Bulu Babi, Hewan Unik di Peraian Dangkal Pantai Tropis

Bulu Babi, hewan unik namun berbahaya di pantai tropis (Instagram/@oktavianresta31).

Bulu Babi (Echinoidea) bukanlah bulu dari hewan Babi, melainkan sebuah hewan laut berbentuk bulan dengan duri yang dapat digerakkan. Bulu Babi terbagi atas 950 spesies yang tersebar dari daerah perairan pantai dangkal hingga 5000 meter. Bulu Babi dapat ditemukan di sepanjang pesisir pantai Indonesia yang bersuhu hangat, atau di celah-celah karang terjal.

Bulu Babi merupakan hewan omnivora yang menyukai perairan pasang surut bersuhu hangat. Bulu Babi memangsa ganggang laut, rumput laut, kerang, dan ikan-ikan mati di lautan. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, Bulu Babi menggunakan kaki semu diantara durinya atau memanfaatkan pergerakan ombak.

Hewan yang juga dikenal dengan nama Landak Laut ini termasuk hewan yang cukup ditakuti karena di dalamnya durinya tersimpan bisa yang mematikan. Karena bentuknya yang unik banyak wisatawan pantai yang memegangnya secara langsung tanpa mempertimbangkan bahayanya. Efek racun setelah tertusuk Bulu Babi biasanya hanya nyeri otot, lemas, dan syok. Namun pada kasus yang parah dapat berujung pada kematian.

Mengobati Sengatan Bulu Babi

(Instagram/@bluemarine73)

Duri-duri yang ada pada Bulu Babi cukup rapuh dan mudah patah. Setelah menusuk kulit, biasanya duri Bulu Babi akan patah dan menyebarkan racunnya. Yang harus diperhatikan setelah tertusuk Bulu Babi adalah tidak panik. Kepanikan akan membuat tubuh anda bergerak lebih gaduh yang justru mempercepat penyebaran racun ke area tubuh lainnya.

Rendam bagian tubuh yang tertusuk duri Bulu Babi selama 30-90 menit untuk meredakan sedikit rasa sakit dan melunakkan duri yang menancap. Setelah itu kemudian ambil duri dengan hati-hati, bila perlu gunakan pinset untuk lebih memudahkan. Ketika duri sudah berhasil tercabut, selanjutnya cuci dan bilas bagian yang tertusuk dengan air bersih untuk menghindari infeksi.

Masalah besar yang biasanya terjadi adalah duri Bulu Babi yang pecah di dalam kulit. Sehingga penting untuk mencabut duri tersebut dalam kondisi utuh. Segera cari pertolongan medis jika duri terlalu sakit untuk dilepaskan. Selain itu anda juga harus memeriksakan kondisi ke dokter jika terjadi nyeri otot parah, pembengkakan akibat infeksi, dan rasa sakit tak kunjung sembuh setelah tiga atau empat hari setelah tertusuk duri.

Manfaat Bulu Babi

(Instagram/@alam.a.l)

Meskipun termasuk binatang yang berbahaya, dengan pengolahan yang tepat ternyata Bulu Babi memiliki banyak manfaat. Bulu Babi memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, bahkan disebut-sebut lebih tinggi dari telur. Para ahli menyarankan jika suatu saat daging ikan sudah mulai sulit ditemukan, daging Bulu Babi bisa digunakan untuk alternatif memnuhi kebutuhan protein tubuh.

Selain itu masih terdapat banyak manfaat lain dari Bulu Babi, beberapa diantaranya yaitu memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, dapat meningkatkan sistem imun, rendah kalori, dan meningkatkan gairah seksual.

Dapatkan ulasan menarik tentang bulu babi dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar