Kumpulan Foto Cantiknya Bekas Terowongan Kereta di Xiamen, Cina

Jalan setapak setelah keluar terowongan. (Foto/Feby Dwi Sutianto).

Cina tak hanya tentang tembok raksasanya. Ada sangat banyak destinasi menarik lainnya di sana. Sebuah bekas terowongan kereta di Xiamen belakangan ini jadi daya tarik wisata baru. Tempat tersebut bernama Xiamen Railway Cultural Park.

terowongan kereta di xiamen

Cantiknya bekas terowongan kereta di Xiamen yang kini jadi obyek wisata. (Foto/Feby Dwi Sutianto).

Baca juga: Unik, wanita di Suku Mosuo Cina bebas tidur dengan pria manapun.

Dikutip dari tulisan Feby Dwi Sutianto di Kumparan.com, Railway Cultural Park merupakan ruang terbuka publik yang dibangun di bekas terowongan kereta di Xiamen yang sempat terbengkalai selama 50 tahun. Lokasinya tepat berada di jantung kota.

Tak ada kesan angker dan jorok karena terowongan kereta ini telah direnovasi menjadi lokasi wisata yang cantik dan gratis ini.

Obyek wisata ini dibuka bagi publik sejak tahun 2011. Total, Xiamen Railway Cultural Park memiliki panjang rel 4,5 kilometer, membentang dari Wenping Road yang berada di area perbukitan menuju Heping Dock yang berlokasi di pesisir pantai.

Di bagian utama, terdapat terowongan kereta sepanjang 700 meter.

Coba Anda berangkat dari sisi Wenping Road, untuk kemudian menyusuri jalan umum yang di berada di atas bekas jalur kereta, kemudian sampai di pintu masuk menuju Xiamen Railway Cultural Park.

Taman hijau dan jalur setapak nan bersih dibangun di atas jalur kereta dan di pinggir rel. Tak butuh waktu lama, Anda akan sampai di bibir tunnel kereta yang berada bawah Hongshan Mountain.

Di sisi kiri dan kanan terowongan terdapat banyak informasi menarik seperti sejarah perkeretaan Cina hingga pembangunan proyek kereta cepat di sana.

Setelah berjalan 10 menit, Anda akan sampai juga di bagian ujung terowongan yang mengarah ke Siming Nan Road. Namun, obyek wisata ini tak berhenti sampai di ujung terowongan. Masih ada rangkaian lain di area Xiamen Railway Cultural Park.

terowongan kereta di xiamen 2

Jalan setapak setelah keluar terowongan. (Foto/Feby Dwi Sutianto).

Bila menyeberang Siming Nan Road, Anda bisa menyusuri bekas jalur kereta yang membelah area pemukiman hingga sampai ke area bibir pantai yang ada di Heping Dock.

Baca juga: Luar biasa, salah satu kota di Cina menjiplak Paris, sama persis!

Di sini, wisatawan bisa melihat langsung keindahan Pulau Gulangyu telah menjadi ikon wisata Kota Xiamen.

Bila lelah berjalan, Anda bisa berhenti untuk sekadar duduk di taman yang ada di area wisata ini.

Akses menuju tempat ini tergolong mudah karena ada berbagai pilihan rute bus kota.

Dapatkan ulasan menarik tentang Foto Unik Destinasi Dunia dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar