Sidebar

Inilah Cara Aman Menarik Uang Saat Liburan di Luar Negeri yang Bisa Anda Terapkan

Inilah Cara Aman Menarik Uang Saat Liburan di Luar Negeri yang Bisa Anda Terapkan

Hendak traveling ke luar negeri? jangan lupa untuk mencari tahu cara aman menarik uang ketika berada di sana. Antisipasi segala hal yang terjadi!

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Cara aman menarik uang ketika berada di lokasi yang menurut Anda asing perlu diketahui, termasuk ketika Anda sedang traveling ke luar negeri. Hal ini tentu untuk mengantisipasi adanya hal-hal tak baik yang tidak diinginkan.

Dalam melakukan tarikan tunai di luar negeri, ada cara yang dapat dilakukan dengan menukarkan uang rupiah ke mata uang asing. Namun hal ini telah mulai dihindari oleh sejumlah traveler.

Baca Juga: Tips Meninggalkan Rumah Saat Liburan Agar Tetap Aman

Tak sedikit yang kemudian beralih dengan menarik tunai di ATM karena merasa lebih menguntungkan dan aman. Bila menukarkan uang menggunakan jasa money changer, maka akan ada biaya yang terkuras karena bagi sebagian orang, tarikan tunai yang duah berada di tangan, menjadi susah dikontrol saat berbelanja.

Bila Anda memilih tarik tunai di ATM makan Anda akan kena biaya tambahan untuk penarikan. Tiap-tiap bank berbeda nominalnya. Namun rata-rata sekali penarikan Rp20 ribu hingga Rp75 ribu.

ilustrasi gambar menarik uang di ATM (Foto/Techno)

Adapun ATM yang bisa digunakan ialah yang memiliki logo tertentu, seperti VISA, Mastercard, Prima, Plus, atau Cirrus.

Perhatikan pula berapa nominal yang akan dikeluarkan atau ditarik dan disimpan dalam dompet selama perjalanan. Uang tunai biasanya dipakai untuk membayar toilet, beli tiket transportasi lokal, atau membeli kartu SIM lokal.

Anda dapat meminimalisasi tarikan tunai dengan cara ketika berbelanja, Anda dapat menggunakan pilihan sistem cashless dengan cara memanfaatkan transaksi lewat mesin EDC melalui debit atau kartu debit.

Hal ini juga lebih menguntungkan karena nominal yang keluar dari rekening sesuai dengan nominal harga dari barang yang dibelanjkan.

Menarik uang melalui ATM ketika berada di luar negeri barangkali lebih diminati karena sifatnya yang aman dan nyaman. Anda tak perlu membawa berlembar-lembar uang dan khawatir akan adanya pencurian dan hal yang tak diinginkan lainnya.

Money changer (Foto/dollarsandsense.sg)

Selain itu, money changer biasanya memiliki perhitungan konversi sendiri untuk menarik komisi. Namun perhatikan pula bila Anda lebih memilih menarik uang melalui ATM di luar negeri, yakni pastikan bahwa ATM Anda bisa berlaku di negeri tujuan.

Baca Juga: Jangan Mau Ditipu, Pahami Tips Memilih Travel Agent Ini

Untuk mengantisipasi, sebelum Anda ke luar negeri, Anda dapat menuju ke bank dulu untuk menanyakan apakah kartu Anda bisa dipakai di luar negeri.

Perhatikan pula jam operasional ATM yang biasanya ada di negara tujuan. Apakah 24 jam atau tidak berlaku demikian.

SHARE :


Rekomendasi

Pulo Cinta Eco Resort, Hotel Mewah Ala Maldives di Pesisir Sulawesi

Tempat Snorkeling di Bintan Tercemar Minyak, Potret Buruk Pengelolaan Limbah

The Great Blue Hole, Titik Terdalam Bumi yang Masih Misterius

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

FALLBACK
The END