4 Kuliner Legendaris di Sepanjang Pantura Bisa Anda Coba Saat Mudik

Jika Anda kebetulan sedang mudik melewati jalur Banten-Jawa Timur, cobalah untuk mampir ke 4 kuliner legendaris di sepanjang pantura ini. Bisa mengisi energi di perjalanan.

Ditulis Oleh Wike

Anda berencana mudik melewati Jalur Pantura? Ingin mengisi perut saat perjalanan mudik? Kami punya sederet rekomendasi kuliner legendaris sepanjang Pantura yang bisa Anda cicipi dari Banten hingga Jawa Timur.

Rasanya dijamin bikin lidah bergoyang karena terkenal sebagai kuliner wajib para pencinta kuliner. Penasaran? Berikut ini daftarnya:

1. Empal kuah asem di Cirebon

kuliner legendaris sepanjang pantura

Empal Aem memiliki kuah yang bening. (Foto/ cerita.picmix)

Cirebon memang terkenal dengan kuliner empal gentongnya, jika bosan dan ingin mencicipi kuliner Cirebon lainnya yang berkuah, panas, dan menyegarkan cobalah Anda coba Empal kuah asem.

Empal kuah asem memiliki kuah yang bening seperti sayur sop, bagian inilah yang membedakan kuah asem dan empal gentong.

Biasanya menu ini jadi menu wajib berbuka puasa dan sekedar melepas rasa lapar saat mudik. Warung empal asem yang legendaris di Cirebon adalah milik Haji Apud yang lokasinya di Tuparev nomor 42, Cirebon, Jawa Barat. Kedai ini sudah ada sejak tahun 1994.

Baca juga: 5 Kuliner yang Wajib Anda Coba Saat Berada di Cirebon

2. Sate Blengong di Alun-alun Brebes

kuliner legendaris di sepanjang pantura

Sate Blengong ini rasanya dijamin bikin nagih. (Foto/ksmtour.com)

Setelah melewati wilayah Jawa Barat dan memasuki Jawa Tengah, cobalah untuk mampir ke alun-alun Brebes untuk mengisi energi dengan mencicipi kuliner legendarisnya, Sate Blengong.

Sate ini merupakan sate yang memadukan bebek dan mentok. Sekilas melihatnya memang terlihat seperti sate pada umumnya, namun ukurannya lebih besar dan tusukannya lebih panjang. Biasanya disajikan dengan sambal kecap dna nasi atau lontong tergantung keinginan pembeli.

3. Soto kerbau Kudus

kuliner legendaris di sepanjang pantura

Soto ini isiannya terdiri dari nasi, tauge, binuh, irisan daging kerbau, seledri, dan tak lupa bawang goreng. (Foto/Tribunnews.com)

Di Kudus terdapat kuliner legendaris khas Kudus yang rasanya gurih dan nagih, Soto Kerbau namanya. Berbeda dari soto biasanya, di sini Anda akan merasakan olahan soto yang disajikan dengan daging kerbau yang empuk.

Kuahnya bening kekuningan dan biasanya disajikan dengan gorengan dan aneka sate.

Kedai paling legendaris yang menjual Soto Kerbau Kudus ini adalah kedai Soto Kudus Pak Ramidjan di Jalan Kudus Jepara, Kudus, Jawa Tengah.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Soto Dijadikan Makanan Nasional oleh Kemenpar

4. Soto Lamongan

Kuliner Legendaris di Sepanjang Pantura

Isian soto lamongan berupa bihun, nasi, kuah kental, dan telor rebus yang diiris, serta taburan koya yang gurih. (Foto/minumkopi)

Satu lagi kuliner yang wajib Anda cicipi saat mudik lebaran melewati Jalur Pantura adalah Soto Lamongan di Lamongan.

Soto ini memiliki kuah kental dengan rempah-rempah yang kaya. Cita rasanya sangat gurih dengan kuah santan berwarna kuning.

Soto Lamongan yang cukup terkenal adalah Depot Asih Jaya di Jalan Raya Lamongan – Surabaya.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang SOTO, tulisan lain Wike

Di fitur baru Phinemo, Anda bisa pesan paket liburan dengan mudah. Ingin tahu lebih banyak? Masukkan email Anda pada kolom di bawah.

* indicates required

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post