Suka Bersepeda Keliling Indonesia? Sesekali Cobalah Rute-Rute Ini

Bosan dengan rute bikepacking yang itu-itu saja, cobalah beberapa rute ini, dijamin kegiatan bikepackingmu menjadi lebih menyenangkan.

Ditulis Oleh Ahmad Nursani

ketika melakukan bikepacking, bawalah barang seminimal mungkin. Sumber foto

Traveling menggunakan sepeda mungkin belum terlalu populer di Indonesia. Namun, tercatat ada beberapa orang asal Indonesia yang berkeliling Indonesia dengan menggunakan sepeda. Apalagi jika harga pesawat sedang tinggi biasanya traveler cenderung mencari transportasi alternatif yang lebih murah termasuk sepeda.

Bagi kalian yang suka bersepeda, sesekali cobalah beberapa rute mengesankan ini.

Pulau Bali

Gilimanuk -> ±98 km -> Tabanan -> ±52 km -> Kuta -> ±15 km -> Sanur -> ±42 km -> Padang Bai -> ±67 km -> Tianyar -> ±84 km -> Buleleng -> ±75 km -> Gilimanuk

Tak ada yang meragukan keindahan Pulau Bali, yang tersohor hingga mancanegara. Sensasi tersendiri saat menjelajahi rute sepanjang lebih dari 400 km mengelilingi pulau eksotik tersebut di atas sepeda. Kontur bervariasi antara tanjakan, turunan dan jalan datar, berpadu pemandangan alam menakjubkan, menjanjikan pengalaman bersepeda yang sensasional.

Salahsatu tantangan adalah ketika menempuh rute antara Gilimanuk dan Tabanan di pesisir selatan, juga antara Buleleng dan Gilimanuk di pesisir utara. Etape tersebut ditempuh di tengah bagian Taman Nasional Bali Barat, yang mayoritas berupa tanjakan dan turunan di tengah hutan. Namun, keindahan Pantai Kuta dan Sanur, juga panorama alam Buleleng yang memikat, membuat tantangan tersebut seolah tak berarti.

Untuk kamu yang suka downhill, berani coba taklukan gunung-gunung ini? klik di sini

Bandung-Pangandaran

Bandung -> ±31 km -> Cicalengka -> ±41 km -> Malangbong -> ±27 km -> Rajapolah -> ±41 km -> Karangkamulyan -> ±36 km -> Banjarsari -> ±53 km -> Pangandaran

Rute sepanjang sekitar 230 km ini melewati barisan pegunungan di wilayah Priangan Timur. Mayoritas berupa turunan, meski di beberapa titik terdapat jalan menanjak yang cukup terjal. Situasi lalulintas yang ramai dengan kendaraan besar, memberikan tantangan tersendiri. Namun keindahan Pantai Pangandaran bisa jadi motivasi kuat untuk menuntaskan perjalanan.

Sejak memulai perjalanan, bikepacker langsung disuguhi dengan ‘persaingan’ menghadapi arogansi kendaraan bermotor, meski kontur jalan relatif datar. Tanjakan mulai ditemui di Cicalengka hingga Nagreg. Kemudian trek menurun berkelok menjadi menu selanjutnya, hingga Rajapolah.

Rute antara Rajapolah dan Karangkamulyan masih didominasi trek datar dan cenderung membosankan. Kejenuhan dapat dihilangkan saat beristirahat di Karangkamulyan. Terdapat deretan warung dan situs petilasan purba Ciung Wanara yang bisa dikunjungi.

Menuju Banjarsari, kita dihadapkan dengan jalan yang agak rusak. Juga tanjakan-tanjakan cukup berat. Mendekati gerbang masuk Karang Nini, kontur jalan makin berat dan sempit, dan berada di tengah hutan. Namun, selepas itu, jalanan menurun dan datar sampai akhirnya tiba di Pantai Pangandaran.

Ternyata ada juga event wajib yang kamu datangi jika kamu seorang pecinta sepeda, apalagi sepeda onthel. Klik di sini

Malang-Bromo

Malang -> ±26 km -> Gubuk Klakah -> ±16 km -> Ranu Pane -> ±19 km -> Bromo

Rute yang pendek, hanya sekitar 60 km. Namun, kebanyakan berupa tanjakan terjal. Jalan menanjak bahkan sudah dimulai sejak meninggalkan pusat kota Malang menuju Gubuk Klakah. Di etape ini, kita bisa menikmati apel Malang yang segar dari para penjual di pinggir jalan.

Sebaliknya, di etape yang menempuh jarak sekitar 16 km antara Gubuk Klakah dan Ranu Pane, sangat jarang ditemui warung dan pedagang makanan. Rute yang melewati Ngadas dan Jemplang ini, semuanya berupa tanjakan terjal. Kecepatan maksimal sepeda adalah 5 km per jam, bahkan sebagian harus ditempuh dengan mendorong sepeda. Trek menurun baru ditemui ketika mendekati Ranu Pane.

Meski begitu, keindahan Gunung Bromo menjadi bonus sepadan setelah berjuang meniti rentetan tanjakan. Rute ini sangat ideal bagi goweser pencinta uphill.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BIKEPACKING, tulisan lain Ahmad Nursani

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post