Makin Canggih, Bandara Changi Akan Terapkan Teknologi Deteksi Wajah untuk Cari Penumpang Hilang

Anda melakukan check in sendiri menggunakan teknologi biometric. (Foto/www.opengovasia.com)

Bandara Internasional Changi Singapura tengah menguji teknologi baru untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan.

Selama ini, Bandara Changi mendapatkan laporan adanya keterlambatan penumpang hingga penumpang hilang. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Bandara Changi menerapkan teknologi deteksi wajah menggunakan teknologi biometric.

teknologi-pengenalan-wajah-changi

Anda melakukan check in sendiri menggunakan teknologi biometric. (Foto/www.opengovasia.com)

 Baca juga: Resort World Sentosa berikan promo bermalam 3D2N hanya 3,7 juta

“Kami memiliki banyak laporan tentang penumpang yang hilang … jadi salah satu kemungkinan solusi yang dapat kami pikirkan adalah, kami perlu mendeteksi dan menemukan orang-orang yang berada di penerbangan. Tentu saja, dengan izin dari maskapai penerbangan, ” ujar Kepala Bagian Informasi Bandara Internasional Changi, Steve Lee dilansir dari Routers.

Teknologi deteksi wajah Changi ini dianggap lebih efektif untuk mengatasi masalah keterlambatan penumpang atau pun penumpang hilang.

Nantinya, teknologi canggih tersebut akan dipasang di tiang lampu yang terhubung dengan perangkat lunak. Namun, ide cerdas tersebut menimbulkan kekhawatiran terkait privasi penumpang.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Steve Lee menjelaskan bahwa teknologi pengenalan wajah di Bandara Changi ini digunakan sebagai solusi pemecahan masalah, bukan mengawasi gerak-gerik penumpang.

Teknologi pengenalan wajah Bandara Changi ini akan digunakan untuk mencocokkan wajah penumpang yang tertangkap layar kamera dengan database mereka.

Perusahaan Cina, Yitu mengatakan kepada Reuters bahwa rancangan teknologi pengenalan wajah Bandara Changi tersebut mengklaim mampu mengidentifikasi lebih dari 1,8 miliar wajah dalam waktu kurang dari 3 detik.

Baca juga: Wujud Terminal 4 Changi yang ramai jadi perbincangan banyak orang

Sekarang ini, teknologi pengenalan wajah pun sudah diterapkan di T4 Bandara Changi. Di sana, teknologi tersebut dapat ditemukan di Automated Check-In Kiosks (ACK), Automated Bag Drop (ABD), Automated Immigration Gate (AIG) dan Automated Boarding Gate (ABG).

Dengan diterapkannya teknologi pengenalan wajah tersebut berarti akan lebih sedikit lagi antrean dan lebih sedikit staf bandara atau keamanan yang terlihat. Selain itu, bandara pun lebih mudah memprediksi kedatangan maskapai penerbangan dengan lebih cepat.

Dapatkan ulasan menarik tentang Singapura dan tulisan Lain dari Echi

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar