Sidebar

6 Menu Makanan Sahur Praktis dan Berigizi untuk Anak Kos

Kentang maupun tempe yang diolah dengan cara kering, digoreng kering dengan bumbu pedas manis dapat menjadi menu makanan sahur praktis untuk sahur.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Ramadhan di tahun 1441 H/2020 M ini terasa berbeda. Pemerintah secara resmi melarang mudik sejak Jumat (24/4) lalu untuk menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19) agar tidak semakin meluas. Duka tersendiri bagi anak rantau yang bekerja jauh dari kampung halaman, karena artinya di tahun ini terpaksa harus melewati puasa dan lebaran sendiri tanpa orang tua dan sanak famili.

Meskipun demikian, asupan gizi tetap harus diperhatikan. Anak rantau yang tinggal di indekos harus menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi tinggi, terutama saat sahur. Makanan tahan lama pun dapat menjadi pilihan praktis yang dapat mengurangi intensitas keluar kos. Berikut ini dirangkum rekomendasi menu makanan sahur praktis dan bergizi tinggi untuk anak kos yang tidak bisa mudik di tengah pandemi.

1. Kering Kentang dan Tempe

Kentang maupun tempe yang diolah dengan cara kering, digoreng kering dengan bumbu pedas manis dapat awet disimpan untuk persediaan lauk saat sahur. Jika dihidangkan dengan nasi panas, menu makanan ini akan terasa tidak kalah nikmat dengan menu sahur lainnya. Agar dapat tahan lama, simpan kering kentang dan tempe dalam wadah kedap udara saat sudah dingin.

2. Rendang

Olahan daging khas Padang ini dapat bertahan hingga dua bulan jika proses penyimpanan dan pengolahannya benar. Daging harus dimasak dengan rempah-rempah hingga minyak dan kuahnya menyatu, bumbu harus benar-benar meresap. Hal ini terjadi karena rempah-rempah yang digunakan memiliki sifat antimikroorganisme. Simpan dalam wadah tertutup di lemari pendingin agar lebih awet.

3. Sambal

Sambal juga dapat menjadi lauk jika diberi tambahan berupa teri, cumi, atau tempe. Dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan segar yang mudah ditemui. Pastikan komposisi bahan-bahan yang digunakan segar dan bersih, sebab kontaminasi kotoran dapat membuat sambal menjadi cepat basi. Setelah jadi, diamkan sambal hingga dingin kemudian letakkan di dalam wadah tertutup di lemari pendingin.

4. Telur Asin

Telur asin dapat bertahan cukup lama, hal ini karena kandungan garam telah menyerap air di dalam telur. Dengan begitu, tidak ada tempat bagi bakteri untuk tumbuh. Jika disimpan di dalam suhu ruang, telur asin dapat bertahan 3-4 minggu. Telur asin dapat bertahan lebih lama lagi jika penyimpanan dilakukan di lemari pendingin.

5. Serundeng dan Abon

Serundeng merupakan olahan dari kelapa parut yang disangrai bersama bumbu, garam, dan gula. Sedangkan abon terbuat dari suwiran daging yang dimasak dengan santan dan digoreng hingga kering. Keduanya adalah lauk yang dapat bertahan lama karena diolah hingga benar-benar kering. Dapat menjadi pilihan menu sahur yang praktis dan bergizi.

6. Sarden Kalengan

Sarden kalengan menjadi menu makanan yang enak, murah, praktis, berigizi, dan tahan lama. Agar lebih menggugah selera, dapat ditambah dengan irisan cabai dan tomat. Perlu diperhatikan, saat membeli sarden kalengan ini pastikan kemasan tidak penyok, tidak berkarat, tidak ada aroma janggal, dan tanggal kedaluwarsa masih lama.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Sejarah Mudik Lebaran, Ternyata Pernah Dilarang Juga Pada Tahun 1946

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Quality Time dalam Keterbatasan

5 Hotel di Bandung yang Sediakan Layanan Delivery Makanan Berbuka

7 Menu Makanan Khas Korea yang Mudah Dimasak untuk Berbuka Puasa

7 Menu Buka Puasa dan Sahur Ala Nabi yang Bisa Anda Tiru

Surat Kuasa Pembatalan Tiket, Contoh dan Cara Mudah Menulisnya

FALLBACK
The END