11 Kuliner Khas Padang yang Rasanya Nendang

Rasanya unik karena menggunakan bumbu kental berwarna kuning mirip kari. Foto oleh

Restoran Padang adalah salah satu restoran yang bisa kita temui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Warung makan jenis ini sangat digemari karena menyajikan berbagai menu yang tidak hanya khas, namun juga memiliki rasa yang luar biasa lezatnya. Masakan didominasi dengan rasa pedas dan santan yang gurih menjadi favorit berbagai kalangan di Indonesia.

Bahkan karena kelezatan kulinernya kini Padang tengah fokus mempromosikan Sumatera Barat dengan nama ‘Taste of Padang’.

Nah, agar liburan di Padang makin sempurna, cobalah 11 kuliner Padang berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi hotel di Padang dengan fasilitas kolam renang

1. Rendang, kuliner yang dinobatkan kuliner terenak di dunia versi CNN

kuliner padang

Lihat dagingnya, warnanya cokelat karena bumbu yang meresap dan matang sempurna. Sumber foto

Percaya atau tidak, Padang merupakan kota yang melahirkan kuliner terenak di dunia. Rendang menempati urutan pertama sebagai kuliner terenak di dunia versi CNN Travel yang votingnya diikuti oleh 35 ribu orang di dunia.

Rasa gurih daging yang bercampur dengan bumbu dan santan konon menjadi alasan mengapa rendang begitu diminati oleh semua orang dari seluruh dunia. 

Proses memasaknya pun menjadi poin plus mengapa wisatawan harus mencoba kuliner ini. Daging, bumbu, dan santan harus diungkep lama sambil diaduk hingga santan habis. Proses ini bisa sampai lebih dari dua jam sehingga bumbu meresap ke dalam daging.

Yang menjadi kunci kelezatan kuliner ini adalah bumbu khas Minang yang tak semua orang bisa membuatnya.

2. Sate Padang dengan sambal unik dan berbeda dari sate biasa

kuliner padang

Rasanya unik karena menggunakan bumbu kental berwarna kuning mirip kari. Foto oleh ms_stevy

Sate identik dengan bumbu kecap atau bumbu kacang yang biasanya diguyur di atas hidangan sate. Berbeda dari sate kebanyakan, Padang ternyata memiliki bumbu sate yang berbeda jauh dari sate kebanyakan karena sambalnya lebih mirip kuah kare berwarna kuning kental.

Kuah ini terbuat dari kaldu jeroan pedas yang dibumbui dengan jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih, lengkuas, jinten, bubuk kari, garam, dan tepung beras. Daging yang digunakan biasanya daging sapi tapi karena keinginan konsumen kini Sate Padang juga menggunakan daging ayam dan kambing, tapi sambalnya tetap kuah berwarna kuning kental.

Citarasa yang muncul lebih cenderung gurih asin. Biasanya disajikan dengan lontong dan taburan bawang goreng di atasnya.

3. Dendeng Batokok

kuliner padang

Dendeng ini biasanya disajikan dengan sambal berwarna hijau. Foto oleh dendengmakmar

Tak kalah lezat dari kuliner sebelumnya, Dendeng Batokok juga wajib menjadi pilihan kuliner saat berada di Padang karena kuliner ini rasanya sangat lezat apalagi jika dicocol dengan sambal.

Uniknya, kuliner ini terbuat dari daging yang diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengna batu cobek supaya dagingnya lembut, setelah itu dibumbui dengan sambal hijau. Kadang ada orang yang salah kaprah dengan kuliner ini karena mirip dengan dendeng balado.

Rasa kuliner ini sangat lezat dan cocok jadi menu makan siang selama di Padang.

4. Keripik sanjai

kuliner padang

Wajib jadikan oleh-oleh. Foto oleh annisaphoto

Kuliner ini lebih dikenal dengan sebutan Karupuak Sanjai. Terbuat dari singkong lalu diiris tipis memanjang dan digoreng dengan bumbu khas.

Biasanya disajikan dalam tiga rasa yaitu rasa tawar yang berwarna putih, rasa asin yang berwarna kuning dan rasa pedas yang lebih sering dicari oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Keripik Sanjai pedas biasa disebut dengan keripik sanjai balado.

5. Teh Talua

kuliner padang

Minuman ini patut dicoba saat berada di Padang. Foto oleh lapaurangminang

Setelah menikmati berbagai jenis kuliner Padang dan camilannya alangkah syahdunya jika mencicipi minuman khas nya juga, namanya Teh Talua.

Teh ini terbuat dari campuran teh, gula dan telur yang diberi sedikit jeruk nipis. Telur yang digunakan untuk membuat teh ini biasanya telur kampung. Cara membuatnya cukup mudah, kita hanya tinggal mengocok telur bebek atau telur dicampur dengan sedikit susu dan gula hingga berbusa. Setelah itu seduh air teh panas dan beri perasan jeruk nipis agar bau amis dari telur menghilang.

Jika didiamkan sejenak, minuman ini akan memperlihatkan degradasi warna yang unik sehingga mirip minuman mahal di cafe-cafe. Pada lapisan atas terdapat busa, tengahnya berwarna putih dan dasarnya berwarna kecokelatan.

7. Gulai Itiak

kuliner padang

Bumbunya tidak pelit dan melimpah. Sumber foto

Pada dasarnya, gulai itiak adalah daging itik atau bebek yang diiris tipis lalu dimasak menggunakan bumbu dan rempah yang banyak seperti cabai keriting hijau, lengkuas, kunyit, dan jahe. Masakan ini pedas dan gurih. Tapi kadang gulai ini disajikan dengan potongan yang besar.

Di rumah makan padang banyak sekali yang menjual menu ini sehingga mudah sekali menemukannya.

8. Gulai Paku

kuliner padang

Kuliner ini enak banget! Foto oleh filinzhang

Gulai Paku lebih dikenal dengan nama gulai pakis, seperti namanya pakis disajikan layaknya gulai dengan saus kelapa yang dibumbuo dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Gulai Paku adalah salah satu kuliner vegetarian khas Padang yang layak untuk dicoba.

9. Soto Padang

kuliner padang

Wajib dicoba. Foto oleh __ivank__

Soto adalah kuliner khas Indonesia yang ada di seluruh Indonesia. Di Padang pun ada kuliner soto. Meskipun hampir mirip dengan soto kebanyakan tapi ada satu hal yang memberdakan soto Padang dengan soto biasanya.

Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi yang diiris lalu digoreng kering lalu dicampur dengan bihun dan tambahan perkedel kentang lalu disiram dengan kaldu sapi.

10. Dendeng Balado

kuliner padang

Biasanya dibumbui dengan bumbu balado. Foto oleh dendeng_tanamo

Dendeng Balado mirip dengan dendeng batokok tapi dendeng balado menggunakan bumbu balado. Cara membuatnya daging diiris tipis dan lebar lalu dikeringkan dan digoreng baru diberi sambal balado.

11. Gulai Banak

kuliner padang

Enak dan gurih sekali. Foto oleh padangkitchen

Gulai Banak adalah istilah dalam bahasa Minang, dalam bahasa Indonesia namanya gulai otak.

Gulai ini biasanya memakai otak sapi yang telah dipotong sebagian lalu dibumbui dengan bumbu gulai berwarna kuning. Kuliner ini banyak ditemui di rumah makan padang sehingga sangat mudah untuk mencarinya di Padang.

Dapatkan ulasan menarik tentang Padang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran