Sidebar

Cara Mendapatkan Air di Alam Bebas

Air merupakan sumber kehidupan, Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Pahami 4 metode berikut untuk mendapatkan air ketika Anda berkegiatan di alam bebas.

SHARE :

Ditulis Oleh: Ghozali Qodratullah

Air bisa sangat menyegarkan, terutama saat kehausan. sumber foto

Pada kegiatan alam bebas, air merupakan salah satu hal utama yang wajib selalu ada. Manusia bisa dikatakan tidak bisa hidup tanpa ketersediaan air yang cukup. Bila anda berada pada kondisi dimana anda kehabisan persediaan air ketika sedang berada di alam bebas, ikuti beberapa metode berikut untuk mendapatkan air. Semakin banyak air yang bisa Anda kumpulkan, semakin baik pula kesempatan anda untuk bertahan hidup.

Metode Cekungan

Anda dapat menggunakan plastik yang cukup lebar untuk metode ini. Carilah tanah berlubang yang memiliki tumbuhan di dindingnya, atau bila Anda tidak menemukannya, buatlah lubang kemudian diisi dedaunan atau sejenisnya. Masukan tempat air di tengah lubang tersebut, lalu tutup lubang tersebut dengan plasti. Di tepian plastik, tambahkan bahan penahan agar plastik tidak jatuh. Lalu di tengah plastik, letakkan batu kecil untuk membuat cekungan pada plastik tersebut. Pastikan tempat air yang telah dimasukan ke dalam lubang tadi berada di bawah batu kecil tersebut.

 

Metode Transpirasi

Pada pagi hari, carilah pepohonan berdaun hijau atau semak. Gunakan plastik bening dan tali, masukan batu kecil ke dalam plastik bening tersebut. Lalu bungkusah dedaunan yang bisa dijangkau oleh plastik tersebut. Buatlah lubang kecil di bawah batu kecil yang tadi Anda masukkkan. Letakkan tempat air di bawah lubang tersebut. Sepanjang hari, tanaman akan menghasilkan uap air yang teruapkan oleh matahari.

Metode Embun

Pada rerumputan di pagi hari, biasanya ada banyak sekali embun yang menempel. Anda bisa memakai kain bersih yang diikatkan pada kedua kaki Anda. Lalu berjalanlah di antara rerumputan tersebut, maka Anda akan membuat bulir-bulir embun tersebut menempel pada kain tersebut. Peraslah air tersebut untuk mendapatkan air. Pastikan kain yang Anda gunakan adalah air bersih.

 

Metode Lumut

lumut merupakan salah satu tanaman yang banyak menyimpan air. sumber foto

Anda bisa menggunakan lumut untuk mendapatkan air. Bisa dengan cara menempelkan kain, kemudian menekannya, lalu peraslah air tersebut. Anda juga bisa melapisi lumut tersebut dengan beberapa kain bersih, lalu Anda bisa menyedot air langsung dari lumut tersebut.

Metode Pencarian

Carilah air di lekukan pohon, dedaunan yang cekung atau tempat-tempat yang biasa terjadinya pengumpulan air. Namun cara ini biasanya hanya terjadi saat baru terjadi hujan atau hanya di pagi hari.

 

penyaring air sederhana ini bisa anda buat sendiri ketika berada di alam bebas. sumber gambar

Tetap perhatikan warna dan bau air yang Anda dapatkan. Air keruh yang tidak berbau bisa Anda saring dengan menggunakan penyaring sederhana dari botol dan pasir serta kain. Untuk air yang berbau, sebaiknya jangan dikonsumsi, karena biasanya air telah tercermar.

 

Baca Juga :

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

Cara Membersihkan Smartphone dan Kamera dari Virus Corona

5 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Sepanjang Perjalanan

FALLBACK
The END