Arti Bunyi "Ding" di Pesawat Terbang yang Perlu Anda Ketahui

makna bunyi yang biasa terdengar melalui spekar di atas tempat duduk kabin pesawat (Foto/scholarship.in.th)

Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang gemar berpetualang dan menjelajah tempat-tempat yang baru dan jauh. Namun ketika Anda tengah menaikinya, sadarkah bahwa ada bunyi “ding” di pesawat? Sudahkah Anda memahami maknanya?

Baca Juga: Alasan Mengapa 4 Destinasi Wisata Dunia Ini Dilarang Dilintasi Pesawat

Bunyi “ding” di pesawat ini biasanya terdengar dari speaker yang berada di atas kepala Anda saat duduk di kabin pesawat.

Makna bunyi “ding” di pesawat

bunyi ¨ding¨ di pesawat

penampakan dalam kabin pesawat terbang (Foto/merahputih)

Dilansir melalui Huffington Post, bunyi “ding” di pesawat rupanya memiliki beragam jenis dan maknanya sendiri-sendiri. Bunyi tersebut rupanya merupakan kode rahasia bagi para awak kabin.

Misalnya pesawat Qantas Airways, bunyi “ding” biasanya terdengar sesaat setelah lepas landas. Suara ini sebuah kode bagi pramugari dan pramugara bahwa landing gear ditarik kembali dan sebagai tanda untuk menyalakan tanda sabuk pengaman.

Qantas menggunakan bunyi ini juga sebagai tanda peringatan bagi pramugari dan pramugara saat seorang penumpang meminta bantuan di tempat duduk mereka.

Selain itu, kombinasi bunyi “ding” disertai nada tinggi dan rendah merupakan kode suara panggilan pramugari dan pramugara kepada rekannya menggunakan telepon in-flight mereka.

Sedangkan bunyi “ding” dengan nada rendah tiga kali berturut turut merupakan tanda peringatan mendesak dari kapten.

Beda maskapai beda aturan

bunyi ¨ding¨ di pesawat

makna bunyi yang biasa terdengar melalui spekar di atas tempat duduk kabin pesawat (Foto/scholarship.in.th)

Sejatinya, masing-masing maskapai memiliki aturannya sendiri-sendiri dalam memergunakan bunyi “ding” tersebut. Contohnya saja pada maskapai udara United Airlines dan Southwest Airlines.

Kedua maskapai tersebut memergunakan bunyi “ding” sebagai tanda bahwa sabuk pengaman telah dimatikan.

Di perusahaan penerbangan lain, bunyi seperti itu mungkin mengindikasikan bahwa pesawat telah mencapai 10.000 kaki dan aman untuk menggunakan perangkat elektronik.

Baca Juga: Memprihatinkan, Inilah yang Terjadi Ketika Pesawat Mengalami Turbulensi

Namun bisa juga berarti bahwa pesawat segera mendarat dan awak kabin harus mulai memastikan penumpang dalam keadaan siap mendarat.

Yang jelas, bunyi “ding” bukanlah sesuatu hal yang membahayakan dan tak perlu khawatir bila Anda mendengar bunyi tersebut ketika tengah berada di dalam pesawat.

Dapatkan ulasan menarik tentang pesawat dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar