5 Tips Membuat Nama untuk Bisnis Tour Travel yang Sedang Kamu Kembangkan

Pentingnya sebuah nama pada bisnis tour travel (Flickr/Brianna Anderson)

Nama atau brand merupakan hal pokok yang sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis tour travel karena berkaitan dengan branding. Membuat sebuah nama bukanlah sesuatu yang mudah, diperlukan pemikiran panjang, dan riset terlebih dahulu. Nama yang dibuat haruslah sesuatu yang bisa diterima oleh semua orang dan bebas hak paten. Berikut disajikan lima tips untuk anda yang sedang menentukan nama bagi bisnis tour travel.

1. Pilih nama yang unik dan pendek

Nama yang terlalu panjang akan membuat konsumen sulit mengingat nama bisnis anda. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan nama yang pendek, namun bukan singkatan. Nama yang berupa singkatan walaupun memiliki kepanjangan yang berbeda, biasanya akan sering disamai dengan nama bisnis milik orang lain. Selain itu untuk memudahkan konsumen mengingat nama bisnis anda, maka pilihlah sesuatu yang unik namun tidak berkonotasi negatif. Karena hal ini akan berkaitan dengan citra bisnis anda.

2. Mencerminkan Produk

Nama pada sebuah bisnis haruslah mencerminkan produk yang dijual. Akan sangat tidak relevan jika nama bisnis tidak mencerminkan produknya. Sebagai contoh tiket.com yang menjual tiket dan traveloka yang menjual paket wisata. Selain itu nama bisnis yang mencerminkan produk akan memudahkan anda dalam mencari pangsa pasar.

3. Mudah Dieja, Didengar, dan Diucap

Pilihlah nama ketika dieja, didengar, dan diucap mudah. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam mengingat nama bisnis anda. Penggunaan nama yang keren dan unik namun sulit dieja, didengar, maupun diucap akan sulit diingat oleh konsumen. Hindari nama dari berbahasa asing yang tidak diketahui oleh banyak orang.

4. Memiliki Makna Positif

Seperti kata pepatah, “nama adalah doa”. Dengan memberikan nama yang bermakna positif, berarti anda telah menaruh harapan besar pada bisnis yang sedang dikembangkan. Nama dengan makna negatif  juga akan membuat citra bisnis menjadi negatif.

5. Tidak Pernah Digunakan Sebelumnya

Sengaja atau tidak, penggunaan nama bisnis orang lain pada bisnis anda merupakan pelanggaran hukum. Biasanya suatu nama dari bisnis memiliki hak paten yang yang benilai hukum. Untuk menghindari hal tersebut saat anda sudah menemukan nama untuk bisnis anda, masukkan pada mesin pencari Google. Jika tak ada pencarian terkait nama bisnis lain atas nama tersebut berarti nama tersebut belim pernah digunakan sebelumnya. Setelah selesai, patenkan nama bisnis anda pada notaris agar memiliki kekuatan hukum dan tidak dijiplak oleh orang lain.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran