Sidebar

Tips Belanja Murah di Malioboro yang Wajib Kamu Coba

Bagi kamu yang tidak terlalu pandai dalam hal tawar-menawar tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips saat berbelanja di Malioboro.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Malioboro merupakan satu dari tiga jalan utama di Kota Jogja yang membentang dari Tugu Jogja hingg Kantor Pos Yogyakarta. Malioboro merupakan destinasi wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Di Malioboro berjejer pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam oleh-oleh khas Jogja seperti kaos, batik, jajanan tradisional, dan souvenir unik lainnya.

Sebagai destinasi belanja, semua barang yang dijual di Malioboro dapat dibeli dengan harga yang terjangkau jika kamu pandai menawar. Bagi kamu yang tidak terlalu pandai dalam hal tawar-menawar tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat berbelanja di Malioboro.

  1. Menggunakan Bahasa Jawa – Bagi kamu yang bisa orang jawa gunakanlah Bahasa Jawa saat berbelanja di Malioboro. Pedagang di Malioboro biasanya cenderung memberikan harga yang lebih mahal kepada wisatawan luar Jawa.
  2. Sediakan uang receh – Saat berbelanja di Malioboro sebisa mungkin gunakan uang pas. Jika kamu menggunakan uang pecahan besar biasanya akan sulit mendapatkan kembalian. Kalau tidak kamu akan dipaksa menggenapkan belanjaan agar uang yang dibayarkan pas.
  3. Price police – Berbelanja di Malioboro dianjurkan untuk melakukan proce police yaitu membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Biasanya terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara setiap toko, pilih toko dengan harga yang termura.
  4. Kenakan pakaian sopan – Jangan sekali-kali menggunakan pakaian yang terlalu terbuka saat berbelanja di Malioboro, terutama bagi kaum wanita. Ini dimaksudkan untuk menjaga diri dari tangan-tangan jahil yang bisa mengancam keselamatan.
  5. Jangan memakai perhiasan secara berlebihan – Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga keselamatan diri. Selain itu jika anda menggunakan perhiasan secara berlebih maka pedagang akan menganggap kamu orang kaya sehingga akan dikenakan harga lebih tinggi saat berbelanja.
  6. Mulai menawar dengan setengah harga – Terkadang beberapa pedagang membanderol jualan mereka dengan harga yang terlalu tinggi. Untuk mensiasatinya kamu bisa memulai penawaran dengan separuh harga. Naikkan sedikit demi sedikit hingga kesepakatan harga tercapai.
  7. Letakkan tas dan barang bawaan di depan – Yang perlu diperhatikan bahwa Malioboro akan sangat dipadati wisatawan setiap harinya, terutama saat hari libur. Desak-desakkan sudah menjadi hal yang tak bisa terhindarkan. Saat seperti ini menjadi sangat rawan terjadi tindak kejahatan seperti pencopetan dan penjambretan. Untuk menghindarinya taruhlah tas dan barang bawaanmu di depan agar selalu dalam pengawasan.

Demikian tips-tips yang bisa dicoba saat berbelanja di Malioboro agar mendapatkan harga yang terjangkau. Tetap waspada dan selalu berhati-hati untuk menjaga keselamatan diri dan barang bawaan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Terbaik di Pantai Parangtritis Jogja, Cocok untuk Staycation Seru

5 Hotel Murah di Jalan Malioboro dengan Arsitektur Unik, Harus Coba!

5 Homestay Unik di Jogja yang Bertema Alam, Cocok untuk Staycation

Sisi Gelap Kota Jogja yang Tidak Banyak Diketahui Orang, Ngeri!

Yabbiekayu Eco-Bungalows, Penginapan Alam di Jalan Parangtritis Jogja

Awandaru Village Jogja, Surga Tersembunyi di Hutan Tropis Kota Pelajar

FALLBACK
The END