India Resmikan Patung Tertinggi di Dunia, Begini Wujudnya

Patung ditaburi bunga dari helikopter untuk peresmiannya. oto/SAM PANTHAKY/AFP/Getty Images

Patung tertinggi di dunia baru saja diresmikan oleh India. Patung ini menghiasi perbukitan hijau nan indah di Gujarat bagian selatan dengan menampilkan salah satu tokoh penting dalam sejarah India bernama Sardar Vallabhbhai Patel.

Patung tertinggi di dunia ini memiliki ketinggian 182 meter, atau sekitar dua kali lipat dari Patung Liberty yang tersohor di dunia itu.

patung tertinggi di dunia

Para pekerja India berpose di dasar patung tertinggi di dunia yang didedikasikan untuk pemimpin kemerdekaan India Sardar Vallabhbhai Patel, menghadap Dam Sardar Sarovar dekat Vadodara di negara bagian Gujarat di India barat sebelum peresmian. Foto/SAM PANTHAKY/AFP/Getty Images

Baca juga: Mengenal Arjun Vajpai, Pendaki Termuda India yang Sukses Gapai Jalur Pendakian Esktrem dan Mematikan Dunia

Patung yang diberi nama ‘Man of Iron’ ini dibangun sebagai wujud penghormatan kepada Sardar Vallabhbhai Patel, wakil perdana menteri India yang telah berperan dalam kesuksesan India dalam menuju kemerdekaan mendampingi Jawaharlal Nehru.

Penamaan patung ‘Man of Iron’ pun berkaitan dengan sebutan Sang Patel yang mendapatkan julukan ‘Iron Man of India’ karena tekadnya yang sekuat baja memimpin kemerdekaan India.

Dibalut dengan lembaran perunggu, Patung ‘Man of Iron’ dibangun menggunakan 25.000 ton baja, termasuk 5.000 ton yang disediakan oleh petani setempat yang menyumbangkan alat pertanian bekas mereka untuk membantu proyek tersebut.

Lalu 210.000 meter kubik beton dituangkan untuk menciptakan basis dan suprastruktur, dengan biaya keseluruhan sebesar US $ 400 juta atau setara Rp 5,9 triliun.

patung tertinggi di dunia

Penampakan patung saat senja. Foto/ SAM PANTHAKY/AFP/Getty Images

Kini turis sudah berbondong-bondong ke situs ini, di mana lift menunggu untuk membawa pengunjung ke galeri yang berada di dada patung. Dari posisi tersebut, pengunjung bisa melihat pemandangan Gujarat dari ketinggian.

Meskipun membanggakan dan telah diresmikan dengan upacara yang megah, Patung ‘Man of Iron’ belum diterima dengan baik secara universal. Penduduk setempat melancarkan protes dan mengutuk pembangunan patung tersebut. Mereka menuntut kompensasi atas lahan yang disita untuk membangun patung tertinggi dunia.

Baca juga: Sosok Indiana Jones Alison Teal, Petualang Wanita Dunia yang Besar di Indonesia

patung tertinggi di dunia

Patung ditaburi bunga dari helikopter untuk peresmiannya. oto/SAM PANTHAKY/AFP/Getty Images

Bahkan waktu patung sebagai patung terbesar dan tertinggi di dunia bakal berumur pendek karena sebuah patung yang lebih besar kini sedang dibangun di Mumbai untuk merayakan dan menghormati pahlawan Marathi Chhatrapati Shivaji Maharaj dengan tinggi 212 meter.

Well, kita tunggu kabar selanjutnya, akan semegah apa patung tandingan berikutnya.

Dapatkan ulasan menarik tentang India dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran