5 Tips Menangani Wisatawan Rombongan, Panduan Singkat untuk Tour Operator

Tips menangani wisatawan rombongan, panduan singkat untuk tour operator (Instagram/@petranusatour_official).

Bagi seorang tour operator mempersiapkan agenda perjalanan wisata merupakan hal mudah yang menjadi rutinitas harian. Akan berbeda cerita jika konsumen yang datang merupakan konsumen rombongan dengan jumlah hingga puluhan orang. Tidak mudah memang, karena tour operator dituntut untuk mempersiapkan keperluan wisata banyak orang sekaligus.

Berikut disajikan beberapa tips menangani wisatawan rombongan tanpa ribet yang bisa diterapkan oleh tour operator.

1. Siapkan Team Kerja

Sangat sulit untuk mempersiapkan keperluan wisata rombongan jika hanya dilakukan seorang diri. Oleh karena itu sangat perlu kiranya untuk anda membentuk sebuah team kerja berupa kepanitiaan yang bertanggungjawab dalam tugas masing-masing. Fungsi team kerja ini selain mempermudah mengontrol aspek kebutuhan, juga mempermudah sesuatu yang terjadi pada leseluruhan kegiatan wisata.

2. Konsolidasi dan Meeting

Setelah team kerja terbentuk langkah senajutnya adalah melakukan konsolidasi secara rutin agar kegiatan wisata lancar dan dapat terkendali dengan baik. Konsolidasi dan meeting penting agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa berakibat pada gagalnya sebuah perjalanan wisata.

3. Ketahui Agenda dan Jenis Kegiatan

Terdapat beberapa hal yang mestinya seorang tour operator pahami agar siap terhadap kegiatan diluardugaan. Beberapa diantaranya yaitu,

  • Sesuaikan jenis kegiatan wisata – sesuaikan dengan usia dan tema yang diusung dalam kegiatan wisata.
  • Destinasi tujuan.
  • Jadwal kegiatan wisata – perhatikan momen peak season.
  • Booking – setelah semua dirasa cukup matang, lakukan pemesanan segala kebutuhan seperti transportasi, akomodasi, hingga tiket.
  • Pendataan – lakukan pendataan ulang semua wisatawan yang akan berpartisipasi pada kegiatan wisata.

4. Peminat Kebutuhan yang Sama

Dalam mempersiapkan segala kebutuhan wisata untuk rombongan, anda akan bersaing dengan kelompok atau tour operator lain dengan kebutuhan yang sama. Penting untuk membuat suatu strategi agar bisa mendapatkan semua kebutuhan sesuai dengan jadwal yang telah disusun. Biasanya strategi yang sering digunakan adalah berupa DP (Down Payment) pada kebutuhan yang telah dibooking.

5. Siapkan Sarana Penunjang

Sarana penunjang terkadang disepelekan oleh beberapa tour operator. Padahal sarana tersebut dapat menjadi penolong disaat darurat. Beberapa sarana penunjang yang perlu tour operator persiapkan selama kegiatan wisata berlangsung.

  • Banner – pastikan untuk menyelipkan logo dan identitas komersial dari brand bisnis anda sebagai ajang promosi.
  • Uniform – penting untuk identitas panitia pelaksana.
  • Handy Talky – sebagai sarana komunikasi yang sangat diperlukan.
  • P3K – untuk langkah pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.
  • Megaphone – sarana komunikasi antara panitia dengan peserta wisatawan.
  • Kamera – mendokumentasikan selama kegiatan wisata berlangsung.

Bagi anda yang sedang merintis bisnis tour operator namun masih kesulitan menemukan media yang cocok untuk mempromosikan produk-produk anda kini tak perlu khawatir lagi. Bergabunglah di Phinemo Marketplace, kami memberikan wadah kepada anda untuk mempromosikan semua produk anda secara gratis. Selengkapnya di link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar