Sidebar

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor, Menguak Mitos Putus Cinta

Menurut cerita masyarakat setempat, pada sekitar tahun 1910 terdapat sepasang kekasih yang mengucap janji setia di atas Jembatan Merah ini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kebun Raya Bogor atau disebut juga Kebun Botani Bogor merupakan kawasan cagar alam seluas 87 Ha dengan lebih dari 15.000 koleksi pohon dan tumbuhan lainnya. Selain sebagai kawasan cagar alam, Kebun Raya Bogor juga menyimpan kisah sejarah panjang penjajahan Inggris Raya di Indonesia. Beberapa saksi sejarah di Kebun Raya Bogor diantaranya Monumen Olivia Raffless, Kompleks Makam Belanda, dan Jembatan Merah.

Dari semua yang menjadi saksi sejarah, yang paling menyita perhatian adalah Jembatan Merah. Konon jembatan ini merupakan titik angker yang dapat mengakibatkan siapapun mengalami putus cinta jika melewatinya dengan pasangan. Bukan sekedar isapan jempol, banyak kesaksian yang membenarkan kejadian janggal ini. Tak heran jika kemudian Jembatan Merah dijuluki sebagai Jembatan Putus Cinta.

Jembatan Putus Cinta

Menurut cerita masyarakat setempat, pada sekitar tahun 1910 terdapat sepasang kekasih yang mengucap janji setia di atas Jembatan Merah ini. Beberapa tahun berlalu dan janji setia hanyalah omong kosong, sang pria lebih memilih menikah dengan wanita lain. Karena dirundung rasa kecewa dan sakit hati yang mendalam, sang wanita akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

(Instagram/hasnachoirunnisaa)

Tragedi bunuh diri dari wanita yang patah hati sebenarnya tidak dilakukan di atas Jembatan Merah. Namun karena kenangan terakhirnya di jemabatan ini begitu membekas membuat sukmanya terikat dan tidak bisa lepas dari Jembatan Merah. Sosok wanita ini akan memberikan bisikan dan sugesti kepada setiap pasangan yang tidak serius menjalin hubungan agar mengakhiri hubungan tersebut sebelum akhirnya menyebabkan sakit hati.

Terdapat satu pesan baik yang sebenarnya ingin disampaikan oleh sosok wanita ini. Sebaiknya setiap hubungan harus diajalani dengan serius, karena janji yang telah terucap akan didengar oleh tuhan yang maha esa dan alam semesta. Jangan sampai membuat salah satu pasangan tersiksa dan merasa sakit hati karena hubungan yang dijalani tidak tulus.

Jembatan Merah sebenarnya bernama Jembatan Gantung Hulu, berdiri di atas aliran Sungai Ciliwung. Dari Jembatan Merah akan terlihat bongkahan batu besar yang tampak sangat indah. Gemerisik aliran sungai dan sejuknya udara Bogor akan membuat hati terasa tenang dan lebih nyaman. Biasanya Jembatan Merah menjadi titik swa foto paling banyak dikunjungi di Kebun Raya Bogor.

Menikmati sore hari di Kota Hujan sepertinya sangat menyenangkan. Tak perlu ribet, dengan Phinemo Marketplace jalan-jalan akan terasa lebih menyenangkan. Transaksi dijamin aman dengan fitur Dompet Bersama. Baca informasi selngkapnya di >> Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Kebun Raya Cibodas yang Kini Berusia Lebih dari 1,5 Abad

Catat, Kebun Raya Bogor Ditutup Saat May Day

Wajib Coba, Sensasi Liburan One Day Tour, Jakarta - Bogor dengan KRL

Ternyata Bogor Jauh dari Bayangan Saya Sebelumnya

FALLBACK
The END