7 Aktivitas Wisata Unik yang Bisa Dilakukan di Destinasi Wisata Mainstream Indonesia

Selain berfoto, Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata. Dari menunggangi gajah, bermain panahan, sampai menyewa pakaian khas.

Ditulis Oleh Faiz Abi

Indonesia memang terkenal dengan keindahan destinasi-destinasi wisatanya yang tak ada habis-habisnya. Dari Sabang sampai Merauke mempunyai daya tarik sendiri untuk dikunjungi. Tapi, jika Kamu berkunjung ke tempat wisata, apa yang Kamu lakukan? Kalau hanya ingin berfoto rasanya sudah terlalu mainstream, karena sekarang berfoto sudah termasuk salah satu kebutuhan manusia sepertinya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas wisata di berbagai tempat wisata yang lebih asyik daripada berfoto.

Berlibur ke tempat wisata tapi hanya datang-foto-pulang, akan sangat disayangkan. Kamu tak bisa menikmati apa yang ditawarkan tempat wisata tersebut. Oleh karena itu Kamu harus mencoba untuk melakukan aktivitas-aktivitas ataupun kegiatan yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata agar liburanmu tidak begitu-begitu saja.

Banyak hal selain berfoto yang bisa Kamu lakukan di tempat wisata, antara lain:

1. Menyewa pakaian khas China di Sam Poo Kong Semarang

aktivitas wisata

Pakaian ala China di Sam Poo Kong. Sumber foto.

Selain Lawang Sewu, Semarang juga mempunyai tempat wisata yang tak kalah keren, yaitu klenteng Sam Poo Kong. Klenteng petilasan Laksamana Cheng Ho ini dibangun dengan megah dan cocok untuk dijadikan spot foto bila Kamu berkunjung ke Semarang.

Di Sam Poo Kong Kamu tak hanya mempelajari tentang sejarah Laksama Cheng Ho saja, Kamu juga dapat menyewa pakaian khas Tiongkok di dekat loket gerbang utama. Tapi tentu Kamu harus membayarnya. harga yang ditawarkan mulai dari Rp 100.000,- dan tersedia dalam beberapa ukuran dari anak-anak sampai ukuran orang dewasa. Jika Kamu tidak membawa kamera, Kamu dapat menyewa seorang fotografer untuk membantumu memotretmu dan mengabadikan momenmu di Sam Poo Kong.

2. Menunggangi gajah di Borobudur

aktivitas wisata

Keliling Borobudur dengan gajah. Sumber foto.

Candi Borobudur, salah satu candi yang masih berdiri kokoh di kawasan Kecamatan Borobudur, sekitar 3 km dari Kota Mungkid, Magelang, sejak abad ke-8 hingga kini. Kalian yang belum pernah ke Borobudur mungkin akan berfikir bahwa yang bisa kalian lakukan hanya berjalan menyusuri setiap tingkat punden berundak yang dihiasi batuan relief, berfoto dengan stupa raksasa, namun sepertinya terlalu tergesa-gesa jika kalian berpikir demikian.

Di kawasan Borobudur ternyata kita bisa menyewa gajah untuk ditunggangi. Gajah yang dapat disewa adalah gajah yang sudah berumur dan memiliki ukuran tubuh yang besar. Gajah yang kulihat memiliki tinggi sekitar 2 meter, lebar 1,5 meter, dengan belalai menjuntai panjang hingga 1 meter.

Gajah ini sangat kalem,tak begitu banyak bersuara. Kita bisa berputar-putar di kawasan Borobudur dengan santai sambil menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan.

3. Berenang bersama hiu di Karimunjawa

aktivitas wisata

Ngeri tapi seru. Foto oleh radenbudy.

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata pantai yang istimewa. Air hijau dikelilingi pasir putih menambah keindahan pulau impian sejuta umat ini. Karimunjawa juga menjadi salah satu spot snorkeling terbaik yang ada di Indonesia.

Tapi jika Kamu hanya melalukan snorkeling atau diving saja, itu sudah menjadi hal yang sangat biasa untuk dilakukan di Karimunjawa. Padahal Kamu bisa melakukan hal-hal lainnya yang jauh lebih menarik dan jarang orang tahu, misalnya berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar. Di sana terdapat spot khusus untuk para turis bisa dekat dengan para hiu dan berenang bersama. Meskipun sedikit ngeri, tapi pengalaman ini balalan jadi hal yang paling berkesan jika Kamu cicipi saat mampir ke Karimunjawa.

4. Menyeberang ke Pulau Panjang dari Pantai Bandengan

aktivitas wisata

Menyeberang ke Pulau Panjang dari Pantai Bandengan. Foto oleh bilajani_lubis.

Salah satu pantai terbaik yang ada di Jawa Tengah adalah Pantai Bandengan di Jepara. Air di pantai Bandengan ini sangat bagus dan jernih ketika musim kemarau tiba, karena ketika musim penghujan air di pantai ini berubah menjadi coklat keruh dan sangat tidak enak dilihat. Meski begitu, pemandangan sekitar pantai tetap bisa Kamu nikmati meski airnya sedang keruh.

Selain airnya yang jernih, pasir di Pantai Bandengan juga putih dan tidak kalah dengan pantai-pantai di Indonesia Timur. Selain menikmati Pantai Bandengannya saja, Kamu juga bisa menyeberang ke sebuah pulau di Jepara, namanya adalah Pulau Panjang. Pulau Panjang juga tak kalah dengan Pantai Bandengan karena memiliki air dan pasir yang sama-sama jernih dan enak untuk dilihat, bahkan untuk tiduran di sana.

Pantai Bandengan juga sudah menyediakan beberapa water sport seperti jetski, banana boats, dan perahu kano. Tidak kalah kan dengan pantai di Bali?

5. Bermain panahan di Candi Prambanan

aktivitas wisata

Aktifitas seru yang bisa Kamu lakukan di Prambanan. Foto oleh faizabi/Phinemo.com

Ketika mendengan Candi Prambanan, apa yang ada dibenakmu? Sendratari? Di Candi Prambanan memang terkenal dengan Sendratari Ramayana yang menceritakan sejarah pewayangan. Selain itu, tentu Kamu juga dapat berkeliling candi untuk menikmati peninggalan bersejarah ini. Kamu juga bisa berfoto-foto di setiap sudut candi.

Tapi selain berkeliling dan menikmati candi, Kamu juga bisa menjajal serunya olahraga panahan. Memang masih tergolong baru di kawasan Candi Prambanan karena baru dibuka sejak November 2016. Panahan di kawasan Candi Prambanan ini akan memberikanmu pengalaman bagaimana serunya Kamu menjadi Arjuna ataupun Robinhood. 

Jangan khawatir kalau Kamu belum pernah memanah sebelumnya. Kamu akan dilatih oleh pemandu yang ada di sana dari cara memegang busurnya sampai cara menembakkan anak panahnya.

6. Mengetahui sejarah bangunan tua di Kota Lama

aktivitas wisata

Memperkenalkan Gedung Pabrik Rokok di Kota Lama. Foto oleh tim Phinemo.com

Kota Lama di tiap kota memang menhadirkan berbagai macam cerita. Begitu juga yang ada di Semarang. Kota Lama Semarang menjadi pusat untuk menghabiskan hari bagi pemuda-pemudi di Kota Semarang. Di sana Kamu bisa berfoto dan membeli pernak-pernik yang unik dan klasik, seperti telefon zaman dulu, cermin, lampu, dan koin-koin mata uang zaman dulu.

Jika berfoto dan membeli pernak-pernik seperti itu sudah Kamu anggap sebagai hal biasa, berarti Kamu harus mencoba berkeliling Kota Lama untuk mengetahui sejarah bangunan-bangunan yang ada dengan berjalan kaki. Menjadi sebuah aktifitas mingguan dari sebuah tour operator bernama Bersuka Ria Walking Tour. Setiap minggunya Kamu akan diajak berkeliling di Kota Lama dan akan diperkenalkan dengan bangunan yang ada di setiap sudut Kota Lama.

Tak hanya di Kota Lama, Bersuka Ria Walking Tour juga membuka perjalanan di berbagai tempat di Semarang, seperti Kampung Pelangi, Kauman, dan Chinatown Semarang. Jika Kamu membawa rombongan, Kamu bisa request rute yang Kamu inginkan untuk dijelajahi. Jadi liburanmu di Kota Lama tak hanya sekedar foto-foto dan membeli pernak-pernik.

7. Melihat kawanan kelelawar di Kepulauan Komodo

wisata anti mainstram

Pulau Kalong. Sumber foto.

Pengalaman ke Pulau Komodo itu beragam. Bukan hanya walking tour untuk menemukan Komodo saja. Di Pulau Kalong Komodo, Kamu juga bisa merasakan pengalaman seru lainnya yaitu menyaksikan kawanan kelelawar singgah ke sarang saat matahari mulai terbenam.

Kamu hanya perlu menyewa kapal untuk bisa menikmati pengalaman ini. Jangan lupa bawa rombongan biar sewanya murah.

Next Post