7 Dinosaurus yang Dipercaya Hidup Bersembunyi di Bumi

Dinosaurus yang dipercaya hidup bersembunyi di bumi (ec.europa.eu).

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purba yang masuk dalam golongan Dinosaurisa. Muncul pertama kali pada Periode Trias 230 juta tahun lalu, Dinosaurus menjadi penghuni utama bumi sampai Periode Kapur sebelum akhirnya mengalami kepunahan massal. Penyebab utama kepunahan massal Dinosaurus pun masih menjadi perdebatan dikalangan para arkeolog hingga kini.

Terlepas dari semua itu, masih banyak yang mempercayai bahwa terdapat beberapa jenis dinosaurus yang berhasil selamat dari tragedi kepunahan masaal dan hidup bersembunyi di hutan-hutan lebat bumi. Beberapa bahkan telah berkembang menjadi makhluk mitologi masyarakat lokal. Berikut ini disajikan beberapa dinosaurus yang dipercaya masih hidup.

1. Mokele Mbembe

(fineartamerica.com)

Suku pedalaman di Kongo pernah bersaksi melihat sosok reptil raksasa berleher panjang yang memakan dedaunan. Makhluk tersebut oleh masyarakat setempat diberi nama dengan Mokele Mbembe, yang berarti “dia yang membuat arus sungai berhenti“. Berdasarkan penggambaran ini, para ahli menduga Mokele Mbembe merupakan sejenis Brachiosaurus.

2. Nguma Monene

(fineartamerica.com)

Masyarakat Kongo sempat dihebohkan dengan penampakan reptil raksasa mirip buaya dengan sirip punggung setengah lingkaran yang menonjol. Saksi mata lain pernah mendapati makhluk ini membunuh kuda nil raksasa di sungai dengan meninggalkan luka gigitan besar. Berdasarkan penggambaran ini, para ahli mengatakan bahwa reptil tersebut sangat mirip dengan Spinosaurus.

3. Kongamato

(express.co.uk)

Kongamato menjadi makhluk mitologi di Kongo, Angola, dan Zambia. Menurut keterangan saksi mata, Kongamato sangat identik dengan Pterodactyl yang merupakan reptil terbang pemakan daging. Memiliki moncong panjang dengan gigi yang tajam.

4. Muhuru

(dkfindout.com)

Muhuru pernah dijumpai di Kenya. Menurut saksi mata, Muhuru memiliki tubuh yang besar penuh duri dengan ekor yang seperti tinju. Berdasarkan ciri fisik tersebut, Muhuru diduga merupakan sejenis Ankylosaurus yang telah punah sejak 150 juta tahun lalu.

5. Mahamba

(pinterest.com)

Mahamba merupakan makhluk yang mirip dengan buaya, namun lebih besar dan berjalan menggunakan dua kaki yang mendiami sungai-sungai di Kongo. Berdasarkan keterangan tersebut, sangat mirip dengan ciri fisik Dienosuchus yang telah punah sejak era Cretaceus jutaan tahun lalu. Mkhluk ini adalah predator paling berbahaya pada masanya.

6. Ngoubou

(fr.wikipedia.org)

Penampakan Ngoubou terlihat di padang savana Kamerun. Ciri fisiknya mirip dengan badak, memiliki tanduk tunggal di ujung kepala. Ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dengan perisai di belakang kepalanya. Saksi mata mengatakan bahwa makhluk ini sangat pemarah, bahkan pernah bertarung dengan Gajah. Para ahli berpendapat bahwa Ngoubou adalah sejenis Triceratops.

7. Mbielu-Mbielu

(sci-news.com)

Mbielu-Mbielu disebutkan pernah terlihat di pedalaman Kongo dengan wujud menyerupai reptil raksasa dengan punggung seperti gigi taring. Masyarakat yang mengaku melihatnya langsung menyebutkan bahwa makhluk ini memakan dedaunan. Bukan buaya, Mbielu-Mbielu lebih mirip Stegosaurus yang telah punah.

Dapatkan ulasan menarik tentang dinosaurus dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....