5 Kecelakaan Terparah di Dunia Sepanjang Sejarah

Kecelakaan transportasi paling parah sepanjang sejarah dunia (news.okezone.com).

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini semakin banyak pilihan moda transportasi baru yang digadang-gadang lebih murah, cepat, dan efisien. Beberapa diantaranya yang terbaru adalah LRT, MRT, dan Busway. Saat ini berbagai infrastruktur penunjang untuk mendukung pembangunan moda transportasi untuk mengatasi permasalahan kemacetan di kota-kota metropolitan seperti Jakarta.

Prencanaan pembangunan moda transportasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berbagai faktor harus benar-benar diperhitungkan dengan matang, tak terkecuali faktor keamanan. Meleset sedikit saja, ratusan nyawa manusia tak berdosa dapat melayang sia-sia. Berdasarkan catatan sejarah terdapat beberapa kecelakaan transportasi terparah di dunia, berikut adalah ulasannya.

1. Tragedi Bintaro

(megapolitan.kompas.com)

Pada 19 Oktober 1987 terjadi kecelakaan kereta api yang disebut-sebut sebagai yang terparah di dunia. Karena kesalahan koordinasi mengakibatkan dua unit kereta ekonomi bertabrakan di Pondok Betung, Bintaro. Sebanyak 156 penumpang kereta tewas seketika dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

2. Titanic

(rd.com)

Kapal pesiar termewah sepanjang sejarah tenggelam pada 14 April 1912 karena menabrak gunung es di Samudera Atlantik. Sebanyak 1517 nyawa melayang dan mengakibatkan kekacauan perekonomian Inggris dan Amerika. Hal ini dikarenakan banyak pengusaha besar dan pemegang saham yang menopang perekonomian global ikut di dalam kapal titanic dan meregang nyawa.

3. Pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736

(news.okezone.com)

Sebanyak 600 orang meregang nyawa sia-sia akibat buruknya komunikasi karena buruknya komunikasi saat cuaca tidak bersahabat di Bandara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736 mengalami tabrakan parah disebabkan karena kedua pilot menggunakan bahasa Inggris dengan logat spanyol di ATC (Air Traffic Controller) yang susah dipahami.

4. Daegu Subway

(ohmynews.com)

Daegu Metropolitan Subway Line adalah stasiun kereta bawah tanah terpadat pertama di wilayah Daegok hingga Ansim di Korea Selatan. Kejadian naas bermula saat ada seorang yang terkena gangguan jiwa melemparkan cairan bensin pada kereta yang baru saja berhenti. Bensin kemudian membakar kereta dan stasiun hingga menyebabkan 192 meninggal dan 148 lainnya dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka bakar yang parah.

5. Malaysia Airlines MH370

(nusatrip.com)

Maskapai pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang secara misterius pada tahun 2014. Pencarian terus dilakukan sejak pesawat mengalami hilang kontak, hingga hari ini masih belum ditemukan secara pasti. Sebanyak 12 awak kabin dan 227 penumpang dari 15 negara dianyatakan meninggal dunia.

Jelajahi keindahan dunia dengan aman bersama Phinemo Marketplace. Ratusan produk wisata dari tour operator kenamaan di Indonesia tersedia di halaman Phinemo Marketplace. Transaksi semakin tenang dengan fitur dompet bersama. Baca selengkapnya melalui link berikut >> Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang kecelakaan dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar