7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Hutan Indonesia

Sudah sejak lama Indonesia dikenal sebagai rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan tropis. Bersama-sama, tumbuhan dan hewan tersebut menjaga keseimbangan ekosistem alam yang menopang kehidupan manusia. Tak banyak yang tahu, Indonesia juga merupakan rumah bagi beberapa spesies purba yang telah ada sejak jutaan tahun lalu.

Keberadaan hewan purba ini dapat ditemui di beberapa wilayah hutan di Indonesia. Pemerintah Indonesia memberikan perhatian khusus agar hewan-hewan purba ini tetap lestari di alam. Berikut adalah beberapa spesies hewan purba yang masih hidup di Indonesia.

1. Komodo (Varanus komodoensis)

(Tribunews.com)

Komodo merupakan jenis reptil purba terbesar di dunia yang endemik dari kepulauan Nusa Tenggara Timur. Komodo diduga berasal dari Genus Varanus yang berkembang di Asia sejak 40-25 juta tahun lalu.

2. Ikan Raja Laut (Latimeria sp.)

(1843 Magazine)

Ikan Raja Laut merupakan spesies ikan purba yang telah hidup sejak Era Devonian pada 380 juta tahun lalu. Ikan ini hidup di kedalaman 180 meter di bawah permuakaan laut dengan suhu dibawah 18 derajat Celcius. Spesies ini dapat ditemui di Sumatera Utara tepatnya di Perairan Talise, Minahasa Utara dan Perairan Malalayang, Teluk Manado.

3. Ikan Arwana (Scleropagus sp.)

(trubus.news.id)

Ikan Arwana merupakan spesies ikan karnivora yang telah hidup sejak 220 juta tahun lalu. Di Indonesia, Arwana hidup di perairan yang tenang seperti Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat.

4. Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea)

(Republika)

Penyu Belimbing telah hidup sejak 100 juta tahun lalu, saat Dinasaurus masih merajai bumi. Penyu Belimbing merupakan spesies petualang, sepanjang hidupnya menjelajah perairan laut dan hanya akan kembali ke habitat aslinya untuk bertelur. Pantai Jamursba Medi dan Warmon di Utara Provinsi Papua Barat merupakan salah satu tempat bagi Penyu Belimbing untuk bertelur.

5. Buaya Muara (Crocodilus porosus)

(Tribunews.com)

Buaya Muara merupakan spesies buaya terbesar di dunia, ukurannya jauh lebih besar dari Buaya Sungai Nil di Mesir. Panjang tubuh Buaya Muara dapat mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimanatan Timur. Buaya Muara biasanya hidup di sungai-sungai Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

6. Belangkas (Familia Limulidae)

(GenPi.co)

Belangkas atau juga dikenal dengan Mimi merupakan spesies hewan purba yang telah ada sejak Era Devonian sekitar 400-250 juta tahun lalu. Belangkas dapat ditemui di kawasan hutan mangrove dan perairan dangkal di Indonesia.

7. Trenggiling (Manis javanica)

(Instagram/@traveltoparks)

Trenggiling merupakan hewan purba yang berhabitat di Pulau Jawa. Fosil Trenggiling yang ditemukan menujukkan bahwa hewan ini telah ada sejak Era Oligosen dan Miosen. Trenggiling memiliki rambut yang termodifikasi menjadi bentuk sisik besar untuk perlindungan dari pemangsanya.

Dapatkan ulasan menarik tentang hewan purba dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar