Istimewanya Penyetan Mas Kobis, Surga Tersembunyi Kuliner Jogja

Bukan sekadar digeprek atau dimemarkan, di Penyetan Mas Kobis Anda bisa menyantap lauk penyetan yang digilas bersama sambal dan cabai yang Anda pesan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Warung penyetan Mas Kobis adalah salah satu dari sekian banyak warung penyet di Yogyakarta yang menawarkan sensasi pedas sebagai ciri khasnya. Sekilas tempatnya mirip dengan warung tenda pinggir jalan biasa, ukurannya tak besar. Tapi jangan diremehkan karena Warung Penyetan Sambal Bawang Mas Kobis tak pernah sepi pengunjung.

Penyetan ini jadi pilihan pecinta kuliner pedas. Foto oleh jogjaculinary

Penyetan Mas Kobis terkenal paling legendaris

Penyetan Sambal Bawang Mas Kobis ada sebelum istilah geprek dan penyet muncul di kalangan pecinta kuliner. Warung ini sudah ada sejak tahun 1998 di mana menu dan cita rasanya tak pernah berubah sedikitpun.

Bukan sekadar digeprek, di sini Anda bisa menyantap lauk penyetan yang digilas bersama sambal dan cabai yang Anda pesan. Tingkat kepedasan bisa dipesan sesuka hati, mulai dari level ‘cupu’ hingga level dewa.

Baca juga: 9 Tempat Kuliner Jogja yang Pasti Membuat Ketagihan

Di Penyetan Mas Kobis, Sambalnya bisa request sesuai keinginan. Foto oleh jogjabikinlaper

Layaknya warung penyet lainnya, Anda bisa pilih sesuka hati, mulai dari ayam, lele, terong, ikan, telur, tahu, atau pun tempe.

Yang tak boleh terlewat dari penyetan Sambal Bawang Mas Kobis adalah kol gorengnya yang rasanya gurih. Iya, kol goreng inilah yang menjadi ciri khas warung ini.

Baca juga: Soto Sumsum Omah Mariam, Terbesar dan Terpanjang di Yogyakarta

Lokasi mudah dijangkau dengan harga mahasiswa

Jika Anda penggemar kobis Anda bisa merasakan penyetan dengan kobis goreng yang gurih di sini. Foto dari IG dailymakanjogja

Penyetan legendaris ini berada di jalan kecil timur Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) atau lebih tepatnya di Jalan Alamanda, Depok, Sleman. Tempatnya cukup tersembunyi tapi mudah dijangkau.

Sekarang kedai ini sudah banyak membuka cabang, Anda bisa menemui banyak sekali Kedai Sambal Bawang Mas Kobis di sudut-sudut Yogyakarta tapi jika ingin merasakan tempat awal berdirinya lebih baik cicipi penyet ini di kawasan Kampus UNY.

Soal harga, Anda tidak usah khawatir karena seporsi menu di Warung penyetan Mas Kobis dihargai mulai dari Rp12 ribu-an saja. Bisa tambah mahal jika Anda memilih lauk yang beragam. Kedai ini buka pada pukul 11 pagi hingga 11 malam.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU