5 Tren Wisata Pasca Pandemi untuk Alternatif Ide Liburan di Akhir Pekan

Berikut ini telah disajikan beberapa tren wisata pasca pandemi Covid-19 yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan, tak terkecuali pariwisata. Masing-masing negara memiliki tahap pandemi yang berbeda, ada yang telah pulih dan banyak juga yang belum. Oleh karena itu, sangat sulit diprediksi kapan dan dimana dunia pariwisata ini akan kembali normal. Namun melihat minat pariwisata masyarakat yang tinggi di masa pasca pandemi diprediksi ada pergeseran tren wisata.

Berikut ini telah disajikan beberapa tren wisata pasca pandemi Covid-19 yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

1. Pilih Destinasi Wisata Lokal

Berdasarkan hasil riset dari Booking.com yang dilakukan pada tahun 2020, diketahui bahwa sekitar 76% wisatawan Indonesia tidak ingin bepergian ke luar negeri di masa yang masih tidak pasti seperti sekarang ini. Saat ini mereka lebih memilih destinasi-destinasi di dalam negeri yang jaraknya tak begitu jauh dari tempat tinggalnya. Selain karena risiko keamanan, tapi juga faktor biaya yang lebih terjangkau.

(tribunnews.com)

2. Staycation

Staycation telah menjadi tren pariwisata yang paling banyak diminati sejak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia. Karena pergi keluar rumah masih riskan akan penularan Covid-19, untuk menyegarkan kembali pikiran setelah masa lockdown dan bekerja di rumah, banyak yang kemudian memilih menghabiskan waktu liburan dengan staycation di sejumlah hotel atau resort dan menikmati segala fasilitasnya.

3. Destinasi Wisata Alam

Destinasi wisata alam juga sangat menarik bagi wisatawan lokal Indonesia selain perjalanan domestik jarak pendek. Setelah berbulan-bulan lamanya terkurung di dalam rumah, menikmati keindahan alam bisa menjadi media untuk kembali menyegarkan pikiran dari segala tekanan. Tidak hanya itu, destinasi wisata alam lebih disukai karena menjadi salah satu cara agar tetap bisa berlibur namun dapat menghindari kerumunan.

(blog.misteraladin.com)

4. Family Trip

Masa pandemi Covid-19 yang mulai berakhir, masyarakat Indonesia ingin menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga, atau orang-orang yang dicintainya. Mengingat musim panas yang masih berlangsung, mereka berharap bisa berbagai pengalaman dengan anggota keluarganya dengan berlibur keluar rumah mengunjungi sejumlah destinasi wisata keluarga, mulai dari Taman Safari Indonesia, Dufan, Ancol, atau lainnya.

5. Wisata Murah dan Fleksibel

Ekonomi memang sedang dalam kondisi yang tidak baik sejal ada Covid-19. Sedangkan liburan menjadi kebutuhan yang seolah harus terpenuhi. Oleh karenanya, harga dan penawaran yang kompetitif paket liburan memiliki daya tarik yang tinggi bagi wisatawan. Mereka juga mencari produk yang fleksibel saat perjalanan, dalam hal ini pembatalan gratis. Saat ini, harga menjadi faktor penting untuk meyakinkan wisatawan.

SHARE :



REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU