Sidebar

7 Menu Buka Puasa dan Sahur Ala Nabi yang Bisa Anda Tiru

Kurma sangat dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah ganjil sebagai menu buka dan sahur. Buah ini memiliki nutrisi tinggi dan sangat baik untuk kesehatan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sebagai umat muslim sudah semestinya berusaha untuk mengikuti semua sunnah Nabi Muhammad SAW. Sebagai seorang uswatun khasanah, sudah pasti apapun yang dilakukan Nabi Muhammad SAW memiliki hikmahnya, termasuk dalam pemilihan menu untuk berbuka puasa dan sahur. Rasul memiliki beberapa menu kegemaran yang ternyata terbukti menyimpan khasiat untuk kesehatan.

Sebagian besar menu buka puasa dan sahur favorit Nabi Muhammad SAW didominasi oleh buah-buahan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa buah-buahan adalah sumber nutrisi dan kesegaran yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa menu buka puasa dan sahur ala Nabi Muhammad yang bisa anda tiru.

1. Kurma

Buah khas padang pasir ini mengandung gula alami yang dapat baik untuk tubuh dan dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Kurma sangat dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah ganjil saat berbuka maupun sahur. Buah kurma sangat baik untuk kesehatan, terlebih jenis kurma ajwa. Konon, kurma ajwa dapat menangkal sihir hitam dan racun dalam tubuh.

2. Anggur dan Kismis

Anggur adalah salah satu menu makanan yang biasa dikonsumsi Rasul saat berbuka puasa. Hal ini disebutkan dalam hadist riwayat Abu Nuai. Anggur dan bentuk olahannya seperti kismis bermanfaat untuk kesehatan jantung, paru-paru, dan hati. Selain dimakan langsung, Rasul juga menyukai olahan anggur dan kismis dalam bentuk air rendamannya yang disebut air nabeez.

3. Buah Zaitun

Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Ad Darimi, dan Tirmidzi menyebut bahwa Rasul menganjurkan konsumsi buah Zaitun karena banyak manfaat dan berasal dari pohon yang diberkahi. Hadist tersebut benar, berdasarkan penelitian dunia modern diketahui bahwa buah Zaitun bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

4. Madu

Mengonsumsi madu saat berbuka puasa dapat menjaga kadar gula dalam darah dan sangat baik untuk kesehatan. Cita rasa yang manis membuat madu sering digunakan sebagai pengganti gula dalam berbagai olehan makanan yang tentunya lebih sehat. Dengan mengonsumsi madu, selama puasa dijamin tidak akan terserang sembelit dan diare.

5. Delima

Berdasarkan QS Ar-Rahman: 86 disebutkan bahwa buah delima adalah salah satu daftar buah surga. Terdapat hadist yang menganjurkan untuk mengonsumsi delima beserta kulitnya karena sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Memang benar, buah delima mengandung banyak sekali nutrisi dan antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh. Delima menjadi salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi Rasul saat berbuka.

6. Semangka

Semangka merupakan buah yang sering dikonsumsi Rasul bersama kurma saat berbuka puasa. Hal ini tercantum dari hadist yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi. Bahkan dalam hadist yang bersumber dari Abul Abbad Al-Mustaghfiri di dalam kitab Thibbun Nabi dijelaskan semangka memiliki khasiat luar biasa untuk wanita yang sedang hamil.

7. Susu

Susu merupakan minuman yang berumber dari hewani, mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu susu sangat dianjurkan untuk menjadi minuman saat berbuka puasa maupun sahur. Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud disebutkan bahwa susu adalah minuman yang diberkahi, tidak ada makanan atau minuman lain yang dapat menggantikan melebihi susu.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel di Bandung yang Sediakan Layanan Delivery Makanan Berbuka

7 Menu Makanan Khas Korea yang Mudah Dimasak untuk Berbuka Puasa

6 Menu Makanan Sahur Praktis dan Berigizi untuk Anak Kos

Refund Tiket Pesawat Mudah? Perhatikan 3 Hal Penting Berikut Ini

Cara Refund Tiket Pesawat di Tokopedia, Mudah dan Dijamin Kembali!

Cara Refund Tiket Pesawat Online dari OTA, Mudah dan Uang Kembali!

FALLBACK
The END