4 Wisata Jogja Terbaru yang Harus Masuk Daftar Wajib Kunjungan

Empat wisata baru di Jogja yang harus masuk dalam daftar kunjunganmu (Instagram/@f_muji_rahmawati).

Jogja, sebuah julukan yang tersemat untuk Provinsi Yogyakarta yang berada di Pesisir Selatan Pulau Jawa. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal Jogja sebagai sebuah provinsi yang sangat kaya akan seni, budaya, serta destinasi wisata yang tak pernah membosankan. Beberapa destinasi wisata unggulan Jogja diantaranya yaitu Malioboro, Gunungkidul, dan Parangtritis.

Tak banyak yang tahu, baru-baru ini telah dibuka empat destinasi wisata baru di Jogja yang tak kalah seru untuk dikunjungi. Berikut adalah empat destinasi wisata tersebut.

1. Desa Wisata Banjaroya

(Instagram/@madoen_dandoen)

Desa Wisata Banjaroya atau disebut dengan Dewa Bara merupakan salah satu desa di lereng Perbukitan Menoreh yang secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung ke Desa Banjaroya akan diajak mengikuti aktivitas masyarakat yaitu bertani atau upacara adat. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan seni lokal, kuliner khas, tracking, hiking, dan mengunjungi beberapa wisata alam disekitar Desa Banjaroya seperti Embung Banjaroya, Bendung Ancol, Goa Maria Sedangsono, Makam Kyai Krapyak, hingga Festival Durian Menoreh.

2. Puncak Suroloyo

(Instagram/@bakpia.andong)

Berada tak jauh dari Desa Wisata Banjaroya terdapat satu destinasi wisata yang tidak kalah menarik yaitu Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo adalah titik tertinggi di Perbukitan Menoreh dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl. Dari Puncak Suroloyo wisatawan yang berkunjung dapat menikmati panorama alam Kulonprogo yang sangat mempesona. Selain itu, dari ketinggian Puncak Suroloyo juga tampak pemandangan Candi Borobudur yang megah di Kabupaten Magelang. Puncak Suroloyo memiliki tiga gardu pandang yang secara umum disebut pertapaan, masing-masing memiliki nama Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran.

3. Kebun Teh Nglinggo

(Instagram/@f_muji_rahmawati)

Masih dalam satu kawasan yang sama di Perbukitan Menoreh, Kebun Teh Nglinggo juga harus masuk dalam daftar kunjungan. Kebun Teh Nglinggo menyajikan panorama perkebunan teh yang sangat menawan. Udara yang bersih dan sejuk jauh dari hiruk-pikuk perkotaan dijamin akan membuat pikiran anda menjadi rileks. Tiket masuk ke kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo cukup murah yaitu hanya Rp. 5000,-. Mengingat udara perkebunan yang cukup dingin, sangat disarnakan untuk mengenakan jaket tebal agar tidak hipotermia.

4. Goa Kiskendo

(Instagram/@explorekendal)

Masih di Kulonprogo, terdapat satu wisata alam yang kini menjadi geoheritage di Provinsi Yogyakarta. Goa Kiskendo memiliki stalaktit dan stalakmit yang sangat unik dan eksotis. Keberadaan Goa Kiskendo sangat disakralkan karena menyimpan legenda yang sangat dipercaya oleh masyarakat setempat. Konon, Goa Kiskendo dipercaya sebagai tempat pertarungan antara dua Ksatria berwujud kera yaitu Subali dan Sugriwa dengan seorang raksasa bernama Mahesasura. Tak sekedar wisata alam, beberapa wisatawan yang berkunjung terkadang juga menjadikan Goa Kiskendo sebagai destinasi wisata religi.

Pesona Jogja memang seolah tak akan pernah pudar oleh zaman. Bagi anda yang berniat melakukan perjalanan wisata namun masih bingung karena terkendala akomodasi dan transportasi bisa berkunjung ke halaman Phinemo Marketplace. Klik lnk berikut ini >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang Yogyakarta dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar