Sidebar

Apa Itu Asuransi Perjalanan, Berikut 5 Fakta yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Asuransi perjalanan dapat menanggung biaya yang timbul akibat kecelakaan saat sedang melakukan perjalanan wisata di Indonesia atau luar negeri.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sebagian besar wisatawan di Indonesia masih belum banyak mengetahui tentang arti penting dari asuransi perjalanan. Berbeda dengan asuransi lainnya, asuransi perjalanan adalah ditujukan untuk menanggung biaya yang timbul akibat pengobatan, pembatalan perjalanan, bagasi hilang, atau kerugian-kerugian lainnya saat sedang melakukan perjalanan wisata ke destinasi domestik maupun mancanegara.

Banyak negara-negara di Benua Eropa dan Amerika yang telah mewajibkan para wisatawan yang akan berkunjung untuk memiliki asuransi perjalanan sebelum tiba di negaranya. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terkait asuransi perjalanan sebelum membelinya, berikut ini diantaranya.

1. Jenis Asuransi Perjalanan

Terdapat berbagai jenis asuransi perjalanan di dunia, yang paling umum adalah internasional. Asuransi ini akan melindungi dari resiko-resiko yang mungkin muncul pada saat sedang melakukan perjalanan di luar negeri. Ada pula, asuransi perjalanan tahunan yang akan menanggung semua resiko-resiko selama perjalanan selama kurun waktu satu tahun penuh.

Beberapa perusahaan asuransi perjalanan memiliki produk khusus yang diperuntukan untuk haji dan umrah, serta asuransi perjalanan untuk perjalanan di Indonesia. Satu lagi yakni Student Assist yang khusus untuk mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri.

(Instagram/salemhana)

2. Cara Mendaftar Asuransi Perjalanan

Seiring berkembangnya teknologi digital yang pesat, kini untuk membeli asuransi perjalanan tidak perlu datang langsung datang ke kantor asuransi. Perusahaan asuransi kenamaan Indonesia seperti Alliance, ACA, AIG, AXA, dan ACE telah melayani pendaftaran atau pembelian secara online. Sangat mudah, hanya tinggal masuk ke situs resmi perusahaan asuransi kemudian mengisi data diri, negara tujuan, dan durasi perjalanan.

3. Harga Asuransi Perjalanan

Setiap perusahaan asuransi mematok harga yang berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan paket asuransi yang dipilih. Asuransi Central Asia (ACA) misalnya asuransi eksekutif seharga US$ 21 dengan nilai tanggungan mencapai 50.000 Euro. Jenis produk ini wajib dimiliki oleh wisatawan yang akan melakukan kunjungan ke negara-negara Eropa.

4. Hal-hal yang Ditanggung

Tidak semua resiko yang timbul selama melakukan perjalanan ditanggung oleh asuransi perjalanan. Semua yang ditanggung berbeda-beda tergantung pada perusahaan yang dipilih yang diatur di dalam polis. Beberapa premi juga dapat dibeli untuk memberi tambahan perlindungan lainnya. Beberapa produk bahkan ada yang memberikan perlindungan pada rumah yang ditinggalkan selama perjalanan.

(Instagram/hungpope)

5. Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Proses klaim atau pengambilan dana asuransi perjalanan terbagi ke dalam dua skema. Jika perusahaan asuransi masuk dalam kategori worldwide provider maka asuransi dapat ditunjukan kepada yang bersankutan untuk memperoleh keringanan biaya, ke rumah sakit jika mengalami kecelakaan. Namun biasanya sebagian besar asuransi memberikan cara klaim melalui skema reimburse, dimana penggantian biaya akan dilakukan setelahnya dengan menujukkan surat keterangan sebagai bukti.

Hal yang mutlak diperhatikan saat membeli produk asuransi perjalanan adalah membaca dengan teliti polis yang diberlakukan sebelum tanda tangan. Ketahui terlebih dahulu berapa besar tanggungan yang diberikan, berapa lama, negara mana yang berlaku, dan cara klaim apabila resiko yang tidak diinginkan terjadi.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Tragedi Ledakan Lebanon, Negara Non-Muslim Terbesar di Timur Tengah

Grand Tjokro Yogyakarta Hotel, Penginpan Mewah dengan Harga Murah

Sejarah Labuan Bajo, Tanah Lahir dari Ras Manusia Ikan Asli Nusantara

Rumah Paling Berhantu di Irandia Dijual Rp 42,3 Miliar, Berminat?

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

Kepulauan Fiji, Destinasi Bulan Madu Terbaik di Samudera Pasifik

FALLBACK
The END