3 Bandara di Indonesia Paling Tepat Waktu Menurut OAG Aviation

3 Bandara di Indonesia paling tepat waktu menurut AOG AViation periode April 2019 (Instagram/@yuuki_aviationphotography).

Bandara adalah sebuah fasilitas tempat pesawat terbang lepas landas atau mendarat. Dalam sebuah Bandara fasilitas minimal yang harus ada yaitu landasan pacu, namun biasanya juga dilengkapi fasilitas pendukung lainnya untuk operator layanan penerbangan maupun penggunanya. PT. Angkasa Pura menjadi satu-satunya BUMN yang mengelola operasional seluruh bandara di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, OAG Aviation yang merupakan perusahaan intelijen perjalanan udara yang bermarkas di Inggris mengeluarkan daftar 10 bandara paling tepat waktu di Asia tenggara periode April 2019. Tak disangka, ternyata dalam daftar tersebut terdapat tiga nama dari bandara besar di Indonesia. Tiga bandara tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Bandara Internasional Ngurah Rai – Bali

Bandara Internasional Ngurah Rai terletak di sebelah selatan Pulau Bali, tepatnya di Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya berjarah sejauh 13 km dari Kota Denpasar. Bandara Internasional Ngurah Rai menjadi bandara tersibuk ketiga di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Juanda. Bandara ini memiliki satu terminal domestik dengan 8 gerbang dan satu terminal internasional dengan 14 gerbang.

2. Bandara Internasional Juanda – Surabaya

Bandara Internasional Juanda terletak di Kecamatan Sedati, kabupaten Sidoarjo, jawa Timur. Berjarak sejauh 20 km dari Kota Surabaya. Total panjang landasan pacu Bandara Internasional Juanda adalah 3000 meter dengan luas terminal mencapai 51.500 m². Setelah dibangun kembali, bandara ini memiliki fasilitas lahan parkir hingga 28.900 m² yang mampu menampung sebanyak 3.000 kendaraan. Bandara Internasional Juanda diperkirakan mampu menampung 13 juta hingga 16 juta penumpan dan 120.000 ton kargo per tahun.

3. Bandara Sultan Hasanuddin – Makassar

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan bandara yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Meskipun termasuk Bandara Internasional, sejak Oktober 2006 hingga Juli 2008 sempat tak ada penerbangan rute internasional kecuali penerbangan haji. Juli 2008 Air Asia kembali membuka rute internasional kemudian diikuti dengan maskapai penerbangan lainnya. Bandara ini memiliki dua landasan pacu dengan panjang 3.100 m x 45 m dan 2.500 m x 45 m.

Dapatkan ulasan menarik tentang bandara dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar