta izin terlebih dahulu sebagai basa-basi sebelum duduk.

6. Ngemil

Ngemil adalah kegiatan yang tidak akan terasa membosankan ketika kita berada dalam perjalanan. Pastikan cemilan Anda tidak cepat membuat kenyang dan awet, semisal keripik atau kwaci. Tawarilah orang yang ada di sekitar Anda.

7. Bermain Kartu

Kegiatan ini tidak bisa Anda lakukan sendirian, Anda harus punya lawan main untuk kegiatan ini. Sekalinya Anda memulai permainan ini, maka Anda tidak akan merasakan bahwa Kereta Api yang Anda naiki sudah hampir tiba di stasiun tujuan Anda.

8. Origami

aplikasi origami kini sudah banyak tersedia. sumber foto

Anda bisa mendownload aplikasi origami untuk smarphone Anda. Ada beragam jenis origami yang bisa Anda coba, setidaknya untuk mengenang kembali masa kecil Anda ketika masih berada di taman kanak-kanak. Untuk kertasnya, Anda pasti akan menemukannya dengan mudah di dalam tas ransel Anda. Lemaskan jari Anda kembali dan mulailah berkreasi.

***

Bosan adalah hal yang kita ciptakan sendiri. Cara mengusirnya juga hanya kita sendiri yang paham, jadi simpanlah ponselmu ketika perjalanan, tuturkan kisahmu dan dengarkan kisahnya ketika Anda sedang bersama orang kesayangan di perjalanan.

 

Baca Juga :

SHARE :




Rekomendasi