Aturan Baru Pendakian 2018 yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung

Sudah ada rencana akan mendaki gunung apa di tahun 2018? Semeru, Rinjani atau Gede Pangrango? Baca dulu aturan baru pendakian di tahun 2018 ini.

Ditulis Oleh Echi


Sudah ada rencana untuk naik gunung di tahun ini? Kira-kira gunung mana yang akan didaki? Gunung Semeru, Gede Pangrango, atau Rinjani? Jika salah satu dari ketiga gunung tersebut masuk dalam list pendakian tahun ini, sebaiknya simak ulasan kami tentang aturan baru pendakian 2018.

Gunung Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru telah memberlakukan aturan baru. Per Oktober 2017, TNBTS mewajibkan semua pendaki untuk melakukan pendaftaran online. Semua syarat yang dibutuhkan harus dilengkapi. Biaya pendaftarannya pun bisa dibayarkan melalui transfer bank.

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango memang sudah memberlakukan peraturan simaksi online sejak lama. Yang terbaru, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mewajibkan semua pendaki untuk melakukan cek kesehatan di klinik resmi Edelweis.

Gunung Marapi, Sumbar

Berbeda lagi dengan Gunung Marapi. Gunung di Sumatera Barat yang berada di Kab. Agam ini membatasi usia pendaki yang akan naik gunung Marapi. Hanya mereka yang telah berusia minimal 17 tahun yang dibisa melakukan pendakian. Selain aturan tersebut, ada juga perlengkapan wajib yang harus dibawa. Apabila melanggarnya, para pendaki akan dimasukan ke dalam daftar hitam pendakian Gunung Marapi, Sumbar.

Gunung Rinjani

Primadonanya gunung-gunung di Indonesia ini pun telah membuat aturan baru untuk menertibkan para pendaki. Per 1 April 2018, Gunung Rinjani mewajibkan semua pendaki untuk melakukan pendaftaran online melalui situs resminya atau aplikasi booking online eRinjani yang bisa di-download di play store.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PODCAST, tulisan lain Echi

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post