facebook pixel

11 Tips Memilih Kamera Pocket Untuk Traveling

Perhatikan faktor-faktor berikut untuk mempertimbangkan hal apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan kamera pocket digital yang sesuai dengan Anda.


Kamera pocket digital memudahkan kita dalam mengambil gambar dengan bentuknya yang ringkas, juga bisa melihat hasil jepretan kita saat itu juga dalam waktu yang sesaat. Jumlah foto juga hanya dibatasi oleh ruang penyimpanan dan kapasitas baterai. Tidaklah mengherankan ketika sekarang orang gemar mengambil foto hampir di manapun dan kapanpun menggunakan kamera pocket digital karena beberapa kemudahannya tersebut.

Sebagai traveler tentu saja kita memerlukan kamera pocket digital dengan spesifikasi yang cocok dengan kegiatan traveling kita. Usahakan dengan dana yang terbatas, kita mampu mendapatkan kamera yang sesuai dengan kebutuhan kita ketika sedang melakukan perjalanan.

Perhatikan faktor-faktor berikut untuk mempertimbangkan hal apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan kamera pocket digital yang sesuai dengan Anda.

 

1. Bentuk, Ukuran dan Berat

tips memilih kamera

Dengan bentuk yang compact, genggaman akan terasa lebih mantap. sumber foto

Sesuai dengan namanya, tentu saja ukuran paling ideal adalah ukuran yang masih bisa kita masukkan ke dalam saku tanpa susah payah. Beberapa vendor mengeluarkan kamera pocket dengan design tipis dan ringan, memang cukup terlihat ringkat membawanya, namun biasanya akan terasa kurang nyaman pada genggaman tangan besar.

Carilah kamera dengan ukuran dan bentuk yang cocok di genggaman tangan Anda, dengan genggaman yang mantap maka Anda akan mengurangi resiko gambar kabur karena goyangan kecil di tangan anda. Genggaman yang mantap juga akan mengurangi resiko terlepasnya kamera dari tangan Anda.
Tentu saja Anda menginginkan kamera dengan bentuk yang nyaman dalam genggaman dan keberadaanya dalam saku anda tidak mengganggu aktivitas ketika sedang traveling bukan?

 

2. Ukuran Sensor

tips memilih kamera

Ukuran sensor masing-masing kamera berbeda, sehinga mempengaruhi kualitas yang diperoleh. sumber foto

Secara teknis, semakin besar sebuah sensor kamera, maka akan semakin baik hasilnya. Bertambah besarnya sensor pada sebuah kamera juga berimbas pada biaya produksi yang tinggi. Kamera pocket rata-rata berukuran 1/2.7” – 1/1.7”, walaupun ada kamera pocket digital kelas atas yang menggunakan sensor dengan ukuran 1.5”, melebihi ukuran sensor kamera digital dengan format Micro Four Thirds.

Pilihlah ukuran sensor sesuai dengan dana Anda, karena masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam mencari kamera digital. Kemapuan processor dan software pada kamera sekarang ini sudah semakin canggih, sehingga ada peningkatan hasil yang lebih baik dari segi hasil warna dan kualitas gambar.

 

3. Lensa

tips memilih kamera

Makin panjang jangkauan lensa, makin sulit menjaga kestabilannya. sumber foto

Lensa yang berkualitas akan sebanding harga yang ditawarkan, namun ada 2 hal yang lebih mudah untuk mengetahui lensa yang cocok untuk para traveler seperti Anda.

Bukaan Diafragma, biasa disimbolkan dengan huruf “f” (tanpa tanda petik), makin lebar bukaan diafragma tersebut maka akan makin banyak cahaya yang masuk. Rata-rata kamera pocket sekarang memiliki f/3.2 yang sudah cukup untuk kegiatan traveling Anda. Semakin kecil angka f maka akan semakin besar bukaan diafragmanya, semakin besar angka f maka sekakin kecil bukaan diafragmanya.

Focal length lensa menandakan seberapa jangkauan yang bisa diambil oleh lensa, semakin kecil angkanya maka akan semakin lebar jangkauannya, dan semakin besar angkanya maka akan semakin sempit jangkauannya. Focal length lensa memiliki satuan ukuran berupa mm, pada lensa pocket sekarang rata-rata berada pada ukuran 28mm yang cukup lebar, namun jika Anda lebih suka dengan gambar yang lebih lebar, carilah dengan lensa yang lebih lebar seperti pada ukuran 24mm.

 

4. Zoom Optical dan Image Stabilization

tips memilih kamera

Image stabilization membantu anda mendapatkan gambar yang tajam. sumber foto

Gerakan maju mundurnya lensa juga menjadi pertimbangan tersendiri, karena dengan rentang zoom yang makin jauh maka akan memudahkan Anda dalam mengambil gambar dari jarak jauh. Biasanya ketika kita menggunakan zoom maksimal pada kamera, maka akan lebih beresiko untuk terjadinya goncangan saat kita menekan shutter. Misal Anda menemukan lensa dengan ukuran 28-280 mm, maka lensa tersebut memiliki 10x zoom. Ukuran zoom pada 4x atau 6x biasanya sudah cukup untuk kebutuhan travelling.

Pilihlah kamera zoom dengan fitur Image stabilizer (IS) untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih tajam tanpa kabur. IS akan sangat berguna ketika kecepatan shutter melambat dibawah kemampuan genggaman Anda untuk tetap bisa menjaga kestabilan kamera, semisal dalam kondisi rendah cahaya, menggunakan zoom, berada dalam kendaraan atau sedang memotret sembari bergerak.

 

5. Mode Pengambilan Gambar

tips memilih kamera

Dengan mode PASM akan mempermudah dalam berkreativitas dalam mengambil gambar. sumber foto

Normalnya pada kamera pocket digital saat ini adalah mode Auto dan beberapa Scene yang bisa Anda gunakan dalam beberapa variasi kondisi yang akan Anda abadikan. Hal ini sangat memudahkan apabila Anda tidak terlalu ingin dipusingkan dengan segitiga exposure, karena dengan menekan setengah shutter dilanjutkan dengan tekanan penuh pada tombol shutter maka sebuah gambar akan terekam oleh sensor kamera.

Pada beberapa seri kamera pocket digital yang memang ditujukan untuk orang yang gemar berkreasi, ada beberapa mode tambahan pada roda dial mode pengambilan gambar. Mode P, A, S dan M adalah mode tambahan bagi mereka yang ingin berkreasi dengan segitiga eksposure. Hasil foto dengan mode manual ini akan lebih terlihat unik, namun diperlukan pemahaman mengenai segitiga eksposure tersebut.

 

6. Baterai

tips memilih kamera

Baterai Li-Ion mudah untuk diisi ulang dan bekapasitas besar. sumber foto

Baterai pada kamera pocket digital ada 2 macam yang sering kita jumpai di pasaran, yaitu baterai dengan tipe AA dan baterai Li-ion. Mari kita bahas secara singkat kelebihan dan kekurangan masing-masing dari kedua jenis baterai tersebut.

Keuntungan menggunakan baterai tipe AA adalah mudah untuk ditemukan pada warung-warung kecil, sehingga kita tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menggunakan kamera kita kembali. Walaupun saat ini sudah ada baterai AA yang bisa diisi ulang dengan kapasitas yang besar, namun tetap perlu waktu untuk mengisi kembali baterai AA yang telah kita gunakan tersebut.

Kekurangannya adalah bentuk dan ukuran body kamera yang menjadi lebih besar dibandingkan dengan kamera yang menggunakan baterai Li-ion. Kita juga akan lebih sering membeli baterai AA baru apabila kita tidak memiliki baterai AA yang bisa diisi ulang.

Keuntungan menggunakan baterai berjenis Li-ion adalah penghematan anggaran untuk baterai, kecuali Anda ingin membeli baterai Li-ion cadangan. Kamera dengan tipe baterai ini biasanya memiliki ukuran yang lebih tipis dan kecil, sehingga akan lebih mudah dimasukkan ke dalam kantong atau tas kecil.
Kekurangannya adalah ketika baterai habis, maka Anda harus mengisi ulang (kecuali Anda memiliki baterai cadangan). Beberapa jenis kamera tidak menyediakan charger terpisah, sehingga harus menggunakan body kamera untuk mengisi ulang, beberapa menyediakan charger terpisah, sehingga kita bisa menggunakan kamera dengan baterai cadangan saat kita mengisi ulang baterai yang habis tersebut.

 

7. Media penyimpanan

tips memilih kamera

Semakin bertambah hari, kapasitas media penyimpanan semakin besar. sumber foto

Kebanyakan kamera sekarang sudah menggunakan media penyimpanan berupa SD Card dan ada pula yang menggunakan Micro SD serta stickduopro dan sejenisnya.

Perlu diperhatikan juga kapasitas maksimal media penyimpanan yang bisa terbaca oleh kamera tersebut. Ukuran 16 gb rasanya masih cukup untuk menampung foto selama traveling 2-3 dengan kamera pocket.

Sesuaikanlah ukuran media penyimpanan Anda dengan gaya pengambilan gambar Anda. Jangan sampai menemui keadaan di mana tidak mampu memotret karena kehabisan ruang dalam media penyimpanan Anda.

 

8. Konektivitas

tips memilih kamera

Konektivitas wireless menawarkan beragam kemudahan komunikasi antar perangkat. sumber foto

Kamera pocket sekarang sudah dilengkapi dengan konektivitas nirkabel seperti WiFi dan NFC, sehingga mempermudah mulai dari mengatur pemotretan hingga mentransfer foto antar perangkat.

Penggunaan konektivitas nirkabel ini tentu saja sangat cocok bagi Anda yang suka mengunggah foto perjalanan Anda secara up to date, semisal Anda merasa harus  segera mengunggah foto tersebut dengan beragam filter di Instagram yang bisa menggambarkan jiwa traveler anda. Konektivitas nirkabel ini juga mempermudah dalam melakukan backup data tanpa kendala harus tersedianya kabel data ataupun cardreader.

Bagi Anda yang terbiasa untuk mengolahnya di komputer maupun perangkat lain ketika sudah sampai di rumah atau kamar hotel, sepertinya fitur koneksi nirkabel antar perangkat tidak begitu diperlukan,

 

9. Daya tahan

tips memilih kamera

jika anda gemar dengan medan ektrim, maka carilah kamera pocket yang mendukung. sumber foto

Daya tahan yang dimaksudkan adalah jenis bahan yang digunakan serta fitur di dalam body kamera tersebut. Ada beberapa bahan yang sering digunakan seperti aluminium maupun magnesium alloy, dan beberapa bahan campuran lainnya. Bahan-bahan tersebut membuat body terasa kokoh ketika digenggam dan bisa menjadi perlidungan ketika terjadi gesekan hingga benturan.

Ada beberapa jenis kamera dengan kemampuan menyerap benturan keras, seperti ketika terjatuh dari meja atau terlepas hingga kita harus mengambilnya di bawah tangga. Sesuaikanlah pemilihan daya tahan kamera dengan aktivitas travelling Anda.

 

10. Fitur Tambahan

tips memilih kamera

Layar yang bisa diputar seperti ini mempermudah untuk memotret diri sendiri. sumber foto

Banyak fitur-fitur tambahan yang ditawarkan oleh pihak produsen kamera, seperti :

  • In camera editing: kita dapat melakukan editing dari kamera langsung tanpa merusak file foto aslinya.
  • Scene : Fitur ini memudahkan kita mendapatkan gambar dengan bantuan pengaturan dari kamera, seperti mode malam, kembang api, panorama, deteksi wajah dan senyum, serta banyak lainnya.
  • Waterproof : Ada beberapa kamera pocket dengan fitur anti air yang bisa digunakan menyelam, sehingga akan cocok bagi Anda yang sudah bermain di bawah permukaan air.
  • Touchscreen : Memudahkan dalam pemlihan area fokus dan menu yang muncul pada layar.
  • Filp-out screen : Dengan layar yang bisa dilipat, lebih membuat anda leluasa dalam mengambil gambar dari posisi rendah atau lebih tinggi dari posisi kepala Anda.
  • Video : Memungkinkan Anda merekam gambar bergerak. Rata-rata sudah memiliki kemampuan merekan dalam ukuran HD (720p) dan Full HD (1080p)
  • Dan masih banyak fitur-fitur tambahan lainnya yang mungkin akan sesuai dengan kebutuhan traveling Anda.

 

11. Harga

Masalah harga sengaja diletakkan di bagian akhir, karena tiap orang memiliki peruntukan dana yang berbeda pada masing-masing kebutuhan akan kamera pocket yang menemani kegiatan traveling. Sesuaikan antara harga dan spesifikasi kamera yang Anda dapatkan.

***

Pilihlah kamera pocket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan karena keinginan Anda. Selamat memilih kamera.

Baca juga:

banner experience