5 Source Backsound Gratis Untuk Membuat Travel Vlogmu Makin Apik

Era digitalisasi saat ini membuat para traveler semakin kreatif dalam membuat dokumentasi saat mereka traveling. Dulu mungkin orang hanya akan mengambil foto untuk dokumentasi, namun saat ini banyak orang yang lebih memilih membuat video karena lebih artistik dan seru.

Dari hobi baru inilah banyak muncul travel vlogger, yaitu para traveler  yang mendokumentasikan perjalanan mereka melalui video untuk kemudian dibagikan ke youtube atau sosial media. Faktanya, dari hobi membuat vlog ini mereka dapat menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk modal traveling.

Kamu juga bisa lho menjadi seorang travel vlogger, tapi sebelumnya Kamu harus tahu gimana caranya membuat sebuah video agar menghibur dan menarik banyak orang. Video biasanya akan lebih menarik saat Kamu memberinya backsound, sehingga video akan lebih hidup dan penuh semangat. Nggak percaya? Coba deh cek video ini.

Gimana, video perjalanan jadi lebih hidup dan nggak ngebosenin kan? Nah, Kamu perlu tahu bahwa ada dua jenis backsound yakni berbayar dan gratis. Ini harus Kamu perhatikan dengan bijak karena menggunakan backsound musik tanpa ijin dan tanpa mencantumkan copy right merupakan pelanggaran hak cipta. Video yang Kamu unggah di youtube atau sosmed pun bakal dibanned. Lebih parah lagi Kamu bisa terkena kasus hukum, lho!

Untuk menghindari hal itu, Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa website yang menyediakan backsound dan sound effect gratis buat Kamu. Yuk kepoin satu-satu.

1. BenSound

backsound gratis untuk vlog

BenSound menyediakan musik gratis untuk videomu. Foto berasal dari tangkapan layar Bensound.com

Bensound merupakan website penyedia backsound gratis untuk vlog. Kategori musik yang disedikan juga cukup banyak, misalnya akustik, pop, jazz, rock, dsbnya. Kamu bisa mendownload musik yang ada di website ini secara gratis dan bisa digunakan dalam vlogmu.

Untuk mendownload musik di Bensound, Kamu bisa buka websitenya di www.bensound.comTinggal cari dan pilh musik yang Kamu suka, dan klik tombol “Download”. Atau Kamu juga bisa mendownloadnya melalui channel youtube-nya di www.youtube.com.

Meski tidak mengenakan biaya untuk menggunakan musik dari Bensound, Kamu wajib mencantumkan sumber musik di vlogmu. Salah satu musik yang paling saya suka adalah Buddy karena lebih ceria, dinamis, dan santai.

2. No Copyright Sounds

backsound gratis untuk vlog

NCS – Channel Youtube yang memberimu akses musik gratis.

No Copyright Sounds lebih terkenal dengan nama NCS di kalangan para vlogger dan videografer. NCS merupakan salah satu channel youtube yang menyediakan ratusan musik gratis untuk video. Kamu bisa mengunjunginya di www.youtube.com/nocopyrightsounds.

Cara mendownloadnya cukup mudah, jika Kamu menggunakan aplikasi IDM maka permintaan download sudah otomatis ada di layarmu. Tapi kalau Kamu nggak punya aplikasi IDM, Kamu bisa download melalui en.savefrom.net.

Koleksi musik gratis di NCS cukup lengkap, mulai dari musik yang slow hingga musik elektronik. Kalau vlogmu berisi video yang menampilkan kegiatan adventure atau kegiatan outdoor yang seru, Kamu bisa pilih  NCS – Infectious untuk backsoundmu. Coba deh dengerin di sini.

3. Sound Effect

backsound gratis untuk vlog

Unduh efek suara gratis di Sound Effect.

Kalau Kamu suka memberikan efek-efek suara di videomu, Sound Effect adalah website yang tepat untukmu. Sound effect menyediakan ratusan efek suara yang bisa Kamu unduh dengan gratis.

Efek-efek suara di Sound Effcet beragam, mulai dari efek suara petir, angin, hujan, tepuk tangan, dan bel. Kamu bisa mengunduh efek-efek suara ini di www.freesoundeffects.comCara mengunduhnya juga mudah, tinggal klik di efek suara yang ingin Kamu unduh, maka musik akan terdownload otomatis. Kamu mengecek terlebih dahulu apakah efek suara sesuai dengan keinginanmu dengan test play di halaman website Sound Effect.

4. Free Sound

backsound gratis untuk vlog

Free Sound, website penyedia efek suara gratis untuk video.

Website selanjutnya yang menyediakan backsound gratis untuk vlog adalah Free Sound. Kamu bisa mengakses webiste ini di www.freesound.org.

Free Sound hampir mirip dengan Sound Effect, dimana musik-musik yang ada mayoritas adalah efek-efek suara. Saya sarankan untuk menginstall aplikasi IDM supaya memudahkanmu dalam proses unduh audio.

5.Voices

backsound gratis untuk vlog

Voices bisa Kamu jadikan pilihan untuk media unduh backsound gratis.

Voices memungkinkanmu mengunduh beberapa musik backsound dengan gratis. Untuk mendengarkan musik yang ingin Kamu pakai, Kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Jadi mungkin akan sedikit memakan waktu.

Kamu bisa mengunduh musik secara gratis di www.voices.comCaranya cukup mudah, klik di bagian musik yang ingin Kamu unduh maka musik akan terunduh secara otomatis.

***

Nah, sekarang Kamu bisa kreasikan vlogmu agar lebih apik dan menarik. Yang pasti, sebelum Kamu memasukkan musik ataupun backsound ke videomu, pastikan bahwa musik tersebut bebas copy right. Karena jika ternyata jika musik yang Kamu gunakan memiliki lisensi, maka Kamu bisa terkena sangsi hukum dan bisa di-banned oleh pihak youtube. Oiya, sesuaikan juga lagu yang Kamu pilih dengan tema perjalananmu biar semakin apik ya.

Untuk percantik videomu, baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar