Cara Membangun Jaringan Bisnis yang Kuat untuk Bisnis Tour Travel

Membangun jaringan bisnis yang kuat adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis (Flickr/Checkpeople.com).

Sebuah bisnis tour travel juga tidak bisa bertahan jika tidak memiliki jaringan yang luas. Jaringan bisnis yang luas memiliki banyak keuntungan, diantaranya peluang kerjasama, pemasaran, modal, atau bantuan teknis lainnya. Bagi anda pelaku bisnis tour travel yang berniat membangun jaringan bisnis yang kuat, simak beberapa tips berikut ini.

1. Perbanyak Kenalan

Mencari mitra bisnis untuk membangun jaringan bisnis dapat dimulai dari memperbanyak kenalan. Ikuti acara seminar, workshop, atau acara-acara lain yang memungkinkan anda bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda. Kemudian jalin komunikasi dengan bertukar nomor telepon atau kartu nama.

2. Bertukar Kartu Nama

Walaupun terlihat sepele, bertukar kartu merupakan hal yang penting untuk membangun sebuah jaringan bisnis. Hal ini dikarenakan kartu nama adalah salah satu cara orang lain mengenal anda lebih dalam. Berikan kartu nama anda kepada setiap orang yang dianggap memiliki potensi untuk menjalin kerjasama dibidang bisnis.

3. Saling Memberi Dukungan

Dalam menjalankan setiap bisnis terkadang terdapat beberapa permasalahan yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Berikan dukungan kepada rekan bisnis anda dan sebisa mungkin bantulah menyelsaikan permasalahannya. Dengan saling membantu secara tidak langsung akan terjalin kedekatan.

4. Mengadakan Pertemua

Sering-seringlah mengadakan pertemuan dengan rekan bisnis anda. Dalam pertemuan bisa diisi dengan kegiatan sharing ilmu yang telah diperolah dari seminar, workshop, atau media sosial. Berbagi ilmu tidak akan pernah membuat anda rugi. Dengan berbagi memungkinkan anda membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Selain itu dengan sering bertatap muka akan menjalin keakraban antara anda dengan rekan bisnis.

5. Manfaatkan Sosial Media

Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menjalin pertemanan dengan orang lain yang berada di luar lingkaran pertemanan namun masih relevan dengan bisnis anda. Sebagai contoh jika bergerak dalam bisnis tour travel, anda bisa bergabung dengan komunitas pecinta alam atau traveler di media sosial.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Faiz Jazuli

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar