Sidebar

7 Destinasi Wisata Lokal Paling Diinginkan Setelah Pandemi Covid-19

Rilis data Booking.com (18/5/2020), sekitar 76 persen wisatawan Indonesia ingin berlibur ke destinasi wisata lokal saat pandemi Covid-19.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pandemi Covid-19 telah membuat industri pariwisata benar-benar mandek. Meskipun demikian, hasrat dan niat untuk berpariwisata dari masyarakat tidak pernah sekalipun surut. Hal ini terbukti dalam rilis data Booking.com (18/5/2020), sekitar 76 persen wisatawan Indonesia ingin berlibur ke tempat wisata lokal saat pandemi Covid-19. Angka ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya berada di 55 persen.

Prosentase diperoleh dari survei wisatawan pada Maret 2020. Mereka diminta memilih destinasi wisata yang ingin dikunjungi setelah pandemi Covid-19 selesai. Hingga Mei 2020 ini, tercatat tujuh nama destinasi wisata lokal yang menjadi favorit. Berikut diantaranya.

1. Yogyakarta

(review.bukalapak.com)

Yogyakarta atau Jogja berada di urutan pertama. Ibukota Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang dikenal sebagai pusat pariwisata paling ramai. Ada banyak destinasi wisata populer yang bisa dikunjungi di Jogja, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata kuliner. Beberapa diantaranya adalah Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Jalan Malioboro, Gunungkidul, dan berbagai Warung Gudeg.

2. Jakarta

(booking.com)

Jakarta adalah wilayah ibukota Indonesia, dimana roda pemerintahan dan perekenomian negara terus berputar. Meskipun terkadang macet dan polusi udara parah, Jakarta nyatanya tak pernah sepi peminat. Banyak destinasi wisata populer yang ada di kota ini, diantaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol, Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), dan lainnya. Infrastruktur pendukung pariwisata di sini juga terbilang sangat lengkap.

3. Ubud

(klook.com)

Ubud adalah sebuah kota di bagian tengah Provinsi Bali. Sejak lama, Ubud dikenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional khas Bali. Pesona alam Ubud dikelilingi oleh hutan hijau tropis dan persawahan terasering yang memukau mata. Banyak berdiri pura-pura batu yang menjadi tempat peribadatan umat Hindu Bali. Gunung Kawi adalah yang paling unik, karena pura ini diukir di tebing batu cadas, layaknya Petra di Yordania.

4. Bandung

(yirostours.com)

Bandung sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat memang cukup lama dikenal sebagai salah satu pusat industri pariwisata. Keberadaannya sudah sangat populer sejak era kolonial, tak heran jika banyak bangunan Belanda yang berdiri berjejer di sepanjang jalan Bandung. Udara di kota ini begitu sejuk karena berdiri di atas perbukitan dan gunung Jawa Barat. Bandung juga dikelilingi oleh wilayah hutan hijau sehingga terasa masih asri dan alami.

5. Seminyak

(escape.com.au)

Seminyak bukanlah nama kota, melainkan sebuah kelurahan di Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Seminyak dikenal sebagai tempat salah satu pariwisata di Bali. Terdapat begitu banyak pantai-pantai indah di kawasan ini, lengkap dengan berbagai fasilitas hotel mewah, spa, restoran, kafe, dan pertokoan. Beberapa pantai populer di Seminyak diantaranya yaitu Panta KuDeTa, Pantai Seminyak, dan Pantai Double Six.

6. Canggu

(mirror.co.uk)

Canggu adalah sebuah desa di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Desa ini mulai dikenal luas setelah dibukanya Deus ex Machina. Ada banyak pantai indah di kawasan ini, membentang antara Kerobokan dan Pantai Echo Beach yang sejuk. Di sekitar pantai banyak berdiri bar dan kafe makanan lengkap dengan para hipster dan gadis-gadis pantai. Wisata paling populer di Canggu yaitu Pantai Batu Bolong dan Tanag Lot.

7. Kuta

(thebalibible.com)

Kuta adalah nama dari sebuah kecamatan di Kabupaten Badung, Bali. Kuta merupakan kawasan wisata yang populer di Bali. Ombak di pantai-pantai Kuta sangat cocok untuk kegiatan olahraga selancar. Berbagai villa mewah, hotel berbintang, restoran, dan mall banyak berdiri di Kuta. Beberapa destinasi populer di Kuta diantaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Legian, 5GX Bali Reverse Bungy, dan Joger Kuta Bali.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Maison Weiner Cake Shop, Toko Roti Legendaris Tertua di Jakarta

Java Village Resort, Akomodasi Mewah Khas Ningrat Jawa di Yogyakarta

7 Tempat Nongkrong di Jogja Malam Hari dengan Alam Romantis

Greenhost Boutique Hotel, Akomodasi Unik Bertema Alam Tropis di Jogja

Adhisthana Hotel Jogja, Hotel Unik dan Murah di Jantung Kota

Pakaian Adat Bali, Dahulu Wanita Bali Tidak Pernah Memakai Atasan

FALLBACK
The END