Sidebar

7 Wisata Alam Terbaik di Sukabumi untuk Liburan Akhir Pekan

Berikut ini disajikan destinasi wisata alam terbaik di Sukabumi yang cocok untuk menjadi tujuan liburan saat akhir pekan. Rekomendasi bagi anda.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sukabumi merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang beribukota di Pelabuhan Ratu. Luas wilayah Sukabumi menjadi yang terluas kedua di Indonesia setelah Banyuwangi. Berbatasan langsung dengan kota tujuan wisata lainnya, seperti Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Cianjur. Bentang alamnya sangat beragam, tak heran jika banyak terdapat destinasi wisata alam indah di Sukabumi.

Berikut ini disajikan destinasi wisata alam terbaik di Sukabumi yang cocok untuk menjadi tujuan liburan saat akhir pekan. Rekomendasi bagi anda yang bosan dengan destinasi wisata di Jakarta atau Bogor yang itu-itu saja.

1. Pantai Ujung Genteng

(idntimes.com)

Pantai Ujung Genteng terletak di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Sangat cocok menjadi tempat untuk menenangkan diri karena memiliki nuansa alam yang alami, asri, dan jauh dari hingar bingar kesibukan perkotaan yang padat. Selain lokasinya yang sepi, pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pasir putih dan lautan biru luas. Udaranya juga sangat sejuk dan ombaknya cukup besar.

2. Puncak Darma

(travel.kompas.com)

Puncak Darma merupakan dataran tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Puncak Darma terletak di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Dari puncak ini akan terlihat pemandangan kawasan Geopark Ciletuh dari ketinggian 230 mdpl, mulai dari Teluk Ciletuh yang berbentuk Tapal Kuda, tebing-tebing persawahan, hingga pantai Geopark Ciletuh.

3. Situ Gunung

(saintd.co)

Situ Gunung adalah nama sebuah danau yang terletak di Taman Nasional Gede Parangrango, Sukabumi. Sekilas, keindahan Situ Gunung ini mirip dengan Telaga Menjer yang ada di Wonosobo, yaitu danau dengan air jernih dan dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon rindang. Masuk ke Situ Gunung akan dikenai biaya sebesar Rp 32.500. Terdapat juga Situ Gunung Suspension Bridge yang akan menyala indah saat malam tiba.

4. Curug Cikaso

(dakatour.com)

Sukabumi dikenal sebagai wilayah yang memiliki banyak air terjun atau curug, salah satunya yaitu Curug Cikaso. Berbeda dengan curug lainnya, Curug Cikaso sangat indah dan masih sangat alami dengan tiga titik curahan air dari ketinggian 80 meter dan lebar sampai 100 meter. Lokasi curug ini berada di Kampung Caniti, tepatnya di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi. Sedangkan muaranya menuju Muara Tegal Buleud.

5. Gunung Gede Pangrango

(tribunnewswiki.com)

Selain air terjun dan pesisir pantai, Sukabumi juga memiliki gunung yang sangat populer di kalangan pendaki, Gunung Gede Pangrango. Gunung ini termasuk gunung api di Pulau Jawa yang terletak diantara dua wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Total ketinggian Gunung Gede Pangrango mencapai 1.000-2.958 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pegunungan yang kaya dengan jenis flora di Indonesia.

6. Curug Larangan

(babe.news)

Satu lagi curug yang wajib dikunjungi di Sukabumi, Curug Larangan. Curug ini tersembunyi di lebatnya hutan kawasan Geopark Ciletuh. Aksesnya pun cukup sulit, terlebih saat musim hujan. Namun semua akan terbayarkan oleh pemandangan indah sepanjang perjalanan dan kesejukan curug ini saat sampai. Curug Larangan sangat besar dan deras, jadi harus hati-hati.

7. Pantai Karang Gantung

(Takjub Alam – Blogger)

Pantai Karang Gantung terletak di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Sukabumi. Selain panorama pantai pasir putih yang indah, tempat ini juga terdapat sebuah pulau karang yang sepintas terlihat seolah mengambang (menggantung di tengah lautan. Lanskap batuan karang yang unik dengan sentuhan alam telah menciptakan sebuah goa kecil yang menjadi sarang bagi walet dan camar.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Dilarang Memetik Bunga Edelweis di Gunung? Sangat Istimewa

5 Hotel Terbaik Dunia yang Ada di Indonesia, Langganan Artis Holywood

Soju Halal dari Bandung untuk Muslim yang Terinspirasi Drama Korea

Amanwana Resort, Glamping Super Mewah di Pulau Terpencil Sumbawa

Ritual Potong Rambut Gimbal Festival Dieng 2020 Digelar Virtual

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

FALLBACK
The END