Sidebar

Kelok 9 Payakumbuh, Konstruksi Jalan Super Megah di Sumatera Barat

Kelok 9 Payakumbuh, Konstruksi Jalan Super Megah di Sumatera Barat

Kelok 9 di Payakubuh termasuk konstruksi jalan yang sangat megah dan berbahaya karena memiliki tikungan tajam dan lebar 5 meter, berbatasan dengan jurang.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Kelok 9 atau Kelok Sembilan adalah sebuah rangkaian konstruksi yang terdiri dari ruas jalan dan jembatan sejauh 300 meter di Payakumbuh, Sumatera Barat. Kelok 9 termasuk konstruksi jalan yang sangat megah sekaligus berbahaya karena memiliki tikungan tajam dan lebar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan diantara dua cagar alam: Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Sekitar Kelok 9 terdapat jembatan layang yang membentang meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal dengan ditopang tiang-tiang beton. Jika dihitung, Kelok 9 enam kali mengelilingi bukit-bukit disekitarnya secara bolak-balik. Mulai dibangun sejak masa Pemerintahan Hindia Belanda, Kelok 9 benar-benar difungsikan menjadi jalan utama setelah diresmikan oleh Presiden SBY pada 2013 lalu.

(Instagram/gnfi)

Kelok 9 menghubungkan dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau yang membelah wilayah Bukit Barisan. Ruas jalan ini memiliki peran vital sebagai pusat perekonomian masyarakat sekitar. Seiring dengan meningkatnya mobilitas di Kelok 9, semakin banyak restoran dan rest area yang memungkinkan pengendara untuk rehat sejenak sembari menikmati keindahan alam Bukit Barisan.

Setiap tahun, Kelok 9 rutin menjadi venue balap sepeda internasional, Tour de Singkarak. Tak hanya itu, Kelok 9 memiliki panorama alam yang sangat instagramable. Terdapat banyak spot foto indah yang dapat dipilih menjadi latar belakang berfoto, seperti dianyaranya sungai yang asri, kemegahan konstruksi jembatan, dan bukit-bukit hijau dengan awan putih yang sejuk.

SHARE :


Rekomendasi

FALLBACK
The END