4 Masjid Terindah di Dunia yang Sangat Menakjubkan

4 masjid terindah di dunia yang memiliki arsitektur sangat mengagumkan (Instagram/@kong_mui).

Masjid dapat didefinisikan sebagai sebuah tempat yang secara khusus diperuntukan untuk beribadah umat muslim. Setiap negara memiliki ciri arsitektur yang khas dan berbeda-beda, namun umumnya memiliki menara dengan atap berbentuk kubah. Tak hanya sekedar tempat ibadah, kini banyak negara berlomba-lomba memperindah bangunan masjidnya untuk menarik perhatian wisatawan dan upaya mengembangkan wisata religi. Berikut disajikan empat masjid yang memiliki arsitektur terindah di dunia.

1. Masjidil Haram, Saudi Arabia

(Instagram/@fashionbyfoto)

Tak mengherankan jika Masjidil Haram di Saudi Arabia dianggap sebagai yang terindah di dunia karena memang masjid ini merupakan kiblat umat muslim di seluruh dunia. Masjidil Haram sengaja dibangun mengelilingi Kakbah yang dianggap suci oleh Agama Islam. Masjidil Haram juga merupakan tempat diadakannya ibadah haji dan umroh. Setiap tahunnya jutaan umat muslim berbondong-bondong menuju masjid ini untuk melengkapi rukun Islam dengan mengerjakan Haji.

2. Masjid Kristal, Malaysia

(Instagram/@aimannsyahin)

Masjid Kristal dibangun di sebuah pulau buatan yakni Pulau Wan Wan di Kuala Terengganu, Malaysia. Arsitektur masjid ini sangat futuristik dilengkapi dengan panel surya sebagai pembangkit listrik utama, koneksi Wifi, dan Al-Qur’an elektronik. Material bangunan Masjid Kristal terdiri dari baja, kristal, dan kaca warna-warni. Saat siang hari, kubah masjid yang terbuat dari kaca dapat memantulkan cahaya matahari sehingga seolah berwarna kuning, hitam, dan cokelat. Di malam hari, dengan pencahayaan yang apik masjid ini tampak sangat megah dan seolah seperti mengapung di atas air. Eksterior masjid dibangun sangat mewah dengan lampu kristal raksasa yang sangat indah.

3. Masjid Nasir Al-Mulk, Iran

(Instagram/@kong_mui)

Masjid yang berlokasi di Shiraz, Iran ini memiliki gaya arsitektur yang khas Timur Tengah dengan sentuhan ala Eropa melalui kaca patri yang berwarna-warni yang Indah. Saat pagi hari, sinar matahari menyinari dan menembus kaca patri hingga menimbulkan warna-warna pelangi yang sangat mengagumkan. Masjid Nasir AL-Mulk ini termasuk masjid tua karena selesai dibangun sejak tahun 1888 yang lalu. Oleh Pemerintah Iran Masjid Nasir Al-Mulk dimasukkan dalam National Heritage Iran. Setiap harinya Masjid ini selalu dipadati oleh pengunjung dari berbagai negara.

4. Masjid Sankt Petersburg, Rusia

(detikhalal.com)

Meskipun Islam bukanlah agama mayoritas di Rusia, namun negara ini memiliki satu bangunan masjid yang terkenal dengan keindahannnya yakni Masjid Sankt Petersburg. Pembangunan masjid ini memakan waktu 11 tahun dari 1909-1920. Masjid Sankt Petersburg mampu menampung lebih dari 5.000 jamaah, sehingga dianggap sebagai masjid terbesar di Eropa selain Turki. Arsitektur masjid ini didominasi gaya Asia Tengah dengan kubah berwarna biru. Pada saat Perang Dunia ke-II (1942-1956) masjid ini sempat mengalami alih fungsi menjadi gudang.

Dapatkan ulasan menarik tentang masjid dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar