Sidebar

Berencana Liburan ke Makassar? Wajib Jaga Kebersihan!

Kota Makassar baru saja meraih penghargaan adipura, selama 3 tahun berturut-turut. Jika Kamu ingin liburan ke sini, wajib jaga kebersihan ya!

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Abi

Monumen Adipura Makassar tahun 2013. Sumber foto.

Ibukota Sulawesi Selatan, Makassar kembali meraih penghargaan atas kota terbersih, yaitu penghargaan Adipura. Makassar meraih Adipura ini 3 tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Rabu (2/8). Saat dikonfirmasi tim Phinemo, setelah mendapatkan penghargaan, target walikota Makassar, Ramdhan Pomanto berikutnya adalah menumbuhkan rasa ‘adipura’ di hati seluruh orang yang ada di Makassar dan mengubah konsep membersihkan kota menjadi menjaga kebersihan kota.

Gerakan kebersihan kota Makassar sudah dimulai dari 2014 dan melibatkan seluruh masyarakat dan diperkuat oleh sistem kebersihan kota Makassar, seperi satgas kebersihan dan satgas drainase. Selain itu Makassar juga mengembangkan sistem pengangkutan sampah yang baik dan pembenahan TPA, sehingga TPA-pun terlihat bersih dan rapi.

Nah, dengan kondisi kota yang bersih, akan menjadi nilai lebih untuk menarik turis agar berlibur ke Makassar. Dengan kondisi yang bersih pula, turis-turis ini akan merasa nyaman dan betah.

Banyak destinasi-destinasi kota yang bisa dijadikan objek wisata Kamu, ini beberapa di antaranya:

#1. Fort Rotterdam

Sebagai ikon wisata sejarah di Makassar, Fort Rotterdam cocok untuk refreshing dan menambah wawasan

Di sini Kamu akan menemukan banyak benda peninggalan zaman dulu, seperti berbagai alat pertanian, penggilingan padi, pakaian adat daerah, peninggalan dalam bentuk gulungan, dan masih banyak yang lain. Semuanya bisa dilihat di sini.

Tempat ini dibuka setiap hari, pukul 08.00-18.00 WIT. Tidak dipungut biaya sama sekali jika mampir kesini, kecuali kalau kamu masuk ke museumnya.


Lokasinya ada di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar.


#2. Jalan Somba Opu

Liburan ke Makassar wajib mampir tempat ini untuk berburu buah tangan. Sumber foto.

Disini Kamu bisa beli oleh-oleh khas Makassar nih. Ibaratnya, ini adalah Malioboro-nya Makassar. Paling menarik dan banyak diburu para traveler adalah aksesoris emas dan perak dengan kualitas tinggi, namun harga ramah di kantong.

Paling enak kalau berjalan kaki disini sore-sore. Dengan udara yang bersih dan tidak terlalu panas, kamu bisa menikmati jajanan-jajanan yang ada di sepanjang jalan.


Lokasinya ada di Jl. Somba Opu, Kelurahan Maloku, Kec. Ujung Pandang, bagian barat Kota Makassar


#3. Masjid Terapung Makassar

Masjid terapung ini dekat dengan Pantai Losari. Sumber foto.

Masjid ini bernama Masjid Amirul Mukminin. Selain tempat beribadah, masjid ini juga dijadikan tempat wisata di Makassar dan menjadi ikon religi di Makassar.

Masjid ini juga terkenal sebagai masjid terapung pertama di Asia Tenggara. Berkunjung ke sini paling bagus ketika menjelang sholat Maghrib, karena kamu akan melihat pemandangan sunset yang istimewa.


Lokasinya ada di dekat Pantai Losari, Jl. Penghibur No. 289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar.


#4. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar adalah taman hiburan indoor terbesar ke-2 di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Sumber foto.

Trans Studio Makassar menjadi Trans Studio terbesar ke-2 di Indonesia. Magic thunder coaster yang memacu adrenalin serta menegangkannya wahana rumah hantu “Dunia Lain” yang tak pernah sepi dari teriakan histeris pengunjung wajib Kamu coba.

Tempat wisata ini beroperasi pukul 10.00-22.00 WIT.


Lokasinya ada di Jl. HM Daeng Patompo, Metro, Tanjung Bunga, Kota Makassar.


#5. China Town

Rasakan suasana akulturasi budaya di China Town Makassar. Sumber foto.

China Town di Makassar sebenarnya nggak berbeda jauh dengan China Town di kota lain. Ada banyak bangunan tua bergaya Tiongkok di sini seperti Gedung Akademi Perpajakan atau juga Klenteng Ibu Agung Bahari.

Kalau ingin berkunjung tempat wisata ini, sebaiknya bersamaan dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh karena ada event tahunan yang super ramai!


Lokasinya ada di 400m dari Lapangan Karebosi pusat Kota Makassar, dan nggak jauh dari Fort Rotterdam dan Pantai Losari.

Nah jika kamu berlibur ke Makassar, jaga sikap ya dengan membuang sampah pada tempatnya. Bayangin aja kalau di salah satu wisata tersebut dipenuhi sampah. Pasti bakalan sepi kan? Itu juga nggak berlaku cuma di Makassar sih, di manapun berada, Kamu harus menjaga kebersihan tempat.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Penemu Benua Australia Adalah Pelaut Makassar Saat Pelayaran Marege

Amatoa Resort Tanjung Bira Makassar, Hotel Mewah di Atas Tebing Batu

3 Cemilan Khas Makassar yang Menjadi Favorit Presiden BJ Habibie

Calendar of Event Wonderful Indonesia 2019 Provinsi Sulawesi Selatan Diluncurkan

Budget Travel: Wisata Budaya Tana Toraja

Inilah Jalur Pendakian Gunung Latimojong yang Perlu Kamu Tahu

FALLBACK
The END